silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama : Irma Rahmayanti
    Nim : 858446469
    dari video tersebut dapat kita lihat bahwa kejadian anak mengobrol atau bercerita sendiri di kelasa pada saat guru sedang memberikan materi pembelajaran merupakan hal yang sering terjadi. cara dan solusi yang di berikan di dalam video adalah cara yang cukup efektif dilakukan ketika sedang dalam situasi tersebut. karena hal ini pun sering saya alami ketika di dalam kelas. cara yang paling efektif adalah memberikan peraturan atau kesepakatan bersama saat sebelum kegiatan apa saja yang boleh di lakukan anak dan apa saja yang tidak boleh dilakukan, lalu anak anak sendiri yang menentukan tanggung jawab apa yang harus dilaksanakan ketika melanggar peraturan. setellah sepakat. maka kegiatan belajar bisa dimulai, dan anak akan cenderung lebih tenang, karena peraturan dan konsekuensi nya anak anak yang putuskan sendiri.

  2. Dalam video yang berjudul anak ngobrol di kelas saat pbm, menjelaskan ada beberapa metode yang digunakan untuk mengatasi anak ngobrol sendiri saat PBM. Dan startegi ini sangat mudah diterapkan oleh setiap guru di sekolah. Pengalaman saya dalam mengatasi anak yang sedang ngobrol saat PBM adalah dengan berhenti sejenak kemudian mengajak anak untuk melakukan ice breaking, selain itu saya juga menanyakan pembicaraan apa yang menjadi sangat serius sehingga tidak memperhatikan penjelasan guru. Saya juga menggunakan alat peraga interaktif dan menarik sehingga dapat membangkitkan motivasi dan rasa penasaran anak sehingga mereka hanya berpusat pada guru.

  3. Nama: Puji Indrawati
    Nim : 857777808
    Prodi: S1 PAUD

    Dari video tersebut kita sebagai guru menjadi lebih tahu tentang bagaimana mengatasi atau memahami tahapan-tahapan agar anak tidak mengobrol disaat pembelajaran sedang berlangsung. Kita juga bisa memberikan pengertian kepada anak yang lain bahwa pada saat kegiatan belajar tidak mengobrol sendiri.

  4. Nama : Muhalimah
    NIM : 857990159
    Judul Video : Anak Ngobrol di Kelas saat PBM (Pembelajaran)

    Menurut saya, memfokuskan seluruh siswa dalam satu kelas itu adalah PR terbesar guru TK , hal itu sangat sulit untuk dikondisikan. Ketika guru sedang menjelaskan pembelajaran di kelas pasti tetap ada 1 atau 2 anak yang tidak konsentrasi dan tidak mendengarkan gurunya. Saya setuju dengan penjelasan dan saran dalam video tersebut , bahwa salah cara yang disebutkan adalah kita memisahkan anak yang suka ngobrol duduk lebih dekat dengan guru, supaya saat anak itu tidak fokus lagi guru bisa dengan mudah menasehati anak tersebut supaya bisa fokus kembali. Selain itu juga disebutkan guru diusahakan bisa mengubah strategi pembelajaran di dalam kelas dengan lebih variatif lagi, hal itu dapat menghilangkan rasa jenuh atau bosan pada anak , karena seorang anak usia dini moodnya masih sukannerubah-ubah dan mudah bosan dengan suatu hal atau suatu kegiatan. Dalam hal ini, juga dapat meningkatkan kreatifitas seorang guru untuk dapat mengeluarkan ide-ide cara mengajar dengan baik, aman, nyaman, menyenangkan, serta tidak membosankan.

  5. NAMA : PUTRI MAHARANI
    NIM : 859677291
    Video ini dikemas dengan menarik, hal ini sering terjadi dalam proses PBM Ini masih menjadi Pr kita sebagai seorang guru.bagaimana caranya agar anak berfokus pada kita saat menjelaskan. solusi yang di berikan video ini sangat bermanfaat bagi seorang guru terutama pada Pendidikan Anak Usia Dini, yang dimana Sosial emosional nya masih belum bisa terkontrol.

  6. Nama : Marlina
    Nim : 858452409

    Saya mendapatkan ilmu baru yaitu bagaimana cara menangani anak yang suka mengobrol ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, terimakasih banyak tips. tips yang diberikan sangat bermanfaat. Kendala seperti di atas akan sering dijumpai saat kegiatan pembelajaran.

  7. Judul Video : Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
    Komentar : Pada Video pembelajaran di atas membahas tentang permasalahan yang sering kali kita temui dalam proses pembelajaran yakni anak asik mengobrol. Permasalahan ini tentunya akan menimbulkan dampak negatif baik pada anak tersebut, maupun mengganggu fokus teman-temannya serta keberlangsungan kegiatan belajar mengajar.Ada beberapa upaya yang dapat kita lakukan :
    • Memperingati anak secara baik-baik agar tidak berbicara sendiri dan memperhatikan.
    • Melibatkan anak yang suka mengobrol dalam kegiatan bercerita.
    • Memberikan hadiah kepada anak ketika anak dapat memperbaiki perilakunya.

  8. Seringkali saat kita sedang menerangkan/bercerita ada anak yang mengobrol dan malah mengganggu anak2 lain yang ingin fokus. Dari video tersebut yang saya dapat ambil yaitu cara mengatasi anak yang ngobrol dikelas dengan menggunakan pendekatan, misalnya saat bercerita kita menggunakan bahasa yang baik dan suara yang beragam(agar menarik anak), menggunakan media berupa alat peraga, memisahkan antara anak yang suka ngobrol dengan yang fokus.

  9. Seringkali saat kita sedang menerangkan/bercerita ada anak yang mengobrol dan malah mengganggu anak2 lain yang ingin fokus. Dari video tersebut yang saya dapat ambil yaitu cara mengatasi anak yang ngobrol dikelas dengan menggunakan pendekatan, misalnya saat bercerita kita menggunakan bahasa yang baik dan suara yang beragam(agar menarik anak), menggunakan media berupa alat peraga, memisahkan antara anak yang suka ngobrol dengan yang fokus. Dengan begitu diharapkan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.

  10. Nama : Jumiati
    Nim : 856104438
    Pendapat saya mengenai video pertama yang berjudulkan “Anak Ngobrol Di Kelas Saat Pembelajaran” adalah dalam usia PAUD, anak baru belajar bersosialisasi dengan lingkungan kelasnya seperti bercanda dengan teman sebayanya dan bercerita. Hal ini ialah reaksi alami anak yang baru memasuki dunia sekolah. Sayangnya kebiasaan mengobrol anak sering terbawa saat kegiatan belajar di kelas, sehingga anak tidak fokus dengan apa yang disampaikan oleh gurunya. Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan jika ada anak yang mengobrol di kelas saat pembelajaran yang pertama guru bisa mengubah strategi pembelajaran di kelas menjadi menyenangkan, kedua pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang fokus belajar, ketiga posisikan anak yang mengobrol tadi dekat dengan gurunya, keempat libatkan anak dalam kegiatan cerita ataupun proses belajar mengajar yang disampaikan oleh gurunya, kelima tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama, kelima berikan reward atau hadiah kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya di kelas.

Leave a Reply