silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Kristin Mandalle
NIM : 859879454
Setelah saya menyaksikan vidio tentang Anak mengobrol di Kelas Saat PBM maka kesimpulan saya adalah sebagai guru saya juga sering mengalami hal yang sama, dimana pada saat saya sedang menjelaskan kegiatan bermain yang akan dilakukan di kelas ada saja anak yang asyik mengobrol dengan temannya. Dan ada juga yang melamun. Tetapi setelah menyaksikan vidio tersebut, saya dapat mengetahui cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi hal tersebut seperti:
1. Menerapkan pembelajaran sejenak
2. Memisahkan anak yang sedang mengobrol dengan anak yang sedang belajar
3. Memposisikan anak yang sedang belajar duduk dekat guru
4. Melibatkan anak dalam kegiatan bercerita
5. Memberikan pemahaman pada anak agar tidak mengulang perbuatan yang sama
6. Memberikan reward pada anak, jika anak dapat memperbaiki perilakunya
Terimakasih
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Mella sari
Nim : 855888588
Alhamdulillah dengan adanya vidio tersebut saya dapat mengatasi masalah anak yang mengobrol saat proses belajar mengajar ( PBM )
Ketika anak ngobrol di kelas saat proses belajar mengajar (PBM), hal ini dapat mengganggu konsentrasi dan pembelajaran teman-temannya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi anak yang ngobrol di kelas saat PBM:
1. Komunikasi Positif: Berbicaralah secara positif dengan anak dan jelaskan pentingnya menjaga keheningan selama proses belajar. Ajak anak untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
2. Aturan Kelas: Tetapkan aturan yang jelas tentang perilaku yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan selama PBM. Pastikan semua siswa, termasuk anak yang ngobrol, memahami aturan tersebut.
3. Konsekuensi Jelas: Berikan konsekuensi yang jelas jika anak terus mengganggu dengan ngobrol di kelas. Misalnya, berikan peringatan pertama, kedua, dan jika masih tidak membaik, berikan konsekuensi sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.
4. Kolaborasi dengan Orang Tua: Melibatkan orang tua dalam proses penyelesaian masalah anak yang ngobrol di kelas dapat membantu mencari solusi bersama dan memberikan dukungan dari lingkungan sekitar.
5. Pemisahan Tempat: Jika anak terus mengganggu dengan ngobrol, pertimbangkan untuk menempatkannya di tempat yang berbeda di kelas agar tidak mengganggu konsentrasi siswa lain.
6. Pujian dan Pengakuan: Berikan pujian dan pengakuan ketika anak mampu menjaga keheningan dan berpartisipasi dengan baik selama PBM. Hal ini akan memberikan motivasi positif kepada anak.
7. Berbicara secara Pribadi: Jika masalah ngobrol terus berlanjut, ajak anak berbicara secara pribadi setelah kelas selesai untuk memahami alasan di balik perilakunya dan mencari solusi bersama.
Dengan pendekatan yang bijaksana, konsisten dalam menerapkan aturan, dan kerjasama antara guru, orang tua, dan anak, masalah ngobrol di kelas saat PBM dapat diatasi secara efektif untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi semua siswa.
Nama : Yuni setyaningrum
NIM : 859685654
secara keseluruhan materi dalam isi video sudah bagus dan strategi-strategi yang diberikan dapat membantu menenangkan suasana kelas.
namun setiap guru memiliki karakteristik dan cara tersendiri untuk diterapkan dalam kelas yang mungkin dapat dilakukan juga untuk menangangi kondisi kelas seperti diatas.
tetap semangat para guru indonesia.
Terima kasih
NAMA : NADILLA NUR SABRINA
UPBJJ UT PALEMBANG
Setelah saya menyaksikan vidio tentang Anak mengobrol di Kelas Saat PBM saya dapat mengatasi masalah anak yang mengobrol saat proses belajar mengajar ( PBM) karena saya juga sering mengalami hal yang sama, dimana pada saat saya sedang menjelaskan materi kepada anak didik saya , yang dilakukan anak di kelas ada saja anak yang asyik mengobrol dengan temannya,sibuk sendiri Dan ada juga yang melamun. Tetapi setelah menyaksikan vidio tersebut, saya dapat mengetahui cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi hal tersebut seperti:
1. Menerapkan pembelajaran sejenak
2. Memisahkan anak yang sedang mengobrol dengan anak yang sedang belajar
3. Memposisikan anak yang sedang belajar duduk dekat guru
4. Melibatkan anak dalam kegiatan bercerita
5. Memberikan pemahaman pada anak agar tidak mengulang perbuatan yang sama
6. Memberikan reward pada anak, jika anak dapat memperbaiki perilakunya
Video yang telah saya lihat Alhamdulillah sangat bermanfaat. Didalam video tersebut dijalaskan strategi menghadapi anak anak yang suka mengobrol di kelas pada saat kegiatan KBM. Strategi pengajaran sangatlah diperlukan untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan.
Dalam video tersebut saya juga selalu melakukan hal yang sama ketika ada anak yang mengobrol bisa dialihkan dengan tepukan yang unik membuat anak menjadi fokus lagi
Nama : Meylina Aminatul Awallia
NIM : 858875368
Dari video “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM”, sebagai guru TK, terdapat beberapa hal yang dapat dipelajari dan manfaat yang bisa diambil. Pertama, video ini mengilustrasikan masalah yang sering terjadi di kelas, yaitu anak-anak yang berbicara saat guru sedang mengajar. Dari situ, kita dapat belajar bahwa penting untuk mengubah strategi pembelajaran ketika situasi di kelas tidak kondusif. Misalnya, dengan menghentikan sejenak pembelajaran untuk menenangkan suasana. Kedua, guru dapat mempelajari pentingnya memisahkan anak yang sedang mengobrol dari anak yang sedang belajar, serta memposisikan anak yang berbicara di depan guru untuk lebih mudah mengendalikan situasi. Ketiga, melibatkan anak dalam proses pembelajaran, seperti dengan cara membiarkan mereka bercerita di depan kelas, bisa membantu mereka merasa lebih terlibat dan dihargai. Keempat, guru harus menekankan kepada anak agar tidak mengulangi perilaku yang sama yang mengganggu pembelajaran. Dan terakhir, memberikan reward kepada anak-anak yang memperbaiki perilaku mereka adalah cara yang efektif untuk memberikan penguatan positif.
Dalam vidio tersebut sangat bermanfaat bagi saya, karena memberikan referensi dalam mengatasi anak yang mengobrol dikelas saat PBM. Dalam hal ini tentunya membutuhkan kelas yang kondusif dan guru harus mampu menguasai kelas agar tujuan pembelajaran tercapai.
Nama : Tinsi Silawati
NIM : 856813428
UPBJJ : Bengkulu
Setelah saya menonton video tersebut menurut saya, pengembangan strategi guru dalam proses belajar mengajar PBM sangatlah penting, penerapan strategi yang tepat dapat mengurangi anak yang mengobrol di kelas dan membuat anak manjadi lebih fokus dalam menerima pembelajaran, anak yang mengonrol biasanya mereka merasa bosan dengan materi yang lama, sebaiknya materi di jeda sebentar dengan permainan tepuk yang menarik perhatian anak.
Nama :Nur Intan
Nim :859428456
Prodi: PGPAUD
UPBJJ: MAKASSAR
Setelah saya melihat video tersebut saya mengetahui apa
Upaya yang dapat dilakukan guru dalam menghadapi
Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.