silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama: Chici Setya Maula Ningrum
    Nim : 858874341

    Menurut saya yang dilakukan guru di dalam video masih belum cukup digunakan, ada baiknya sebelum memulai pembelajaran dijelaskan tentang aturan pembelajaran, bahwa anak anak yang bisa mendengarkan guru ketika pembelajaran berlangsung akan di berikan reward, ada baiknya rewardnya diperlihatkan dulu pada anak misal nya stiker jempol atau bintang, sehingga anak akan tertarik dan bisa mengerti sebelum kegiatan berlangsung, kemudian sumber dan media belajar di video kurang menarik menurut saya, ada baiknya jika bercerita tentang hewan bisa dengan menggunakan boneka jari atau gambar hewan untuk menarik minat anak.

  2. Cartika Sari 857524885
    Dalam video ini kita melihat bahwa ketika guru sedang membacakan cerita namun anak anak tidak fokus dan asyik mengobrol, kita sebagai guru tentu saja harus bisa mengatasi permasalah seperti ini dengan mengubah strategi pembelajaran guru di dalam kelas.
    Pertama hentikan kegiatan cerita guru atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana.
    Kedua pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar
    Ketiga posisikan anak yang mengobrol di dekat guru
    Keempat libatkan anak dalam kegiatan cerita atau proses belajar
    Kelima tekankan agar anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama
    Keenam berikan reward untuk anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya
    Atau bisa dilakukan hal yang lain , yang bisa menenangkan anak supaya tidak mengobrol sesuai dengan kemampuan guru.

  3. Nama : Emy Suwarningsih
    NIM : 857988073
    Setelah melihat video tersebut pengetahuan saya bertambah, walaupun cara tersebut sudah saya lakukan di kelas, menenangkan anak terlebih dahulu, membuat kesepakatan bersama dengan pemberian reward. Namun setiap guru akan menggunakan cara masing-masing yang dapat diterapkan di kelas nya
    Semangat teman-teman

  4. Nama : Nurwati
    NIM : 857502106

    Vidio ini berisi tentang seorang guru yang sedang bercerita dan melakukan proses pembelajaran kepada muridnya. Namun ketika proses pembelajaran sedang berlangsung ada anak-anak yang mengobrol dan tidak memperhatikan guru yang sedang bercerita. Dari vidio ini kita sebagai guru bisa belajar bagaimana cara guru mengatasi anak yang mengobrol dikelas saat pembelajaran berlangsung. Cara tersebut adalah :
    1. Hentikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
    2. Pisahkan anak yang suka mengobrol dengan anak yang sedang belajar
    3. Posisikan anak yang mengobrol tadi di dekat guru
    4. Libatkan anak dalam kegiatan bercerita ataupun proses belajar mengajar
    5. Tekankan agar anak tidak mengulangi hal yang sama
    6. Berikan reward pada anak ketika anak mampu memperbaiki prilakunya
    Bagi saya seorang guru vidio ini sangat bermanfaat sekali.

    Saran
    Bila melihat vidio tersebut anak-anak dalam satu kelasnya berjumlah banyak. Menurut saya mungkin pembelajaran akan makin kondusif bila guru dalam vidio tersebut ditambah. Agar mampu menguasai kelas dan proses pembelajaran lebih kondusif

  5. Nama Nursantionela Salomina
    Nim 858574352
    Video ini sangat bermanfaat bagi kami selaku guru.Sebab melalui video pembelajaran ini berisi gambaran permasalahan perkembangan yang sering ditemukan pada anak usia dini.Dimana pada saat proses belajar mengajar berlangsung terdapat anak yang “ngobrol”.
    Guru melakukan upaya : mengadakan variasi permainan, untuk memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; dan memberikan reward pada akhir pembelajaran kepada anak yang bersikap baik,sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi. Pada akhirnya guru mampu menguasai proses pembelajaran dan pembelajaran menjadi kondusif.

  6. Nuryanti
    857529322
    Vidio tersebut sangat bermanfaat,ketika ibu guru sedang bercerita lalu ada yang tidak memperhatikan maka alangkah baiknya guru tersebut menghentikan sejenak dan mengajak anak bercerita atau memisahkan mereka dengan cara yang santun,lalu setelah itu dinasehati kembali agar menyimak dengan baik,guru juga harus menyampaikan dengan cara yang menyenangkan dan bercerita dengan menggunakan media2 yang menyenangkan🙏

  7. Hal ini pasti pernah di alami setiap guru apalagi guru TK , ketika anak mulai bosan dengan apa yang guru berikan kan perhatian anak menjadi buyar, sehingga anak mencari aktifitas yang anak sukai seperti mengobrol atau bermain dengan teman nya .
    Solusi dalam video bisa digunakan untuk mengatasi anak yang mengobrol di kelas saat PBM

  8. Nama : Achita Ferdiana
    NIM : 867988865

    Setelah menyaksikan dan menyimak video seri pembelajaran PAUD (anak ngobrol di kelas saat PBM) saya sebagai pendidik PAUD sangat terbantu dengan solusi-solusi yang dipaparkan yang sangat sering saya alami pada saat kegiatan pembelajran di kelas,sangat membutuhkan solusi dan strategi agar kelas lebih bisa kondusif,setelah saya menyimak video saya mendapatkan beberapa solusi/tis strategi yg dapat saya praktekan diantaranya yaitu :
    1. Menghentikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
    2. Pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar.
    3. Posisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru.
    4. Melibatkan anak dalam kegiatan proses belajar mengajar.
    5. Tekankan agar anak untuk tidak mengulangi lagi hal yang sama.
    6. Berikan reward agar anak memperbaiki perilakunya.

    Terimaksih videonya sangat membantu .

  9. NAMA : SUHARNINGSIH
    NIM : 858449568
    UPBJJ : SAMARINDA

    Assalammuallaikum wr,wb…
    Bismillahirrohmanirrohim.

    dari video seri pembelajaran PAUD II yang berjudul ” Anak ngobrol di kelas saat PBM” dari video tersebut saya bisa belajar menghadapi anak didik saya di sekolah, dengan melihat seri video pembelajaran tersebut, karena memang situasi seperti ini sering saya hadapi di sekolah,yaitu mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi, tentunya sebagai guru, kita harus sabar menghadapi apapun tingkah laku anak didik kita, dan selalu belajar bebagai cara, untuk menghadapi anak- anak didik kita.

  10. nama ;nabela maryama
    nim ;858957555
    upbjj ;jember
    dari vidio di atas saya dapat belajar bagaimana cara mengatasi anak yang sedang berbicara di kelas saat pbm di mulai dan juga bagaimana cara guru bercerita kepada anak didiknya yang baik dan benar sebagai seorang guru tk vdio ini cukup bermanfaat bagi saya terimakasih

Leave a Reply