silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama : INDRAWATI SRI WULANDARI
    NIM : 857166669
    UPBJJ : JAKARTA
    Ada bebrapa permasalahan yang nantinya akan ditemui saat kegiatan proses pembelaajaran berlangsyng salah satunya ketika anak asyik mengobrol sendiri dan tidak mendengarkan penjelasan guru, hal tersebut sangatlah wajar karena pada usia anak PAUD mereka belum mempunyai nilai fokus yang masih kurang akan suatu hal, oleh karena itu sebagai guru harus bisa menciptakan suasana yang tidak membosankan sehingga anak akan kembali fokus dengan penjelasan sang guru. Yang dilakukan oleh guru tersebut dalam menangani permasalahan tersebut sudah cukup baik, guru mengajak anak yang suka mengobrol sendiri untuk maju dan pindah dibarisan paling depan sehingga anak akan terlibat langsung dan fokus akan cerita gurunya.

  2. Permasalahan seperti ini kerap sering sekali ditemukan di anak usia dini selagi pembelajaran berlangsung yakni anak mengobrol saat guru sedang menjelaskan, adapun upaya guru dalam hal ini yakni memisahkan anak yg sedang mengobrol di dekat guru, mengadakan permainan yg bervariasi agar anak tidak bosan atau jenuh, di akhir pembelajaran kasih reward untuk anak yg mau mendengarkan guru di dalam kelas.

  3. permasalahan umum yang dihadapi dalam pembelajaran anak usia dini terkait oral dan disiplin, khususnya terkait kecenderungan anak untuk ngobrol selama proses belajar. Upaya yang disarankan, seperti mengadakan variasi permainan, memisahkan anak-anak yang suka ngobrol, dan memberikan reward, merupakan strategi yang cukup relevan untuk mengatasi masalah tersebut. Vidio ini mungkin dapat memberikan wawasan dan solusi praktis bagi para guru dalam mengelola kelas mereka.

  4. Anak yang ngobrol di kelas saat PBM dapat menjadi masalah yang kompleks dan memerlukan pendekatan yang tepat untuk mengatasi. Dalam beberapa kasus, anak mungkin mengobrol karena mereka belum mengerti arti disiplin belajar atau karena suasana belajar yang membosankan. Oleh karena itu, guru harus mampu menguasai kelas dan menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar. Guru juga dapat menggunakan strategi seperti menegur anak dengan lembut, berinteraksi dengan anak, dan memberikan reward untuk perilaku yang lebih disiplin. Selain itu, guru dapat memilih cerita yang menarik dan menggunakan alat peraga untuk meningkatkan kesadaran anak tentang isi cerita. Dengan demikian, anak dapat lebih fokus dan tidak mengganggu proses.

  5. NAMA : FITRIANI
    NIM : 858317953
    Judul Video : Anak Ngobrol di kelas Saat PBM.
    Video ini sangat relevan dan menggambarkan dengan baik permasalahan yang sering terjadi di kelas PAUD, yaitu anak-anak yang suka mengobrol saat proses belajar mengajar berlangsung. Upaya-upaya yang disampaikan oleh guru dalam video, seperti memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru, melibatkan anak dalam kegiatan cerita dan memberikan reward, merupakan strategi yang baik untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan pendekatan yang tepat, diharapkan anak-anak dapat belajar dengan lebih tenang dan tertib.

  6. Assallamualaikum wr wb.
    Bissmillahirrohmanirrohim.

    Nama :Novalia Risti
    NIM : 859954402
    Prodi : PGPAUD
    Dari hasil pengamatan saya terhadap video tersebut sudah cukup bagus penanganan seorang guru dalam mengatasi anak-anak yang suka ngobrol,akan tetapi disisi lain ada anak-anak yang suka keliling-keliling disaat proses pembelajaran,sepertinya ini memang sudah sewajarnya bagi kita semua guru paud pasti akan menghadapi masalah seperti terdapat dalam video tersebut,oleh karena itu kita harus lebih banyak belajar lagi dalam mengatasi hal-hal kecil seperti itu.

    Terima kasih

  7. nama: saskia putri anissa(857184151)
    mk: PAUD4302/ pembelajaran terpadu

    situasi ini sering kali terjadi dikelas mungkin tata letak duduk anak pun harus tertib dan rapih tidak bergerombol seperti di video, pakai lah properti yang dapat menarik perhatian anak, ajak anak secara aktif dalam kegiatan, permaianan nada suara juga dibutuh kan guru ketika bercerita agar lebih menarik dan tentunya di seimbangkan dengan gestur dan mimik wajah.

  8. NAMA : ALVIO LINDA MADI TIARWIN
    NIM : 858819259
    MK : MTEODE PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL
    Analisis video
    Dalam video tersebut saya merasa terbantu atas adanya video anak yang ngobrol saat kegiatan belajar, memang seyogianya anak usia dini sering sekali ngobrol didalam kelas, dan hal tersebut sangat sering saya alami, namun adanya peristiwa tersebut saya selaku guru PAUD tidaklah terlalu menegur anak yang ngobrol saat kegiatan belajar.

  9. Nama: Esra Nova Renti Siahaan
    Nim :859811898

    kejadian seperti ini memang sering kita jumpai pada saat PBM. Hal ini mungkin terjadi karna kurangnya kita guru dalam memperhatikan kondisi anak didik serta tidak melibatkan anak dalam proses belajar mengajar. Dari vidio diatas sudah dijelaskan bahwa untuk menganagani anak yang ngobrol di kelas saat PBM dengan cara mengubah strategi kita guru dalam mengajar. hal ini bisa menjadi pembelajaran bagi guru paud dalam menangani anak yang bermasalah dalam mengikuti proses belajar

  10. Judul Video : Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM…

    Saat sedang mengajar, ada saja anak-anak yang merasa asik dengan sibuk mengobrol hingga bercanda sehingga berpotensi mengganggu, tidak hanya guru saat melakukan pembelajaran di kelas, tetapi juga teman-teman lain yang sedang memperhatikan kegiatan belajar. menurut saya, setelah melihat video tersebut, adapun cara atau upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah dengan mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi. Hal tersebut memang sangat bagus diterapkan. Jika kita dapat melakukan secara konsisten maka untuk kedepannya, kita dapat menciptakan situasi pembelajaran yang menyenangkan dan kondusif

Leave a Reply