silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama : Kurnia Lila sari
    NIM : 856337627
    Judul : Anak mengobrol di kelas saat PBM
    Ijin menanggapi

    Dengan melihat video diatas, dapat saya contohkan cara mengatasi apabila ada anak yang mengobrol dikelas saya kegiatan belajar berlangsung, yakni dengan cara memisahkan anak tersebut dengan teman mengobrolnya.

    Terima kasih.

  2. Nama : Ni Putu Darmawati
    NIM : 859043307
    UPBJJ : Denpasar

    dari vidio tersebut di atas, perilaku seperti itu memang benar sering terjadi di kelas, yaitu anak asik mengobrol dengan temannya saat guru menjelaskan. memang diperlukan strategi-strategi khusus agar mereka bisa fokus kembali kepada pelajaran tanpa membentak atau dengan cara yang kasar. Vidio di atas memberikan saya solusi untuk mengatasi anak yang ribut saat sedang PBM. Semoga kita Guru PAUD senantiasa dapat membimbing anak usia dini sehingga mereka dapat belajar dengan cara menyenangkan. salam Hebat.

  3. Nama: Endah Haidar Faridah
    NIM: 859655866

    Alhamdulillah setelah saya menyimak video sampai selesai, saya dapat belajar bagaimana cara mengatasi anak yang suka ngobrol saat kegiatan PBM di dalam kelas. Terimakasih videonya sangat bermanfaat bagi kami guru PAUD yang memang ini hampir sering terjadi dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Langkah – langkah 1-5 sering saya lakukan tapi ada beberapa anak yang memang masih mengulangi lagi ngobrolnya, ternyata ada langkah 6 dengan memberikan reward, saya perlu mencoba nya semoga berhasil dan membuat anak tidak mengulangi lagi.

  4. Nama : Hidayah Wijayanti
    NIM : 858876076
    UPBJJ : Malang

    ijin menanggapi video “Anak Mengobrol di Kelas saat PBM”, dari video tersebut saya sebagai tenaga pendidik baru sangat merasa terbantu dengan mengetahui cara atau solusi agar anak kembali fokus pada saat pembelajaran berlangsung dengan cara merubah strategi pembelajaran, memisahkan anak yang suka mengobrol, dan melalukan pendekatan pada anak yang suka mengobrol dengan cara melibatkan anak dalam pembelajaran serta memberikan reward kepada anak karena telah disiplin dan berhasil fokus pada saat pembelajaran , hal ini dapat membuat anak tertarik dan selalu fokus mengikuti kegiatan belajar.

  5. Nama : anik tris wahyuni
    nim : 857757164

    dari video diatas, kita bisa melihat bahwa anak-anak mempunyai karakter masing” . sehingga sangatlah penting agar ibu guru mampu untuk menguasai anak-anak agar bisa mendengarkan guru saat pembelajaran.
    masukan dari saya : sabaiknya mencari tahu apa yang menjadi masalah ,anak-anak bisa ngobrol sendiri? apakah merasa bosan atau tidak senang dengan apa yang diceritakan oleh guru.
    dari video tersebut kita jadi tau apa yang harus kita lakukan saat anak tidak memperhatikan pada waktu pembelajaran berlangsung.

  6. Nama : Tsalitsa
    NIM : 858970404
    UPBJJ : Jember

    Video di atas memberikan gambaran realistis tentang permasalahan disiplin yang sering terjadi di kelas, yaitu mengenai anak yang ngobrol saat pembelajaran berlangsung. Solusi yang disarankan seperti mengadakan variasi permainan, memisahkan anak yang ngobrol, dan memberikan reward cukup baik untuk mengatasi masalah tersebut agar dapat mengembalikan fokus mereka ke pembelajaran di lain waktu.

  7. Nama : Fitria rahmawati
    NIM : 858876109
    Pokjar batu
    Anak ngobrol dikelas saat PBM
    – menurut saya setelah melihat video tersebut saya jadi mengerti dan paham cara mengkondisikan anak yang tidak mau fokus belajar dengan cara memisahkan anak tsb yang menganggu temannya ketika belajar
    – menekankan disiplin pada anak agar selalu fokus dlm pembelajaran
    – memberikan reward ketika anak berhasil fokus dan mengerjakan tugas dengan baik

  8. Hi, Nama Saya Julianti Purba
    Saya ingin mengucapkan terimakasih atas video ini karena menurut saya video ini mengingatkan kita para guru anak usia dini bahwa pengalaman memiliki murid yang mengobrol pada saat proses belajar mengajar berlangsung sudah menjadi tantangan yang kita hadapi setiap harinya. Video ini membantu mengingatkan kita bahwa ada cara-cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk membuat anak focus dan berhenti mengobrol dengan temannya ketika guru sedang menerangkan pelajaran atau sedang bercerita. Sekali lagi thank you Videonya 🙂

  9. Nama: Di Ajeng Tri Wahyuni
    NIM: 856856251
    Diskusi 5: profesionalitas Guru PAUD
    judul vidio: Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
    izin memberikan tanggapan : menurut saya vidio tersebut dapat membantu guru PAUD untuk menangani anak yang sering mengobrol saat jam pembelajaran. vidio tersebut menunjukan bagaimana situasi kelas yang tidak kondusif diakibatkan ada anak yang mengobrol dikelas yang tentu saja dapat menggangu pembelajaran dan konsentrasi anak-anak lain. bisa kita lihat guru pada vidio tersebut mampu menangani anak tersebut dengan tenang dan tanpa adanya emosi. juga melibatkan anak yang mengobrol tentu dapat membuat anak tersebut lebih fokus dalam mendengarkan guru bercerita dan tidak melakukan hal yang sama lagi.
    saran: untuk saran yang akan berikan adalah, jika dilihat tidak hanya 2 anak tersebut yang mengobrol tetapi ada beberapa yang masih mengobrol saat guru tersebut sudah mengamankan 2 anak tadi, ada juga yang menunjukan kebosanan saat guru bercerita karena terlalu datar tanpa alat peraga, untuk itu jika ingin kodisi kelas agar kondusif cobalah untuk memakai alat peraga agar anak tidak bosan dan hal itu dapat mengurangi anak yang sedang mengobrol di kelas.

  10. Nama : Ridha Tsania
    NIM : 857506941

    Menghadapi anak TK yang ngobrol di kelas saat proses belajar mengajar (PBM) adalah hal yang umum terjadi, karena anak-anak pada usia ini masih belajar memahami aturan dan perilaku yang sesuai di lingkungan sekolah. Pada usia TK, anak-anak sedang dalam tahap perkembangan kemampuan berbicara dan berinteraksi dengan orang lain. Ngobrol bisa menjadi tanda bahwa anak sedang mengeksplorasi keterampilan ini. Anak-anak usia TK cenderung memiliki banyak energi dan keinginan untuk berbicara dengan teman-temannya. Mereka mungkin sulit untuk tetap diam dalam waktu yang lama.

Leave a Reply