silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Menurut saya. Pertama ,sebelum pembelajaran posisikan duduk anak agar melingkar sehingga pandangan tertuju pada guru yg sedang bercerita. Kedua beri anak pertanyaan pemantik tentang judul cerita agar anak bisa lebih fokus. Ketiga bila anak ngobrol dengan teman nya dekati anak dan beri cerita bergambar agar anak TDK bosan

  2. Banyak hal yang serupa seperti pada video tersebut. Kami Guru selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak termasuk strategi pembelajaran. Terimakasih dari video tersebut dapat menjadi kan motivasi kita dalam menghadapi anak yang Mengobrol di kelas saat PBM.
    Menurut saya, memberikan nasehat atau pesan-pesan singkat kepada anak yang ngobrol di kelas juga perlu dilakukan di depan teman-teman nya. Ini sebagai bentuk untuk pembelajaran perilaku baik dan buruk. Terimakasih

  3. Nama :Irma sulistiya ningsih
    NIM : 858161537
    Dalam video tersebut guru memperlihatkan bagaimana cara mengatasi anak yang ngobrol saat pembelajaran berlangsung.Hal itu dilakukan dengan cara mengentikan cerita terlebih dahulu atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas,memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar,memposisikan anak yang sedang mengobrol tadi di dekat guru,melinbatkan anak dalam kegiatan cerita atau dalam proses belajar mengajar yang disampaikan guru,dan tekankan pada anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama,serta memberikan reward pada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya.
    Dengan melihat video tersebut,guru dapat mengetahui bagaimana cara mengatasi anak yang ngobrol saat proses pembelajaran berlangsung.
    Namun akan lebih baiknya jika posisi duduk anak disusun melingkar agar anak bisa lebih nyaman dalam proses pembelajaran.

    Terima Kasih.

  4. terimakasih telah memberikan tips-tips terkait, tetapi alangkah baiknya jika suara lagunya dan suara lainya dapat lebih dikecilkan, sehingga tips yang diberikan dapat lebih terdengar jelas.

  5. Nama : Saur Pita Uli
    NIM : 857366541

    Ijin menanggapi video di atas
    Kalau menurut saya anak bisa mengobrol di kelas terjadi karena buat si anak tersebut mungkin metode pembelajaran yang diberikan guru tidaklah menyenangkan baginya. Itulah sebabnya kita sebagai guru harus bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan secara menyeluruh, tidak hanya untuk beberapa anak. Akan tetapi memang ada saja tipe anak yang suka bicara saat belajar semenyenangkan apapun pembelajaran yang diberikan guru
    Sekian tanggapan dari saya. Terima kasih

  6. nama: laily listia khasanah
    nim: 859670883

    terimakasih atas tips-tips yang diberikan sangat membantu untuk para guru, sedikit saran dari saya mungkin dapat membantu, saat bercerita guru bisa mengajak murid nya untuk duduk membentuk lingkaran supaya lebih fokus dan kasih reward untuk anak yang bisa menjawab pertanyaan bu guru mungkin anak bisa tertantang dan lebih mendengarkan.

  7. Nama : Windarti
    Nim : 857783335

    menurut saya vidio di GPO ini akan sangat membantu guru-guru di sekolah,selain simpel juga mudah di mengerti,Terimakasih GPO

  8. menurut saya dalam vidio tersebut sudah bagus dan benar dalam menghadapi anak yang ngobrol saat KBM mungkin perlu ditambahkan ketika anak mulai ngobrol dengan temanya dan kelas mulai tidak kondusif bisa ditambah kan dengan icebreeking atau kesepakatan dalam kelas ketika pembelajaran belum dimulai

  9. Nama : nurul mubarokah
    Nim: 858757522
    Dalam vidio diatas sering kita jumpai pada saat kita dalam kegiatan pembelajaran di kelas maupun di luar kela.dalam vidio tersebut sudah di jelaskan bagai mana cara menghadapi anak yang ngobrol pada saat PBM, selain beberapa tips yang disampaikan di dalam vidio mungkin perlu ditambahi bahwa pada saat pembelajaran ada anak yang mengobrol dengan temanya dapat kita atasi dengan ice breaking, atau kesepakatan kelas sebelum pembelajaran dimulai

  10. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama Desma erni
    Nim : 856259286
    Dalam video tsb dapat kita lihat bagaimana guru mengatasi anak yang ngobrol dikelas..saya senang dengan gpo ini sangat membantu dan memudahkan guru dalam mengambil kebijakan.

Leave a Reply