silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Anak-anak mengobrol di kelas saat pembelajaran sudah menjadi pemandangan hampir setiap hari di kelas saya. hal tersebut bagi saya sangatlah wajar karena setiap anak itu unik dengan karakter masing-masing. hal pertama yang sering saya lakukan saat membacakan dongeng atau buku cerita namun ada murid yang bercerita juga maka saya akan menghentikan kegiatan saya terlebih dahulu dan mendengarkan hal apa yang mereka obrolkan di kelas. biasanya anak-anak saat tidak mendengar lagi suara ibu gurunya mereka akan refleks mencari tahu kenapa ibu guru diam dan tidak melanjutkan cerita. Pada saat seperti ini biasanya saya akan bertanya hal apa yang mereka obrolkan, jika mereka tidak mau atau mungkin malu untuk berbicara maka saya akan memberikan semangat dengan bertepuk semangat, dan pada saat mereka sudah bisa tenang selanjutnya saya akan bertanya ‘apakah boleh ibu guru lanjutkan cerita yang tadi?’ jika mereka mengatakan ‘boleh’ maka saya akan lanjutkan namun saat mereka belum mengatakan boleh atau hanya sebagian dari mereka yang bilang boleh, maka saya akan memberikan pilihan, apakah mereka mau mendengar kelanjutan cerita yang sebelumnya? atau mereka mau memilihkan buku yang mau mereka dengar isi ceritanya.
Nama : Aspiyatun hasanah
Nim : 858893019
Menurut saya pertama yang harus dilakukan guru yaitu membuat anak-anak fokus pada gurunya terlebih dahulu sebelum kegiatan bercerita yaitu dengan melakukan ice breaking agar anak-anak fokus terhadap gurunya
Nama : Nur Elva Oktaviana
Nim : 857 609 509
Seri Pengembangan Sosial Emosional PAUD II
ANAK NGORBOL DI KELAS SAAT PBM
Setelah saya melihat video tentang anak mengobrol di kelas saat BBM, cara guru mengatasi anak-anak sudah bagus, yaitu mengubah strategi pembelajaran guru di dalam kelas.
1. Hentikan kegiatan cerita guru atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas,
2. Pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar,
3. Posisikan anak yang mengobrol di dekat guru,
4 . Libatkan anak dalam kegiatan cerita atau proses belajar mengajar yang disampaikan guru,
5. Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama,
6. Berikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya.
Video tersebut sangat bermanfaat bagi guru-guru lainnya termasuk saya.
Strategi yang digunakan juga sangat bagus dan bisa diterapkan di kelas ketika masih ada anak-anak yang mengobrol di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung.
Nama : Tri Yuni Setyaningsih
NIM : 857993147
Seri Pengembangan Sosial Emosional PAUD II
Judul : ANAK NGORBOL DI KELAS SAAT PBM
Menurut pendapat saya Setelah saya melihat video tentang anak mengobrol di kelas saat PBM, cara guru mengatasi anak-anak sudah bagus, yaitu mengubah strategi pembelajaran guru di dalam kelas,dengan cara :
1.Sebelum bercerita guru lebih baik memberi pinjakan pada anak didik agr saat PBM lebih semangat dan antusias.
2.Posisi duduk anak sebaiknya membuat lingkaran agar guru lebih efektif untuk mengawasi anak didik
3. Guru Lebih baik memilih cerita sesuai dengan minat anak agar menarik.
4. Hentikan kegiatan cerita guru atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas,
5. Pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar,
6. Posisikan anak yang mengobrol di dekat guru,
7 . Libatkan anak dalam kegiatan cerita atau proses belajar mengajar yang disampaikan guru,
8. Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama,
9. Berikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilaku baik
Strategi yang digunakan guru sudah bagus dan bisa diterapkan di kelas ketika masih ada anak-anak yang mengobrol di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung.
Nama : Lenita Exsa Winayani
NIM : 857704759
Judul : ” Anak ngobrol di kelas saat PBM ”
Setelah saya menonton video di link GPO tentang anak ngobrol di kelas saat PBM merupakan masalah yang sering ditemui bagi setiap guru dikelas. Dan video terssebut guru dengan mengatasi masalah yang ada di dalam video yaitu dengan mengubah strategi pembelajaran di kelas yaitu :
a. Guru menghentikan kegiatan cerita atau proses pembelajaran untuk menenangkan suasana kelas.
b. Guru memisahkan anak yang ngobrol dari anak yang sedang belajar
c. Guru memposisikan anak yang ngobrol tadi di dekat guru
d. Guru melibatkan anak dalam kegiatan cerita atau proses belajar mengajar yang disampaikan oleh guru
e. Guru menekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
f. Guru memberikan riward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya
Nama : Amelia Fatima Azzahra
NIM : 858726908
Pembelajaran Terpadu
Menurut pendapat saya, respon guru pada video sudah benar namun bisa ditambah mungkin dengan menghentikan membacakan cerita dan mengajak semua anak untuk berdiri dan melakukan kegiatan pendinginan untuk mendapat perhatian anak-anak kembali.
Nama : Amelia Fatima Azzahra
NIM : 858726908
Pembelajaran Terpadu
Menurut pendapat saya, respon guru pada video sudah benar namun bisa ditambah mungkin dengan menghentikan sejenak membacakan cerita dan mengajak semua anak untuk berdiri dan melakukan kegiatan pendinginan untuk mendapat perhatian anak-anak kembali.
NAMA ; SUWARSIH
NIM : 857607702
UPBJJ : PURWOKERTO
Dari video tersebut kita mendapatkan ilmu cara mengatasi anak yang ngobrol dikelas ketika pembelajaran sedang berlangsung,cara guru mengatasi anak -anak sudah bagus,yaitu mengubah strategi pembelajaran guru di dalam kelas.
1. Hentikan kegiatan cerita guru atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
2.pisahkananak yang mengebrol dari anak yang sedang belajar,
3. posisikan anak yang mengpbrol tadi didekat guru,
4. libatkan anak dalam kegaiatan certa / proses belajar mengajar yang disampaikan guru
5.Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yg sama
6. Berikan reword kepada anak yang anak dapat memperbaiki perilakunaya
Video tersebut sangat bermanfaat bagi guru-guru lainnya termasuk saya
Strategi yang digunakan juga sangat t bagus dan bisa diterapkan di kelas ketika masih ada anak-anak yang mengobrol didalam kelas.
Nama : Alfiah Mukholimah
NIM : 877321013
UPBJJ : Malang
Izinkan saya menanggapi vidio ” anak mengobrol di kelas saat PBM .Menurut saya apa yang dilakukan guru dalam menghadapi situasi tersebut sudah sangat bagus,namun ada yang sedikit saya tambahkan,mungkin bisa pada saat 2 anak yang ramai tadi posisi waktu didepan itu juga melihat ibu guru,jadi bukan mengahadap anak yang lainnya.agar guru dapat selalu mengawasinya dan anak dapat fokus pada ibu guru.Demikian sedikit saran dari saya,Terima kasih dan mohon maaf..
Nama : Rizqi Marchetya Rahayu
NIM : 857990585
UPBJJ : Yogyakarta
tanggapan dari video tersebut : untuk pembelajarannya sudah baik cara menyampaikan kepada anak juga sudah cukup bisa di pahami oleh anak, tetapi mungin dapat menata tempat duduk anak terlebih dahulu terlebih kepada anak didik yang memang sangat jarang mau mendengarkan penjelasan guru bisa di berikan tempat duduk di depan guru persis agar bisa lebih konsentrasi .