silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama : Sri Redjeki Ida Budiarti
    NIM : 857494062
    Judul : Mengatasi Anak Yang Ngorol di Kelas Saat Pembelajaran Berlangsung

    Video ini sangat membantu dalam kegiatan mengajar di dalam kelas. Karena sering terjadi anak- anak ngobrol dan tidak fokus, sehingga saya dapat menerapkan hal-hal yang disarankan dalam vidio. Saya akan menerapkan saran tersebut dan semoga suasana kelas menjadi kondusif dan anak tidak mengobrol lagi saat belajar

  2. Nama : Hesti Velina Wati
    NIM : 858879817
    Anak ngobrol di kelas saat PBM.

    Mengatasi permasalahan anak ngobrol di kelas saat PBM memerlukan waktu, kesabaran dan konsistensi. Guru harus terus berupaya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan membantu siswanya fokus belajar.

  3. nama : Vallen Nur Rita, S. I. Kom
    nim : 857864624
    upbjj : SUrakarta
    keterangan : analisis video untuk tugas makul Pembelajaran Terpadu

    anak ngobrol saat PBM
    ketika anak asyik ngobrol saat pembelajaran, hal yang harus dilakukan oleh guru adalah
    1. guru mengubah strategi pembelajaran
    2. guru menghentikan sejenak PBM
    3. memisahkan anak-anak yang mengobrol
    4. melibatkan anak tersebut dalam diskusi
    5. guru mempertegas bahwa kejadian serupa tidak boleh terulang lagi

  4. Nama :
    NIM :
    Judul : Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

    Berdasarkan dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa cara mengatasi anak yang ngobrol dikelas saat pembelajaran sedang berlangsung, guru harus mengubah strategi pembelajaran guru di dalam kelas, yaitu dengan cara
    1. Hentikan kegiatan cerita guru atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
    2. Pisahkan anak yang suka mengobrol tadi agar duduk didekat guru
    3. Libatkan anak dalam kegiatan proses cerita
    4. Tekankan pada anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama
    5. Berikan reward kepada anak yang anak dapat memperbaiki perilakunya

  5. Nama : Ratna Kamila
    NIM : 859656528
    Dari video di atas Nama : Ratna Kamila
    NIM : 859656528
    Dari video di atas menunjukkan situasi kelas saat ada beberapa anak yang mengobrol saat guru sedang menjelaskan materi. Untuk mensiasati anak yang mengobrol dikelas, guru bisa melakukan strategi belajar terutama metode sosial emosional, seperti :
    1. Lakukan kegiatan cerita sejenak untuk menenangkan di kelas.
    2. Pisahkan anak yang mengobrol
    3. Posisikan anak yang mengobrol dekat dg guru
    4. Libatkan anak yang mengobrol dalam kegiatan
    5. Tekankan agar anak tidak mengulangi kesalahannya lagi.
    6. Berikan reward apabila mereka berhasil dalam mengikuti kegiatan diskusi.

  6. Tanggapan saya dan video di atas yaitu sebelum kita melakukan proses pembelajaran sebaiknya anak diminta untuk duduk melingkar serta diberitahukan kepada anak jika anak mendengarkan cerita dengan baik anak dapat duduk dengan sopan terlebih saat cerita sudah selesai siapa yang dapat menceritakan kembali cerita yang sudah diceritakan guru anak tersebut akan mendapatkan reward. Dan jika saat pembelajaran sudah dimulai dan tetap ada anak yang bercerita atau ada anak yang mengobrol saya setuju dengan video tersebut bahwa pembelajaran dapat dihentikan sejenak dan kita mengubah strategi pembelajarannya Anak yang suka bercerita kita pisahkan dengan anak yang duduk diam sambil mendengarkan cerita bahkan anak yang suka bercerita tadi atau yang suka mengobrol sebaiknya duduk di dekat guru.

  7. Nama : Maryam Toesang

    Tanggapan saya dan video di atas yaitu sebelum kita melakukan proses pembelajaran sebaiknya anak diminta untuk duduk melingkar serta diberitahukan kepada anak jika anak mendengarkan cerita dengan baik anak dapat duduk dengan sopan terlebih saat cerita sudah selesai siapa yang dapat menceritakan kembali cerita yang sudah diceritakan guru anak tersebut akan mendapatkan reward. Dan jika saat pembelajaran sudah dimulai dan tetap ada anak yang bercerita atau ada anak yang mengobrol saya setuju dengan video tersebut bahwa pembelajaran dapat dihentikan sejenak dan kita mengubah strategi pembelajarannya Anak yang suka bercerita kita pisahkan dengan anak yang duduk diam sambil mendengarkan cerita bahkan anak yang suka bercerita tadi atau yang suka mengobrol sebaiknya duduk di dekat guru

  8. Nama : Istiqomah
    Nim : 859684874

    Dari video tersebut kita mendapatkan ilmu cara mengatasi anak yang ngobrol dikelas ketika pembelajaran sedang berlangsung,cara guru mengatasi anak -anak itu sudah sangat bagus dan bisa menjadi wawasan untuk kita sebagai guru, dengan mengubah strategi pembelajaran guru di dalam kelas :
    1. Hentikan kegiatan cerita guru atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
    2.pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar
    3. posisikan anak yang mengobrol tadi duduk didekat guru
    4. libatkan anak dalam kegaiatan cerita atau proses belajar mengajar yang disampaikan guru
    5.Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
    6. Berikan reword kepada anak yang anak dapat memperbaiki perilakunya
    Selain strategi diatas sebagai guru kita juga dapat memilih judul atau cerita yang menarik dan juga mengatur tempat duduk anak-anak agar tidak ada anak yang terhalang teman yang lain, dengan itu anak bisa fokus dalam mengdengarkan cerita atau dongeng.

  9. Setelah melihat video tersebut maka saya mendapatkan ilmu dan pengalaman yang luar biasa, karena permasalahan di dalam video ini sesuai dengan pengalaman yang saya temukan di lembaga saya, saya juga melakukan hal yang sama dalam video ini, akan tetapi ada sedikit tambahan yang saya lakukan ketika anak-anak mengobrol saat guru sedang bercerita hal yang saya lakukan selain seperti yang ada dalam video ini adalah di saat anak-anak tersebut asyik ngobrol saya memberikan pertanyaan kepada anak agar anak tersebut fokus dan mendengarkan cerita guru, lalu saya berikan apresiasi berupa pujian, ajungan jempol dan tepuk tangan pada anak yang mampu menjawab pertanyaan dari guru.

  10. Nama: NI PUTU DIANA SAEI
    Nim: 859028991

    Menurut pendapat saya mengenai video yang saya tonton dengan judul ” Anak ngobrol saat PBM” dalam video tersebut saya sangat sering mengalami hal tersebut, yang saya lakukan sama dengan yang guru lakukan dalam video yaitu dengan cara
    1. Menghentikan sejenak kegiatan yang berlangsung kemudian menenangkan anak.
    2. Mendekati anak yang sedang mengobrol dan memisahkannya dengan anak yang sedang fokus belajar agar mereka tidak tertanggu.
    3. Ajak anak yang mengobrol untuk duduk di dekat guru.
    4. Libatkan anak dalam kegiatan beri mereka pertanyaan, agar anak mau ,menjawab pertanyaan dari isi cerita. Sehingga guru tidak sibuk bercerita sendiri.

Leave a Reply