silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama: Suriani
    Nim: 856104366
    vidio ini sangat bagus dan bermanfaat dimana disini guru mencoba menghadapi anak-anak yang suka mengobrol ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung.
    Adapun Cara menangani anak yang ngobrol di kelas yaitu:
    a.hentikan kegiatan PBM sejenak untuk menenangakan suasana di kelas
    b.pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar
    c.posisikan anak yang ngobrol tadi dekat guru
    d.libatkan anak dalam proses PBM
    e.tekan kan anak untuk tidak mengulangi prilakunya
    f.berikan reward kepada anak yang sudah bisa memperbaiki prilakunya.

  2. Judul video: Anak ngobrol dikelas saat PBM
    Menurut komentar saya:
    Video yang disajikan sudah bagus dan bermanfaat, khususnya bagi para guru paud untuk dapat membantu meningkatkan pemahaman tentang pentingnya memberikan perhatian khusus pada anak dalam aspek perkembangan sosial emosional dalam pendidikan anak di bidang kedisiplinan.
    Dalam video terlihat bahwa ada kasus dimana ada anak yang ngobrol saat pembelajaran dilaksanakan, dan guru harus menanggapi serta membuat suatu tindakan yang sesuai dengan cara-cara/trik-trik dalam menghadapi situasi seperti itu.
    cara-cara tersebut antara lain:
    – Menghentikan kegiatan cerita sejenak utk menenangkan suasana kelas
    – Memisahkan anak yang ngobrol dekat dengan guru
    – Libatkan anak dalam kegiatan cerita/proses belajar
    – Membuat kesepakatan kepada anak yang ngobrol untuk tidak mengulangi kejadian yang sama
    – Berikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki prilakunya.

  3. Nama:kosiatul atik sriwahyuningsih
    Nim:858533246
    Judul:Anak ngobrol dikelas saat PBM.
    vidio ini sangat bermanfaat bagi pendidik PAUD,karena vidio ini berisi strategi pembelajaran anak ngobrol dikelas saat PBM:sebelum pembelajaran guru mengatur duduk anak,berhenti sejenak saat pembelajaran agar suasana kembali tenang,anak yang ngobrol duduknya didekat guru,melibatkan anak dalam pembelajaran.

  4. Nama : TURYANTI
    NIM : 857610843

    Judul vidio : Anak mengobrol di kelas
    Menurut saya vidio ini sangat kegiatan bercerita merupakan kegiatan yang disukai anak tetapi pada saat guru sedang bercerita ada anak yang mengobrol dengan temannya . disini guru memberi contoh strategi pembelajaran agar anak fokus ketika guru sedang bercerita diantaranya yaitu :
    1. menengkan suasana kelas
    2. pisahkan anak yang sedang mengobrol
    3. posisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru
    4. libatkan anak dalam proses cerita
    5. tekankan anak agar agar tidak mengulangai kejadian yang sama
    6. berikan reward kepada anak jika dapat mengubah perilakunya.

    saran saya sebaiknya guru membuat aturan sebelum mulai pembelajaran.

  5. Nama : TURYANTI
    NIM : 857610843

    Judul vidio : Anak mengobrol di kelas saat pembelajaran
    Menurut saya vidio ini sangat kegiatan bercerita merupakan kegiatan yang disukai anak tetapi pada saat guru sedang bercerita ada anak yang mengobrol dengan temannya . disini guru memberi contoh strategi pembelajaran agar anak fokus ketika guru sedang bercerita diantaranya yaitu :
    1. menenangkan suasana kelas
    2. pisahkan anak yang sedang mengobrol
    3. posisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru
    4. libatkan anak dalam proses cerita
    5. tekankan anak agar agar tidak mengulangai kejadian yang sama
    6. berikan reward kepada anak jika dapat mengubah perilakunya.

    saran saya sebaiknya guru membuat aturan sebelum mulai pembelajaran.

  6. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Izin menanggapi

    Nama: Vibriannisa Anandaputri Machmud
    NIM : 856323328
    Program Studi : PG-PAUD
    UPBJJ UT Gorontalo

    Pada video, terlihat guru sedang memulai kegiatan dengan bercerita sebuah dongeng. Lalu anak duduk bersiap mendengarkan cerita dari ibu guru. Namun, ada dua anak yang mengobrol dan tidak memperhatikan cerita yang dibacakan oleh guru. Pada video yang tersedia, guru berhasil menyadari bahwa ada yang tidak memperhatikan

    Untuk mengatasi masalah sederhana, yaitu anak yang mengobrol saat peoses belajar mengajar, sebagai berikut
    1. Menjeda cerita untuk menenangkan suasana kelas
    2. Pusatkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar
    3. Posisikan anak yg ngbrol di dekat guru
    4. Libatkan anak cerita atau pada PBM
    5. Tekankan agar ank tidak mengulangi
    6. Berikan reward jika berhasil mengubah perilakunya

    Terima kasih
    Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  7. Menurut pendapat saya, guru harus memberikan arahan agar anak bisa diam sejenak, untuk mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru agar siswa mengerti apa yang dijelaskan.

  8. Dalam program video tersebut, terdapat gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini, yaitu anak yang cenderung “ngobrol” selama proses belajar mengajar berlangsung. Selanjutnya, program video tersebut juga memberikan beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi masalah tersebut. Beberapa upaya yang disarankan adalah:

    1. Mengadakan variasi permainan: Guru dapat menggunakan permainan yang menarik dan interaktif untuk memancing minat dan perhatian anak. Misalnya, permainan tepuk atau permainan lain yang melibatkan gerakan fisik dan interaksi antar anak. Dengan adanya variasi permainan, diharapkan anak akan lebih fokus dan terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran.

    2. Memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru: Dalam mengelola kelompok anak, guru dapat memperhatikan dan mengidentifikasi anak-anak yang cenderung suka mengobrol. Sebagai strategi, guru dapat memisahkan anak-anak tersebut dan menempatkannya di dekat guru selama proses pembelajaran. Dengan demikian, guru dapat memberikan pengawasan dan bimbingan yang lebih intensif kepada anak-anak tersebut.

    3. Memberikan reward pada akhir pembelajaran: Memberikan reward atau penghargaan pada akhir pembelajaran adalah salah satu cara untuk memberikan motivasi kepada anak-anak dalam meningkatkan perilaku mereka. Reward dapat berupa pujian, pengakuan, atau hadiah kecil yang diberikan kepada anak-anak yang berhasil mengikuti aturan dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Dengan adanya reward, anak-anak akan merasa dihargai dan termotivasi untuk berusaha lebih baik lagi.

    Namun, penting untuk diingat bahwa setiap anak memiliki kebutuhan dan karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi masalah perkembangan moral-disiplin harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing anak. Selain itu, komunikasi yang terbuka antara guru, orang tua, dan anak juga sangat penting dalam membantu mengatasi masalah ini.

  9. terima kasih atas video yang bermanfaat ini, hanya masukan saja, sebaiknya metode dalam bercerita dapat dibuat lebih menarik agar anak tidak bosan. posisi anak anak ketika mendengarkan cerita sebaiknya duduk melingkar agar jangkauan penglihatan anak tidak terganggu oleh anak yang lain. mengingat jumlah anak dalam video cukup banyak. terima kasih.

  10. Nama : Diana
    Nim : 858305364

    selain mengadakan variasi bermain untuk mengalihkan perhatian anak, guru juga dapat mengajak anak melakukan beberapa gerakan lucu, seperti gerakan pesawat dengan mengangkat satu kaki atau ajak anak untuk tepuk diam dengan gerakan yang semangat. berikan pujian kepada anak apabila anak mau mengikuti kegiatan dengan tertib sesuai peraturan yang sudah ditetapkan diawal.

Leave a Reply