silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama : Dwi Wahyu Julia Sari
    NIM : 858756918

    Vidio tersebut membahas tentang masalah anak yang berbicara saat PBM yang harus dilihat oleh pendidik PAUD karena masalah tersebut sering terjadi sehingga pendidik PAUD dapat memperoleh gambaran tentang bagaimana cara mengatasi masalah seperti diatas.

  2. Nama : Indana Zulfa
    NIM : 857611386
    setelah menonton video tersebut, kita jauh lebih mengerti apa yang perlu dilakukan saat ada anak yang mengobrol di kelas saat PBM. 1. Hentikan kegiatan PBM untuk menenangkan kelas dan melakukan variasi permainan agar anak tertarik pada pbm. 2. Pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar. 3. Posisikan anak yang mengobrol di dekat guru. 4. Libatkan anak dalam proses PBM 5. Tekankan anak untuk tidak mengulangi perilakunya. 6. Berikan reward kepada anak yang sudah bisa memperbaiki perilakunya.
    Saran : Guru dapat lebih ekspresif dengan memperagakan sesuatu pada cerita dan mengajak anak untuk ikut memperagakannya. Gunakan intonasi yang berbeda pada pembacaan buku cerita agar anak tertarik dan terhibur.

  3. Nama : Risma Septi Lestiyani
    NIM : 858536829
    Prodi : PG PAUD
    Pokjar : Kota Semarang
    Judul Video : Anak Nobrol DI Kelas Saat PBM

    Alhamdulillah terima kasih atas video pembelajaran yang di sajikan. Menurut saya dalam video pembelajaran tersebut ada yang kurang tapt terkait formasi duduk anak didik. Terlihat dalam video para siswa duduk dengan formasi berjajar dan bersaf. Hal ini membuat pandangan mereka ke guru terhalang oleh teman di depaknya. Sehingga memungkinkan mereka bermain dengan teman di samping kanan-kiri ataupun dengan teman di depan dan belakangnya dan kecenderungan nya mereka lebih memilih bermain ketimbang mendengarkan cerita dari guru.
    Saran saya jika kegiatan pembelajaran berupa penjelasan guru ataupun cerita formasi duduk bisa di buat lingkaran besar sehingga pandangan guru kepada siswa ataupun sebaliknya tidak terhalang oleh siswa lainnya. Hal ini dapat meningkatkan perhatian anak ke guru ataupun sebaliknya. Sehingga jika ada siswa yang ngobrol atau bermain sendiri guru secara langsung bisa memberikan perhatian khusus kepada siswa yang bersangkutan.

  4. Nama : Risma Septi Lestiyani
    NIM : 858536829
    Prodi : PG PAUD
    Pokjar : Kota Semarang
    Judul Video : Anak Nobrol DI Kelas Saat PBM

    Alhamdulillah terima kasih atas video pembelajaran yang di sajikan. Menurut saya dalam video pembelajaran tersebut ada yang kurang tapt terkait formasi duduk anak didik. Terlihat dalam video para siswa duduk dengan formasi berjajar dan bersaf. Hal ini membuat pandangan mereka ke guru terhalang oleh teman di depaknya. Sehingga memungkinkan mereka bermain dengan teman di samping kanan-kiri ataupun dengan teman di depan dan belakangnya dan kecenderungan nya mereka lebih memilih bermain ketimbang mendengarkan cerita dari guru.
    Saran saya jika kegiatan pembelajaran berupa penjelasan guru ataupun cerita formasi duduk bisa di buat lingkaran besar sehingga pandangan guru kepada siswa ataupun sebaliknya tidak terhalang oleh siswa lainnya. Hal ini dapat meningkatkan perhatian anak ke guru ataupun sebaliknya. Sehingga jika ada siswa yang ngobrol atau bermain sendiri guru secara langsung bisa memberikan perhatian khusus kepada siswa yang bersangkutan.
    Terima kasih

  5. Nama : Nila Aini
    Nim : 856855307
    pada video terlihat jelas bahwa strategi pembelajaran yang baik mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran. maka sebagai seorang guru harus bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dan perlu adanya pengelolaan lingkungan belajar. seperti:
    – memilih cerita yang menarik, mengatur tempat duduk anak, memberi aturan sebelum pembelajaran dimulai, hendak nya guru bercerita menggunakan alat peraga, guru bercerita menggunakan mimik, intonasi dan gerakan tubuh yang ekspresif. dengan begitu, anak anak akan memperhatikan guru dan pembelajaran akan mencapai tujuan

  6. Nama : Nurul khayatul Qilmi
    Nim : 857631775

    Dengan melihat video tersebut sangat membantu saya dan rekan saya karena masalah anak ngobrol di kelas ini sangat sering menjadi masalah, dalam video tersebut memberi cara-cara untuk mengatasi hal tersebut. Diantara cara yang bisa dilakukan yaitu memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar, lalu pindahkan anak yang sedang ngobrol berada didekat guru, pastikan anak tidak mengulanginya lagi dan berikan reward untuk anak yang mampu merubah perilaku nya

  7. Nama : Nur Aina
    Nim : 858421482

    Video diatas sangat bermanfaat dan menginspirasi pendidik untuk mengatasi problem anak yang mengobrol dikelas ketika PBM sehingga pembelajaran kembali kondusif dan berjalan lancar.
    Dengan adanya video ini, saya sangat terbantu, karena mendapatkan ilmu bahwa cara mengatasi anak yang ngobrol di kelas saat kegiatan pembelajaran adalah guru harus mengubah strategi pembelajaran di kelas. Antara lain:
    – Hentikan kegiatan pembelajaran sejenak
    – Pisahkan anak yang mengobrol
    – Posisikan anak yang mengobrol untuk duduk dekat dengan guru
    – Libatkan anak dalam kegiatan di kelas
    – Tekankan anak tidak mengulangi perilaku
    – Berikan reward pada anak yang bisa memperbaiki perilakunya

    Sangat bermanfaat sekali dan menginspirasi Saya sebagai seorang guru PAUD semoga saja semua guru PAUD bisa menerapkan. Demikian, Terimakasih

  8. Dari video tersebut sudah bagus dan membantu bu guru mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yaitu anak ngobrol di kelas saat pbm dan di video tersebut memberikan cara/solusi yang dilakukan guru dalam menghadapi kondisi tersebut.

  9. Anak Mengobrol di kelas saat PBM
    Video ini membahas tentang bagaimana mengatasi anak yang mengobrol di kelas pada saat pembelajaran berlangsung. Video ini memberikan tips-tips yang bermanfaat bagi guru untuk membantu anak lebih fokus saat pembelajaran berlangsung. Berikut tipsnya :
     Hentikan kegiatan PBM untuk menenangkan kelas dan melakukan variasi permainan agar anak tertarik pada pbm.
     Pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar.
     Posisikan anak yang mengobrol di dekat guru.
     Libatkan anak dalam proses PBM
     Tekankan agar anak tidak mengulangi perilakunya.
     Berikan reward kepada anak jika anak bisa memperbaiki perilakunya.

  10. hallo bunda ijin berkomentar
    nama : ni ketut sudiasih
    nim : 859685987

    vidio ini sudah sangat membantu untuk menangani masalah yang dihadapi pendidik namun disini saya ingin menambahkan bahwa perlu mencari tahu apa yang diobrolkan oleh anak tersebut dengan lebih konkrit bukan hanya sekedar melontarkan pertanyaan kepada anak. sehingga tidak memperhatikan guru didepan. dengan begitu guru dapat merubah strategi belajar agar lebih menarik lagi dan menyenangkan.
    terimakasih

Leave a Reply