silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Siti Hawa
Nim : 856712105
UPBJJ : Palembang
Dalam video ini saya mendapatkan ilmu untuk mengatasi banyaknya anak yang sering ngobrol saat pembelajaran sedang berlangsung di kelas. Seperti dengan melakukan variasi dalam pembelajaran agar dapat menarik perhatian dan fokus sang anak. Tak lupa selalu memberikan reward kepada sang anak agar mereka senang dan dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka.
Nama : Eva Purna Sari
NIM : 859161512
Trimakasih atas vidio yang saya tonton,yang dimana vidio ini sangatlah bermanfaat untuk saya sebagai guru,yang dimana dalam vidio ini saya diberikan cara bagaimana cara guru untuk mengajarkan anak lebih disiplin dalam proses pembelajaran pada yang yang sedang mengobrol di kelas.
Nama : Eva Purna Sari
NIM : 859161512
Trimakasih atas vidio yang saya tonton,yang dimana vidio ini sangatlah bermanfaat untuk saya sebagai guru PAUD,yang dimana dalam vidio ini saya diberikan solusi dalam mengajarkan anak agar lebih disiplin dan fokus dalam proses pembelajaran bagi anak yang mengobrol di kelas.
Video di atas merupakan contoh kasus dari anak yang suka mengobrol di saat PBM, dan disertai cara mengatasinya. Video ini dapat dijadikan referensi untuk mengimplementasikannya secara langsung disekolahnya masing-masing.
Nama : Mukisah
NIM : 857628096
video yang sangat bagus ,, anak-anak yang mengobrol saat PBM merupakan hal biasa, karena mereka mudah bosan dan daya fokusnya sangat pendek kurang lebih 10 menit.
jadi,,kalau kita bercerita dengan durasi yang tidak terlalu lama agar anak mampu menerima apa yang kita sampaikan/ceritakan.
Untuk mengatasi anak yang mengobrol pada saat PBM yaitu dengan menghentikan cerita atau proses pembelajaran sejenak, lalu memisahkan anak yang sedang mengobrol dengan anak yang sedang belajar agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan lebih efektif, anak yang sedang mengobrol tadi bisa dipisahkan duduknya di dekatkan dengan guru, lalu libatkan anak dalam proses bercerita atau belajar mengajar, membuat aturan kepada anak agar anak tidak mengulangi hal yang sama, memberikan reward kepada anak yang telah berhasil mengikuti aturan. Itulah manfaat yang saya dapatkan dari menonton video tersebut saya menjadi tau bagaimana cara mengatasi masalah anak yang sering mengobrol pada saat PBM. Masukan itu video tersebut untuk musik pengisi nya jangan terlalu keras sehingga kepada pendengar tidak fokus pada materi yang disampaikan
Nama: Ni’matul Arsyidah
NIM : 858532008
Dari video tersebut, saya dapat mengetahui solusi dalam mengatasi anak yang ngobrol di kelas saat pembelajaran, yaitu dengan mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk, memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru, memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Tanggapan Anda sangat baik! Berikutnya, saya akan merangkumnya dengan cara yang lebih ringkas:
“Saya pikir video tersebut sudah bagus. Saya akan menerapkan strategi komprehensif, hentikan kegiatan untuk suasana kondusif, pisahkan anak yang suka mengobrol, atur ruangan kelas, terapkan aturan kelas, berikan pengertian tentang pentingnya belajar disiplin, dan ajarkan sopan santun. Terima kasih atas video tersebut.”
“Saya pikir video tersebut sudah bagus. Saya akan menerapkan strategi komprehensif, hentikan kegiatan untuk suasana kondusif, pisahkan anak yang suka mengobrol, atur ruangan kelas, terapkan aturan kelas, berikan pengertian tentang pentingnya belajar disiplin, dan ajarkan sopan santun. Terima kasih atas video tersebut.”
1. Mengatur jadwal khusus untuk anak-anak untuk berbicara di kelas :
Guru dapat mengatur jadwal khusus dimana anak-anak diberi kesempatan untuk berbicara dan berbagi pendapat mereka. ini akan membantu mengurangi kecendrungan anak-anak untuk berbicara secara sembarangan dikelas.
2. Menggunakan Teknik pengelompokkan untuk mengurangi gangguan :
Guru dapat mengelompokkan anak-anak dalam kelompok-kelompok kecil dan memberi mereka tugas atau proyek untuk bekerjasama. ini akan membantu mengurangi gangguan dan membuat proses belajar lebih terorganisir.
3. Memberikan Pelatihan Keterampilan komunikasi kepada anak-anak :
guru dapat memberikan pelatihan keterampilan komunikasi kepada anak-anak, seperti bagaimana berbicara dengan sopan dan menghargai pendapat orang lain. ini akan membantu mereka mengembangkan keterampilan komunikasi yang baik dan mengurangi kecendrungan mereka untuk berbicara sembarangan di kelas.
4. Menggunakan Teknik Penggantian untuk Mengalihkan Perhatian anak-anak :
Guru dapat menggunakan teknik penggantian, seperti memberikan hadiah atau pujian kepada anak-anak yang mengikuti aturan kelas. ini akan membantu mengalihkan perhatian mereka dari berbicara secara sembarangan dan membuat mereka lebih tertarik untuk mengikuti aturan kelas.
5. Mengatur Ruang Kelas yang kondusif untuk belajar :
guru dapat mengatur ruang kelas yang kondusif untuk belajar, seperti dengan mengatur meja dan kursi dengan baik dan memberikan ruang yang cukup untuk bergerak. ini akan membantu menciptakan suasana belajar yang nyaman dan mengurangi kecendrungan anak-anak untuk berbicara secara sembarangan di kelas.