silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Selamat siang.
Setelah mengamati video tersebut saya mendapatkan pelajaran baru yaitu bagaimana mengatasi anak yang selalu mengobrol pada saat kegiatan pembelajaran. Hal yang terdapat dalam video terjadi juga di lembaga saya sehingga dengan menyaksikan tayangan video tersebut menjadi pemasukan bagi saya untuk mengatasi anak yang selalu mengobrol.
Nama : Ica Irama Pramesti
NIM 858877164
b. Video yang kedua yaitu Anak Ngobrol di Kelas saat PBM. Video dari Portal Guru Pintar berjudul “Anak Ngobrol di Kelas saat PBM” membahas solusi untuk mengatasi masalah anak-anak yang mengobrol saat proses belajar mengajar berlangsung. Masukan dan saran tentang video pembelajaran tersebut yaitu dengan menambahkan visual dan animasi yang menggambarkan solusi yang diberikan akan membantu guru memahami teknik tersebut dengan lebih baik. Contohnya, animasi yang menunjukkan guru menghentikan kegiatan sejenak dan menenangkan kelas. Video tersebut sudah menampilkan contoh nyata atau simulasi singkat bagaimana guru menerapkan teknik-teknik tersebut di kelas. Misalnya, adegan guru yang memindahkan anak yang mengobrol ke dekatnya. Memberikan penjelasan lebih rinci tentang setiap langkah yang disarankan. Misalnya, bagaimana cara efektif memisahkan anak yang mengobrol tanpa membuat mereka merasa tersingkirkan, dan cara melibatkan mereka dalam kegiatan kelas secara positif. Menyertakan tips tambahan seperti cara menjaga konsistensi dalam penerapan solusi dan bagaimana mengatasi jika anak tetap mengulangi perilaku mengobrol. Video dari Portal Guru Pintar memberikan solusi yang baik untuk menangani anak-anak yang mengobrol di kelas. Dengan menambahkan elemen visual yang menarik, penjelasan yang lebih rinci, serta pendekatan yang lebih holistik, video ini bisa menjadi alat yang lebih efektif dalam membantu guru mengelola kelas mereka. Dukungan melalui pelatihan interaktif dan refleksi juga bisa meningkatkan efektivitas implementasi teknik yang diajarkan. Terima Kasih
Nama : YANTI
NIM : 858439391
Video telah memberikan edukasi yang tepat dan baik dimana kita sebagai guru dapat menyelesaikan khasus anak yang mengobrol pada saat PBM dengan langkah yang telah di berikan pada video tersebut, Saran saya alangkah baiknya saat bercerita di bantu dengan media seperti selain gambar dapat berupa boneka atau lainnya yang dapat menarik perhatian anak, anak hanya fokus dengan benda apa yang ada di sekitarnya dan tidak begitu fokus dengan yang guru ceritakan jika media yang kita gunakan tidak menarik minat anak .
Nama : Aida Muslimah
NIM : 858304688
Dalam tayangan tadi ada solusi bagi anak yang mengobrol dalam proses kegiatan berceita.
Mengubah srategi dalam mengajar agar dapat diperhatikan oleh anak.
1. Hentikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
2. Pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang lain dari tempat duduknya
3. Dudukkan anak dekat dengan guru
4. Tentukan aturan anak tidak mengulanginya lagi
5. Berikan riwed kepada anak karena tidak mengulangi prilakunya lagi.
Nama : Winda Teni Puspa Rani
NIM: 859800222
Dari vidio diatas telah memberikan cara atau solusi menghadapi anak-anak yang ngobrol pada saat kegiatan belajar. Menurut saya alangkah baiknya jika guru yg bercerita tersebut dapat membuat alat peraga yang lebih menarik agar anak- anak bisa fokus dalam mendengarkan cerita, sebelum memulai cerita kuasai kelas dengan cara mengajak anak -anak ice breaking supaya kelas bisa di kondisikan. Jika anak sudah fokus maka mereka akan mendengarkan cerita dari guru.
Sekian dari saya
Terima Kasih
Nama : Astari
NIM : 859526648
Video ini menyampaikan anak yang mengobrol dengan temannya ketika guru sedang menjelaskan di depan. Anak terlihat tidak focus dan tdak mendengarkan guru sedang bercerita. Dalam video ini disampaikan cara untuk mengatasi permaslahan ini yaitu dengan menggugah strategi pembelajaran guru pada anak.
Nama/NIM : Rose Maulatur Rohmah/858966357
Setelah melihat judul video tersebut, pastinya semua guru pernah merasakannya, anak mengobrol sendiri atau dengan temannya atau juga bermain/ asyik sendiri. Dari video tersebut saya sebagai guru paud, jadi tahu bagaimana strategi yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Yakni mulai dari menghentikan pembelajaran sejenak, memisahkan anak yang mengobrol dengan yang belajar, memposisikan duduk dekat dengan guru, melibatkan anak dalam kegiatan pembelajaran, kemudian menekankan anak supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama, dan memberikan reward jika anak dapat memperbaiki perilakunya lebih baik.
Durotun Naqiyah
NIM: 859525732
Terima kasih sebelumnya sangat menginspirasi video pembelajarannya memang sudah hal yg sangat lumrah dan biasa dihadapi oleh guru-guru PAUD dari tahun ketahun pasti ada saja siswa yg suka mengobrol saat guru bercerita oleh sebab itu sebagai guru kita harus pandai memilih cerita yg menarik yg merangsang anak utuk fokus mendengar kan,selain itu guru juga harus menyiapkan alat peraga yg tepat sehingga membuat anak makin tertarik menyimak cerita guru, dan dari video ini sy mendapat kan trik yang bagus atau cara jitu menghadapi anak-anak yang mengobrol saat guru bercerita /memberikan pelajaran sukses terus untuk flatponnya ditunggu video selanjutnya terima kasih banyak
Nama/NIM: Rose Maulatur Rohmah/858966357
Setelah melihat judul video tersebut, pastinya semua guru pernah merasakannya, anak mengobrol sendiri atau dengan temannya atau juga bermain/ asyik sendiri. Dari video tersebut saya sebagai guru paud, jadi tahu bagaimana strategi yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Yakni mulai dari menghentikan pembelajaran sejenak, memisahkan anak yang mengobrol dengan yang belajar, memposisikan duduk dekat dengan guru, melibatkan anak dalam kegiatan pembelajaran, kemudian menekankan anak supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama, dan memberikan reward jika anak dapat memperbaiki perilakunya lebih baik.
Bismillah
Nama:
Nim : 857324347
Dari video anak ngobrol dikelas dapat kita mengambil pelajaran bagai mana cara mengatasinya , seringkali kita mendapati anak mengobrtol saat pemberlajaran dapat kita pelajari paktor penyebabnya , ada anak yang merasa jenuh , dan anak tidak menyukai metode yang guru sampaikan dan banyak lagi faktor lainnya, saran saya melihat dari video tersebut ubahlah metode ceritanya dengan menggunakan gambar ,atau video biasanya anak menyukai metode ini selain efektif lebih mudah anak untuk memahami cerita yang guru sampaikan
terimakasih