silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,250 Comments

  1. Video yang berjudul ” Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM” Sudah dijelaskan permasalahan dan cara menyelesaikannya. Akan tetapi dalam editing video kurang menarik karena monoton pembelajaran di kelas dan hanya terdengar suara penyelesaiannya saja. Mungkin lebih menarik jika menggunakan template dan subtitle yang menarik agar mudah dipahami.

  2. NAMA SITI AMIDAH
    NIM 858529411
    JUDUL ANAK MENGOBROL SAAT PBM.

    Dari video pembelajaran diatas saya mendapat tips dan solusi praktis ketika anak mengobrol saat PBM.
    Menurut pendapat saya perbandingan jumlah anak dan guru di kelas mempengaruhi kondisi kelas sehingga situasi tidak kondusif.
    Dari video tersebut hanya 1 guru yang berperan, sehingga seperti kuwalahan saat mengkondisikan anak.menurut pendapat saya faktor tidak adanya guru pendamping juga mempengaruhi situasi kelas menjadi tidak kondusif sehingga anak tidak konsentrasi dalam proses belajar dan mencari kegiatan yang menurutnya menarik dlluar proses pembelajaran

  3. Nama : wulan ambar witari
    Nim   : 857755486
    Judul : mengatasi anak yang ngobrol di kelas saat PBM

    Dari video ini,  dapat memberi solusi bagi guru untuk mengatasi anak yang ngobrol dikelas saat PBM.
    Supaya kelas tetap terkondisikan dengan baik , guru dapat  menghentikan sejenak kegiatan untuk menenangkan kelas, memisahkan anak yang mengobrol, memindahkan posisi anak yang mengobrol dekat dengan guru, melibatkan anak dalam proses belajar ,memberikan reward kepada anak.

  4. Nama : Rara Putri Talaperu
    NIM : 858966031
    UPBJJ : Jember
    Video ini sangat membantu Guru Paud dalam menangani anak yang suka mengobrol dengan temannya yang lain ketika guru sedang menjelaskan atau berbicara di depan kelas atau di depan anak-anak yang lain dalam satu kelompok kelas. Hal ini merupakan salah satu upaya yang akan menjadi contoh guru PAUD yang lainnya yaitu dalam video ini berisikan cara guru menangani anak yang suka ngobrol saat PBM yaitu memisahkan anak yang suka ngobrol dengan temannya yang suka ngobrol juga, lalu mendekatkan anak disamping guru agar guru lebih mudah mengawasi anak, kemudian memberikan reward sudah dengan tertib mendengarkan penjelasan Guru. Akan tetapi, lebih baik lagi jika backsound music yang ada pada video sedikit dikecilkan volumenya sehingga penjelasan terkait materi video tidak terganggu oleh backsound music.

    Terimakasih.

  5. Nama : Irmawati

    Nim : 858613501

    Pada saat proses PBM dikelas sering kali mendapati anak-anak yang mengobrol dan asik sendiri tidak menhiraukan gurunya berbicara didepan kelas. Pada saat itu kesabaran guru pun diuji. Dari video diatas dapat diketahui bagaimana mengatasi anak yang ribut di kelas pada saat PBM yang dapat diterapkan oleh guru-guru disekolah agar kegiatan PBM dapat berjalan dengan baik dan efektif.

  6. Nama : Gandis Fine Maredia
    NIM : 857758277
    UPBJJ: Semarang
    Video diatas dengan judul “Anak Mengobrol di Kelas Saat Pembelajaran “. Divideo tersebut digambarkan situasi dimana guru sedang bercerita namun ada sekelompok anak asik mengobrol dengan temannya . Saya setuju dengan cara – cara yang dilakukan dalam mengatasi anak yang mengobrol saat pembelajaran . Tadi disebutkan bahwa cara mengatasi anak yang mengobrol ada 6 :
    1. Mengubah strategi pembelajaran
    2. Pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang serius belajar
    3. Posisikan anak yang mengobrol didekat guru
    4. Libatkan anak dalam kegiatan pembelajaran
    5. Tekankan anak tidak mengulanginya lagi
    6.berikan reward jika anak mampu memperbaiki sikapnya

  7. Nama: Tiara Siti Aminah
    NIM: 857527787
    UPBJJ: Bandung

    Video ini membantu saya memahami masalah yang sering muncul di kelas PAUD, yaitu anak-anak yang suka ngobrol saat pelajaran berlangsung. Video memberikan solusi praktis seperti mengadakan permainan seru, memisahkan anak-anak yang suka ngobrol dekat guru, dan memberikan hadiah pada akhir pelajaran. Terima kasih atas tips-tips yang bermanfaat ini! Semoga video ini membantu guru-guru PAUD lainnya menghadapi masalah yang sama di kelas mereka. Terima kasih banyak!

  8. Rasa percaya diri merupakan hal penting yang harus ditanamkan sejak kecil. Sebab, hal ini berperan cukup penting bagi masa depan dan tumbuh kembang si Kecil.
    Meski demikian, orangtua dan guru tidak bisa serta merta menutup telinga dan mata bahwa kepercayaan diri anak bisa saja dalam kondisi naik turun.
    Diperlihatkan di video ini Guru memberikan anak motivasi untuk kreativitas anak dengan cara memberikan kesempatan menggambar sesuatu yang paling disukai anak.

  9. Nama susan gia
    Nim.858587785

    Rasa percaya diri merupakan hal penting yang harus ditanamkan sejak kecil. Sebab, hal ini berperan cukup penting bagi masa depan dan tumbuh kembang si Kecil.
    Meski demikian, orangtua dan guru tidak bisa serta merta menutup telinga dan mata bahwa kepercayaan diri anak bisa saja dalam kondisi naik turun.
    Diperlihatkan di video ini Guru memberikan anak motivasi untuk kreativitas anak dengan cara memberikan kesempatan menggambar sesuatu yang paling disukai anak.

  10. Nama : Tri Diana R
    NIM : 859679715
    Dari vidio diatas saya mencapatkan manfaat mengenai cara untuk menenangkan kelas pembelajaran bisa juga ditennagkan melalui bernyanyi atau tepuk, kemudian memisahkan anak anak yang ramai dan ajak anak yang ramai duduk disebelah kita, memberikan rewerd bila anak sudah bisa tenang,

Leave a Reply