silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,250 Comments

  1. Judul Video: Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
    Mengelola anak-anak TK yang suka ngobrol saat pembelajaran berlangsung memerlukan pendekatan yang penuh pengertian dan kreatif. Berikut adalah beberapa saran dan masukan yang dapat diterapkan:

    1. Aturan Kelas yang Jelas:

    • Tetapkan aturan kelas sejak awal dan pastikan anak-anak mengerti apa yang diharapkan dari mereka.
    • Buat aturan tersebut terlihat di dinding kelas dalam bentuk gambar dan kata-kata sederhana.

    2. Gunakan Sinyal Visual dan Auditori:

    • Gunakan bel, musik, atau isyarat tangan untuk menarik perhatian anak-anak dan menandakan bahwa waktunya untuk tenang dan mendengarkan.
    • Gunakan lampu kecil atau kartu berwarna sebagai tanda untuk berbicara atau diam.

    3. Pendekatan Positif:

    • Berikan pujian dan penguatan positif ketika anak-anak mengikuti aturan dan mendengarkan.
    • Gunakan sistem penghargaan seperti stiker atau poin untuk perilaku yang baik.

    4. Tempat Duduk yang Tepat:

    • Atur tempat duduk sehingga anak-anak yang cenderung ngobrol dipisahkan dan dekat dengan guru.
    • Gunakan karpet lingkaran atau tempat duduk khusus saat kegiatan kelompok untuk membantu anak-anak fokus.

    5. Pendekatan Individu:

    • Amati anak-anak yang sering ngobrol dan coba pahami alasan di balik perilaku mereka. Mereka mungkin butuh lebih banyak perhatian atau stimulasi.
    • Ajak bicara secara pribadi dan jelaskan mengapa penting untuk mendengarkan saat guru berbicara.

  2. Judul video : Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

    Dari video tersebut dapat kita lihat bagaimana cara guru dalam menangani anak-anak yang mengobrol ketika guru sedang membacakan buku cerita. dari video ini dapat kita lihat cara guru agar anak mau mendengarkan cerita dengan cara memisahkan anak-anak yang sedang mengobrol, dan menertibkan anak yang mengobrol tadi, dan melibatkan anak dalam cerita tersebut, sehingga anak-anak dapat fokus pada cerita yang dibacakan oleh guru.

  3. Melalui video ini kita bisa menemukan strategi praktis untuk mengatasi anak yang ngobrol dikelas saat PBM bukan ditegur tapi menghentikan sejenak kegiatan untuk menenangkan kelas,pisahkan anak yang mengobrol,posisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru,melibatkan anak dalam proses belajar ,memberikan reward kepada anak,sebagai guru yang biasanya saya kesulitan disini saya dapat ilmu yang akan diterapkan untuk menenangkan anak yang ngobrol saat PBM.saya sangat terbantu sekali dengan video ini dalam proses belajar mengajar dikelas.

  4. Nama : Rita Susiyati
    Nim : 856833752
    UPBJJ-UT: Bengkulu

    Melalui video ini kita bisa menemukan strategi praktis untuk mengatasi anak yang ngobrol dikelas saat PBM bukan ditegur tapi menghentikan sejenak kegiatan untuk menenangkan kelas,pisahkan anak yang mengobrol,posisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru,melibatkan anak dalam proses belajar ,memberikan reward kepada anak,sebagai guru yang biasanya saya kesulitan disini saya dapat ilmu yang akan diterapkan untuk menenangkan anak yang ngobrol saat PBM.saya sangat terbantu sekali dengan video ini dalam proses belajar mengajar dikelas.

  5. Nama : Mariana E Tahe
    NIM : 859951367
    UPBJJ : Manado

    Melalui video ini saya dapat belajar cara mengatasi anak yang ngobrol di dalam kelas, video ini sangat membantu bagi saya. Di dalam video ini guru mampu menjaga situasi didalam kelas. Guru menghentikan sejenak proses pembelajaran, memisahkan anak yang suka mengobrol, posisikan anak yang suka mengobrol dekat dengan guru, guru melibatkan anak dalam proses pembelajaran, serta memberikan reward kepada anak.

  6. Nama NUR Fitriyah
    NIM 858534262

    Dengan melihat video ini saya dapat menemukan solusi untuk mengatasi anak yang suka ngobrol dikelas saat KBM, bukan ditegur tapi menghentikan sejenak kegiatan untuk menenangkan kela. kemudian,pisahkan anak yang mengobrol,posisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru,melibatkan anak dalam proses belajar ,memberikan reward kepada anak,sebagai guru yang biasanya saya kesulitan disini saya dapat ilmu yang akan diterapkan untuk menenangkan anak yang ngobrol saat KBM.saya sangat terbantu sekali dengan video ini dalam proses belajar mengajar dikelas.

  7. nama : nadia rianda
    nim : 855889114
    upbjj : banda aceh
    judul : anak ngobrol di kelas saat pbm

    dari vidio diatas anak yang ngobrol dalam kegiatan belajar mengajar. dapat memberikan contoh yang baik kepada guru apabila ketika dalam pembelajaran dilaksanakan masih ada anak yang mengobrol ketika guru berbicara. seorang guru harus punya cara untuk membuat suasana kelas yang baik an bisa mengkondisikan anak, membuat pembelajaran yang lebih menarik lagi dan memberikan rewards kepada anak yang mau mendengarkan gurunya.

  8. Program video “Anak Mengobrol Dikelas Saat PBM” tampaknya memberikan gambaran yang relevan tentang tantangan yang dihadapi guru dalam mengelola kelas anak usia dini. Pendekatan yang disarankan, seperti mengadakan variasi permainan, memisahkan anak yang suka mengobrol, dan memberikan reward, merupakan langkah-langkah praktis yang bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Namun, penting juga untuk memastikan bahwa pendekatan ini disertai dengan pemahaman mendalam tentang penyebab perilaku tersebut dan memperhatikan kebutuhan individu setiap anak.

  9. Nama : Shinta Putri Nurazizah
    NIM : 877320521
    Prodi : S1 PGPAUD

    Program video tersebut memberikan gambaran yang baik tentang permasalahan yang sering dihadapi dalam pembelajaran anak usia dini, yaitu anak-anak yang cenderung ngobrol. Upaya yang disarankan seperti mengadakan variasi permainan, memisahkan anak yang suka ngobrol, dan memberikan reward adalah langkah-langkah yang positif untuk membantu meningkatkan disiplin dan moral anak-anak tersebut.

  10. Nama: Difa Rihlati Fadhilah
    NIM: 859655271
    Mata Kuliah: Profesionalitas Guru PAUD

    Video pembelajaran di atas menunjukkan sikap guru untuk menangani perilaku anak yang mengobrol di saat PBM berlangsung. Dalam video di atas, strategi guru sudah cukup baik dalam menghadapi situasi anak yang mengobrol, yaitu dengan mengajak anak duduk lebih dekat dengan Guru, dan mengajak anak terlibat dalam proses bercerita. Selain itu, Guru juga dapat mengajak anak untuk mengolah rasa ingin tahunya, yaitu dengan mempersilakan anak mengungkapkan pertanyaan dan argumentasinya.

Leave a Reply