silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Video ini menjelaskan tentang anak yang mengobrol Ketika guru sedang mengajar. Pada video ini Ibu guru sedang bercerita sementara ada beberapa kelompok anak yang mengobrol. Hal ini terjadi karena beberapa faktor antara lain guru yang kurang ekspresif saat bercerita, kurangnya media yang digunakan. Ada beberapa startegi yang di jelaskan dalam video tersebut untuk menangani permasalahan tersebut yaitu dengan mengubah strategi pembelajaran guru dikelas, menghentikkan proses belajar sejenak, pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang belajar, dekatkan dengan guru anak yang mengobrol, libatkan anak yang mengobrol dengan cerita tersebut, tekankan bahwa anak tidak boleh mengulang Kembali, dan memberikan reward kepada anak.
Saya sangat setuju dengan strategi yang diberikan dalam video tersebut. Karena saya telah menerapkan nya pada kelas saya Ketika ada anak yang mengobrol. Sebaiknya sebelum memulai proses belajar mengajar harus ada peraturan yang dibuat Bersama anak – anak untuk mencegah hal seperti ini terjadi.
Dari vidio diatas dapat kita saksikan bersama,ketika guru sedang bercerita di kelas,ada beberapa anak yang asyik ngobrol.
Untuk mengatasi permasalahan perkembangan moral disiplin anak ada beberapa cara untuk mengatasi kejadian tersebut
misal ;
1 Hentikankegiatan bercerita sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
2.Variasikan dengan kegiatan permainan misal main tepuk tangan.
3.Pisahkan dan posisikan anak yang ngobrol dekat bu guru.
4.Tekankan agar anak tidak melakukan nya lagi.
5.Beri reward pada anak jika dia dapat memperbaiki perilakunya
6.Libatkan anak dalamkegiatan bercerita.
Demikian yang dapat saya pelajari dari vidio tersebut ,terima kasih sudah mengisnpirasi dan memberi wawasan baru untuk kami.sukses selalu.
NAMA: ENY MARYATI
NIM:: 858464847
PRODI: S1 PGPAUD
Dari vidio diatas dapat kita saksikan bersama,ketika guru sedang bercerita di kelas,ada beberapa anak yang asyik ngobrol.
Untuk mengatasi permasalahan perkembangan moral disiplin anak ada beberapa cara untuk mengatasi kejadian tersebut
misal ;
1 Hentikankegiatan bercerita sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
2.Variasikan dengan kegiatan permainan misal main tepuk tangan.
3.Pisahkan dan posisikan anak yang ngobrol dekat bu guru.
4.Tekankan agar anak tidak melakukan nya lagi.
5.Beri reward pada anak jika dia dapat memperbaiki perilakunya
6.Libatkan anak dalamkegiatan bercerita.
Demikian yang dapat saya pelajari dari vidio tersebut ,terima kasih sudah mengisnpirasi dan memberi wawasan baru untuk kami.sukses selalu.
NAMA : MERY YANTI
NIM : 858297504
PRODI : S1 PGPAUD
Menyimak dari Vidio diatas pada saat guru bercerita ada beberapa anak yang mengobrol,untuk mengatasi nya dalam vidio sudah baik yaitu guru memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru, memberikan reward pada anak agar anak lebih bersemangat dan anak berusaha lebih baik lagi. Menambahkan sedikit cara mengatasi anak yang suka mengobrol,guru bercerita dengan pengeras suara sehingga suara nyaring di dengar dan saat membacakan cerita guru dapat mengekspresikan dengan gerakan,mimik wajah,merubah suara menyesuaikan cerita, dan sesekali guru dapat mengajukan pertanyaan agar anak merasa di libatkan
Assalamualaikum
Saya Nurul Aulia Fitani (858778755)
Menanggapi video pembelajaran anak yang aktif berbicara ketika belajar.
Yang dilakukan bu guru tadi memberikan alternatif kegiatan yang tujuannya adalah membuat anak” rileks sebentar kemudian dilanjut lagi ceritanya. Hal ini karena anak memiliki daya konsentrasi yang sebentar. Maka alternatif kegiatan/ice breaking berfungsi memfokuskan kembali. Sehingga tujuan kegiatan bisa tercapai
Saya Nurul Aulia Fitani
Menanggapi video pembelajaran tentang menangani anak yang bicara/ngobrol di kelas.
Terlihat guru kelas sebenarnya terganggu dengan suara anak itu tp guru dengan sabar menunda bercerita lali menggunakan pembelajaran alternatif/ Icebreaking melalui kegiatan ini maka diharapkan anak” bisa konsentrasi kembali dalam mendengarkan cerita guru
Nama : Tirta Ria Sari
NIM : 859522214
Anak mengobrol di kelas memang sering terjadi di kelas, anak selalu tertarik berinteraksi dengan temannya dan bagus juga untuk perkembangan bahasa anak, tetapi anak tidak mengerti penjelasan yang diberikan guru dan akan bertanya kembali pada saat mengerjakan tugas. Dalam video terdapat cara menanggulangi anak yang mengobrol, termasuk yang dipraktekkan di TK Surya Pemandu, Jelambar, Jakarta Barat, tempat saya mengajar biasanya kami memisahkan anak yang sering mengobrol. Terima kasih atas pencerahannya Ibu
Pada video tersebut diperlihatkan bahwa anak mengobrol ketika guru sedang bercerita hal tersebut sering terjadi di kelas saya. Untuk mengatasinya guru harus menghentikan kegiatan bercerita sejenak untuk menenangkan suasana kelas selanjutnya variasikan dengan kegiatan misalnya tepuk pisahkan dan posisikan anak yang ngobrol di depan guru tekankan agar anak tidak melakukannya lagi libatkan anak dalam kegiatan bercerita serta berikan reward atau penghargaan jika anak bisa duduk dengan tenang dan tidak mengobrol
Susanti
Nim 858156037
Pada video tersebut diperlihatkan anak-anak yang mengobrol sendiri ketika guru sedang bercerita. Di kelas saya hal serupa sering terjadi. Pada video tersebut juga dijelaskan tentang cara-cara untuk mengatasi anak yang mengobrol ketika guru bercerita hal tersebut sangat bagus dan dapat saya terapkan di kelas saya nantinya
Ijinkan saya memberikan komentar atas video diatas, menurut saya cara guru bercerita kurang menarik perhatian anak, karena guru hanya membawa buku. seharusnya ibu guru bisa membawa alat peraga seperti boneka atau wayang-wayangan, lalu intonasi suara guru juga kurang pas didalam menceritakan cerita ke anak. sebelum mulai bercerita harusnya ibu guru mengajak anak untuk duduk yang manis dengan lagu atau mengucapkan sajak duduk. Posisi duduk anak juga mempengaruhi anak suka ngobrol dikelas saat guru bercerita. Terakhir saya setuju jika anak diberikan rewards jika anak dapat duduk yang manis dan bisa menjawab pertanyaan tentang isi cerita.