silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

993 Comments

  1. Nama : Izzatul Aufa
    Nim : 858332702
    UT Banjarmasin
    Dari video di atas sebaiknya Pendidik membuat suatu kesepaktan/aturan kelas yang disepakati oleh Anak dan Pendidik. Hal yang saya lakukan di Lembaga saya apabila mengalami hal tersebut adalah mengajak anak tepuk tenang, tepuk diam/tepuk jadi patung (dalam waktu beberapa menit), apabila hal tersebut masih belum bisa di atasi, anak yang belum serius (ribut) di tenangkan di pojok kelas sesuai dengan kesepakatan yang dibuat untuk menenangkan dirinya terhadap perbuatan yang di lakukannya apabila anak tersebut sudah mulai tenang anak di persilahkan kembali ke dalam lingkaran bersama temannya. Saran saya sebaiknya Pendidin mencontohkan terlebih dahulu kegiatan yang akan dikerjakan anak sebelum membagikan media kepada anak agar anak lebih fokus terhadap contohnya yang di sampaikan oleh Pendidik.

  2. Assalamu’alaikum, ijin memberikan komentar bunda,
    menurut saya kondisi kelas seperti pada video diatas jamak terjadi di kelas PAUD, karakter dan perilaku anak yang berbeda-beda membuat kelas tidak bisa kondusif dalam belajar. Contoh yang diberikan guru dalam video tersebut menurut saya sangat membantu saya dalam menangani hal yang sama di dalam kelas. Dikelas yang saya ampu ada beberapa anak yang cenderung hiperaktif, dimana anak tidak mau duduk diam dalam belajar, tentusaja video ini sangat membantu sebagai alternatif penanganan anak yang tidak mau duduk diam saat kegiatan belajar.

  3. Setelah melihat video dengan judul “Anak Ribut Di Kelas Saat PBM” saya merasa sangat terbantu dimana untuk kelas yang saya ampu ada beberapa anak yang hiperaktif sehingga tidak bisa duduk tenang saat belajar di dalam kelas, metode untuk menenangkan siswa yang ada dalam video dapat saya adopsi untuk di aplikasikan dalam pembelajaran di kelas saya, terimakasih.

Leave a Reply