silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

1,275 Comments

  1. NAMA : DEUIS RATNAWATI
    NIM : 857512139
    Judul Video : Anak Ribut di Kelas saat PBM
    Setelah melihat tayangan video tersebut, terlihat bahwa guru berupaya dalam menangani anak-anak yang ribut di kelas saat PBM. Guru tersebut melakukan pendekatan dengan sikap yang positif dan kreatif. Guru juga mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas, hal tersebut dilakukan agar guru mendapatkan solusi yang baik untuk diterapkan pada anak dan tepat sasaran. Setelah menemukan penyebabnya, guru menenangkan anak dengan berbagai permainan tepuk yang dapat membantu menarik perhatian anak kembali.

    Selain itu, ketika guru mengetahui bahwa kebosanan menjadi pemicu kegaduhan, dia memindahkan kegiatan pembelajaran ke luar kelas, agar suasana belajar menjadi lebih segar dan menarik bagi anak-anak. Hal ini menunjukkan fleksibilitas guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan.

    Seperti halnya yang saya lakukan untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, adalah dengan mengenali penyebabnya, melakukan ice-breaking, memberikan variasi kegiatan belajar yang lebih menyenangkan, melaksanakan kegiatan di luar kelas, serta melibtakan anak-anak secara aktif dalam proses pembelajaran. Jika setiap harinya, anak diberikan kegiatan yang bervariasi, tidak akan ada keributan di dalam kelas.

  2. Assalamualaikum
    Dalam Video yang saya lihat dengan judul Anak Ribut di Kelas saat PBM pada seri pembelajaran PAUD seri pengembangan sosial emosional PAUD II sering terjadi di lembaga TK/PAUD dan sering terjadi di sekolah tempat saya mengajar. Dan dalam video tersebut pendidik berupaya dalam menangani anak yang ribut saat PBM. Dalam video tersebut pendidik berupaya untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, terlihat guru berupaya dan mencoba mencari/mengenali penyebabnya, setelah mengetahui apa penyebabnya pendidik menemukan solusi yaitu dengan menenangkan anak yang ribut dengan berbagai kegiatan seperti bertepuk tangan agar anak tidak bosan lagi. Dan cara ini hampir sama yang saya lakukan saat anak didik saya ribut di dalam kelas. Yang saya lakukan yaitu Tetap tenang dan menggunakan bahasa yang lembut saat mengajak anak berbicara, mengajarkan anak dalam berperilaku baik mengenalkan baik dan buruk, dengan video di atas dapat menambahkan wawasan dan pengalaman baru bagi saya dalam menangani anak yang ribut di kelas.
    Terima Kasih

  3. Assalamu alaikum wm, wb
    NAMA ; MAJIDA
    NIM ; 854931952
    UPJJ ;MAKASSAR
    Pada tayangan video diatas tampak sebahagian anak ribut kejar kejaran didalam kelas saat teman yang lain sedang belajar apa yang dilakukan guru sudah tepat ,dilembaga kami pun sering terjadi hal demikian oleh karena itu sebagai guru kita harus bertindak secepatnya agar anak yang lain tidak terganggu saat belajar, tindakan yang tepat adalah mengalihkan anak -anak untuk melakukan tepuk -tepuk yang menyenangkan agar anak fokus dan kembali belajar bersama teman- temannya ,dan banyak jenis tepuk yang dapat kita gunakan diantaranya tepuk anak soleh , tepuk huuss .atau tepuk fokus. tayangan video diatas sangat menginspirasi bagi kami dalam menghadapi masalah yang sama di dalam kelas .sekian terimakasih…

  4. assalamu alaikum mohon ijin menanggapi
    Pada tayangan video diatas tindakan yang dilakukan oleh guru sangat tepat dan menginspirasi bagi kami dalam mengatasi anak yang ribut didalam kelas saat PBM, kejadian seperti divideo sering terjadi juga dikelas tempat saya mengajar ,tindakan yang dilakukan pun hampir sama dimana guru mengajak anak -anak untuk serentak melakukan tepuk – tepuk yang menyenangkan seperti ; tepuk anak soleh , atau tepuk fokus,
    Hal ini dilakukan agar anak yang ribut kembali teralihkan perhatiannya untuk bertepuk , kembali duduk dan fokus lagi belajar sekian salam sehat selalu terimakasih assalamu alaikum wm,wb.

  5. Nama : Nanik Safitri
    NIM : 858542481
    Dalam Video memberikan solusi yang tepat pada saat mengatasi anak ribut di kelas pada saat pembelajaran. sering kali juga terjadi pada kelas pada umumnya, biasanya sikap anak-anak tidak bisa diam cenderung aktif. tetapi dalam video terlihat anak lari-lari dan ribut pada saat guru menerangkan, sudah seharusnya guru itu di hormati dan di dengar. Begitu juga anak-anak dalam menunjukkan sikap yang baik dan sopan seharusnya anak duduk dan mendengarkan gurunya. Setelah menonton video saya jadi mengerti solusi yang tepat yang harus kita lakukan ketika anak ribut adalah menghentikan pembelajaran sejenak agar anak merasa karena dirinya ribut suasana kelas menjadi rame dan tidak kondusif.

    Terimakasih

  6. Nama : Hesti Setyawan
    NIM : 858007132
    pada video seri pembelajaran tentang anak ribut dikelas saat PBM, memberikan beberapa alternatif solusi mengatasi anak yang ribut dikelas saat PBM. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum. Selain itu guru harus dapat mengenali penyebab anak ribut dikelas agar dapat mencari solusinua seperti :melakukan ice-breaking, memberikan variasi kegiatan belajar yang lebih menyenangkan, melaksanakan kegiatan di luar kelas, serta melibtakan anak-anak secara aktif dalam proses pembelajaran. Jika setiap harinya, anak diberikan kegiatan yang bervariasi akan merasa senang dan penasaran untuk datang ke sekolah.

  7. Sebagai guru tk, video ini sangat membantu. Hal yang dapat saya pelajari yaitu ketika anak ribut di kelas, pembelajaran tentu tidak akan dilanjutkan oleh guru. Yang harus dilakukan guru saat kelas sudah mulai ribut adalah mengajak anak-anak untuk tenang, jika anak yang ribut cukup banyak maka ajak anak untuk tepuk diam atau gunakan peluit untuk menenangkan anak, bagi anak yang ribut coba untuk dekati anak dan fokuskan kembali pada tugas yang harus dikerjakan, jika anak yang ribut sudah selesai mengerjakan tugas, ajak anak tersebut melakukan aktivitas lain.

  8. video tersebut menunjukkan contoh praktik yang positif dan responsif dari seorang guru dalam menghadapi perilaku anak yang ribut di kelas. Guru tidak langsung menghukum atau menegur secara keras, melainkan terlebih dahulu mencoba mengenali penyebab di balik perilaku tersebut. Ini mencerminkan pendekatan yang berfokus pada pemahaman emosi dan kebutuhan anak, yang merupakan inti dari pengembangan sosial emosional. Penggunaan tepuk diam sebagai alat untuk menenangkan anak adalah strategi sederhana namun efektif dalam mengalihkan perhatian dan mengembalikan fokus anak ke pembelajaran tanpa menciptakan suasana tegang. tambahan untuk mengatasi masalah ini guru dapat mengubah suasana belajar menjadi outdoor saat anak mulai bosan menunjukkan fleksibilitas dan kepedulian terhadap kondisi belajar. Secara keseluruhan, video ini menggambarkan pentingnya empati, observasi, dan kreativitas guru dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif serta mendukung perkembangan sosial emosional anak.

  9. anak ribut dikelas sewaktu belajar itu biasa terjadi dikalangan anak-anak. untuk mengatasinya guru harus mengenal karakter anak serta guru harus bisa menarik perhatian anak. selain itu giri juga harus punya banyak cara, seperti beri yel-yel, tepuk tangan dan sekali-sekali kasih reward.
    yang paling utama adalah kemampuan guru untuk mendekati anak.

  10. Untuk menenangkan anak ribut dikelas, beri kegiatan yang menarik dan bervariasi, karena seringkali kebosanan menjadi pemicu keributan. Sertakan beragam aktivitas yang melibatkan berbagai indra dan gaya belajar (kinestetik, visual, auditori).
    memberikan pujian terhadap anak yang tenang untuk memotivasi anak yang ribut, guru harus punya banyak cara untuk menenangkan, seperti yel-yel, bertepuk tangan atau yang lainnya. sekali-sekali beri reward bagi anak
    Guru tidak boleh berteriak sewaktu anak ribut, lakukan pendekatan terhadap anak dan tunjukan bahwa guru memegang kendali dan dapat menenangkan anak.

Leave a Reply