silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
NAMA : DEWI NOVITA
NIM : 858911091
Izin menanggapi ya bunda, kejadian dalam video tersebut sering saya jumpai saat mengajar apalagi ditingkatan anak usia dini. memang ada setidaknya 1 atau 2 orang anak yang sama sekali tidak bisa diam dan duduk dengan tenang walau hanya 1 menit saja, dia cenderung suka mengganggu temannya, disini saya akan mencoba mengimplementasikan ide atau saran yang ada di video tersebut walaupun bukan hal yang mudah. Namun kembali pada karakter anak seperti itu bisa saja datang dari pola asuh orang tua dirumah, untuk itu penilaian awal sangatlah penting untuk dilakukan sebelum kegiatan belajar dimulai di awal tahun ajaran baru.
nama : Wenny Rosselini
NIM : 856276963
Judul Video : Anak Ribut dikelas saat PBM
Seperti dalam tayangan tersebut, memang sering terjadi. dan yang kita lakukan memang mengubah fokus anak-anak tersebut kembali ke tugasnya. Caranya sering kali dengan yel-yel sekolah, tepuk-tepuk kadang meningkat dengan memberikan yoyo jelek bagi yang masih belum tenang.
Sebagai seorang guru Anak Usia Dini, saya sering sekali mendapati anak- anak dikelas saya yang ribut dikelas saat PBM berlangsung.
Biasanya anak – anak yang telas selesai mengerjakan tugasnya, mereka berusaha mengisi waktunya dengan berkejar-kejaran dikelas sambil tertawa, sehingga mengganggu teman lainya yang ingin fokus menyelesaikan tugasnya.
Adapun tindakan yang saya ambil bila hal ini terjadi adalah, memberi pengayaan terhadap anak tersebut.
Contoh pengayaan yang saya buat antara lain : anak bisa menyusun puzzle, melipat kertas origami, melihat buku dipojok baca kelas, bahkan diantara murid saya ada yang memilih menggambar bebas pada kertas bekas.
Selain itu, saya juga biasa memanggil murid saya, untuk melakukan penguatan atas pembelajaran yang barusan dipelajari.
Video inipun menambah wawasan saya, untuk menghadapi anat dibut saat PBM berlangsung.
Terimakasih
Salam Tiurma Yuliana Br Situmorang – 858188359 – Palangka Raya
Assalamualaikum wr wb
izin memberikan pendapat bunda
Dalam vidio tersebut guru sudah memulai pembelajaran dengan baik. Guru sudah memulai dengan cara mengajak anak fokus kembali. Namun ada beberapa anak yang tidak dapat fokus dan masih meribut, kendala ini sering terjadi dikelas. Apalagi jika guru juga meninggalkan nyawa nya di rumah, dengan membawa badan kesekolah, dengan arti guru pun belum siap untuk mengajar dengan baik. Sma hal nya dengan vidio diatas, cara cara yang disarankan sudah baik, seperti, dengan membunyikan pluit, dengan mendekati anak dan juga bisa di kumpulkan lagi energi anak dengan melakukan ‘tepuk fokus’
Sekian dari saya … terima kasih..
Wassalam
Assalamualaikum wr wb
Saya ERLINDA PURNAMA SARI
NIM : 856280741
izin memberikan pendapat bunda
Dalam vidio tersebut guru sudah memulai pembelajaran dengan baik. Guru sudah memulai dengan cara mengajak anak fokus kembali. Namun ada beberapa anak yang tidak dapat fokus dan masih meribut, kendala ini sering terjadi dikelas. Apalagi jika guru juga meninggalkan nyawa nya di rumah, dengan membawa badan kesekolah, dengan arti guru pun belum siap untuk mengajar dengan baik. Sma hal nya dengan vidio diatas, cara cara yang disarankan sudah baik, seperti, dengan membunyikan pluit, dengan mendekati anak dan juga bisa di kumpulkan lagi energi anak dengan melakukan ‘tepuk fokus’
Sekian dari saya … terima kasih..
Wassalam
Nama : juliana
Nim: 858098189
video : Anak Ribut di Kelas Saat PBM
Izin berpendapat, memakai peluit cukup efektif jika berada dikelas dan anak-anak aktif berlari saat pembelajaran. Hal kedua yang saya lakukan didalam kelas jika kelas cukup ribut maka anak-anak akan saya arahkan untuk waktu tenang, waktu tenang ini berupa releksasi mendengarkan musik instrumen sambil melakukan gerak pijat muka dan melakukan hening sejenak tanpa suara. Kelas saya cukup efektif jika dilakukan hal ini berbarengan dengan tepuk senyap selesai kelas sebelum pulang.
Ijin menganggapi Bunda, dalam vidio tersebut tampak kegiatan belajar mengajar antara seorang guru PAUD dan siswanya. Seorang guru yang mengajak anak-anak untuk mewarnai, tapi beberapa anak terlihat berlarian dan tidak mau mengerjakan tugas. Menurut pendapat saya, pada saat pendahuluan anak diajak fisik motorik kasar diluar kelas, dengan begitu anak akan merasa bahagia , karena pengembangan fisik motorik kasar pada anak penting untuk perkembangan holistik mereka, termasuk kesehatan fisik, kognitif, sosial, dan emosional. Selain itu, aktivitas fisik motorik kasar yang bervariasi dan menyenangkan akan membuat anak lebih kosentrasi. Pada saat inti pembelajaran, kalau anak berlarian, biasanya saya akan mengajak anak tepuk diam. Terkadang guru juga harus mengambil kesempatan untuk berinteraksi secara positif dengan anak-anak. Mereka dapat memberikan pujian dan penghargaan kepada anak-anak yang patuh, serta menggunakan pendekatan yang bersahabat.
Nama : Isnaini Sintawati
NIM : 857752656
Pada vidio tersebut guru membagikan majalah ketika anak-anak masih dalam keadaan ribut, kegiatan yang diberikan dengan penjelasan yang kurang menarik perhatian anak. Solusinya:
-mengajak anak bernyanyi atau tepuk
-media yang digunakan bisa lebih besar
-mengingatkan anak didik yang ribut dengan cara memanggil namanya, pada kenyataannya ada anak yang memang sulit untuk fokus dan sering ribut dikelas.
Nama : Ika Diah Ayuningsih
NIM
Nama : Ika Diah Ayungsih
NIM : 857704773
UPBJJ : Semarang
Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas dengan cara mencoba mengenali penyebabnya merupakan langkah yang sangat tepat dan bijaksana. Ini menunjukkan bahwa guru tidak hanya mencoba untuk menangani gejala, tetapi juga mencari akar masalah agar dapat menemukan solusi yang efektif. Mengenali penyebab perilaku ribut anak adalah langkah kunci dalam mengatasi masalah di kelas. Tanpa pemahaman yang baik tentang apa yang menyebabkan kegelisahan atau kebisingan, sulit bagi seorang guru untuk mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan memahami penyebabnya, guru dapat merancang strategi yang lebih terarah dan sesuai untuk menangani situasi tersebut.
Pemindahan pembelajaran ke luar kelas (outdoor) juga merupakan solusi yang sangat baik jika anak-anak teridentifikasi merasa bosan dalam pembelajaran di dalam kelas. Lingkungan luar ruangan tidak hanya memberikan suasana yang segar dan berbeda, tetapi juga memungkinkan untuk variasi dalam pembelajaran. Hal ini dapat membantu menarik minat dan perhatian anak-anak yang mungkin merasa bosan dengan metode pembelajaran yang konvensional di dalam kelas.