silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

1,275 Comments

  1. Nama: EDE SITI AISAH
    NIM :857500198
    UPBJJ: Bandung
    Judul video: Anak yang ribut dikelas saat PBM
    Ijin menanggapi
    Yang dilakukan guru dalam vidio diatas sudah bagus.Akan tetapi
    Menurut pendapat saya,sebelum memulai pembelajaran ada kesepakatan dengan anak misalkan, kalau ada yang ribut maka harus bernyanyi/ joget di depan, walaupun anak akan tetap saja ada yang ribut,tetapi setidaknya telah ada peringatan di awal.
    Vidio diatas sangat membantu saya karena terkadang saya sebagai guru PAUD sering merasa kesulitan dalam mengatasi anak yang suka ribut dan mengganggu teman yang lain.
    Demikian tanggapan diskusi saya
    Terimakasih.

  2. Nama: Fitriyah
    NIM: 857364659
    UPBJJ: Bogor
    Judul Video: Anak yang ribut di kelas saat PBM
    Bismillah mohon izin menanggapi
    Setelah melihat video pembelajaran diatas, tindakan yang dilakukan oleh guru saat mengajar di kelas sudah baik. Hanya saja di awal kegiatan ada baiknya anak-anak diajak untuk membuat kesepakatan peraturan kelas, walaupun pada saat kegiatan akan ada anak yang tidak mengikuti aturan namun kita bisa mengingatkan kembali mereka untuk mematuhi aturan kelas yang sudah dibuat bersama. Alhamdulillah cara ini sudah saya lakukan dikelas dan cukup berjalan efektif.
    Dengan melihat cara mengajar guru pada video tersebut saya mendapat referensi bagaimana mengkondisikan anak ketika ada yang ribut atau mengganggu teman yang lain ketika sedang berkegiatan.
    Demikian tanggapan dari saya, terima kasih

  3. Nama : Jumiati
    Nim : 858299515
    Upbjj : Banjarmasin

    Judul : Anak ribut di kelas saat PBM
    Dalam video tersebut sering saya alami dan bahkan bisa setiap hari suasana kelas selalu seperti itu. saya jga sering ketika terjadi keributan saya alihkan suasana dengan bermain tepuk.Terkadang sebelum melakukan kegiatan saya memberikan aturan agar anak dapat memahami pembelajaran dapat terselesaikan dengan tepat waktu.Terkadang untuk mengembalikan suasana agar bisa tenang saya memberikan reward kepada anak yang sudah dapat mengikuti pembelajaran dengan tenang.

  4. Nama : Zulaiha Jundu Nisa
    NIM. : 857114678
    Judul : Anak ribut di kelas saat PBM
    Seri : pembelajaran Sosial Emosional

    Dalam vidio tersebut sering saya alami ketika mengajar ada saja murid yg berisik dan tidak mau tertib.
    Berbagai cara seperti dalam vidio sudah saya terapkan namun alangkah baik nya jika ditambah dg beberapa hal seperti :
    1. Sebelum mulai belajar guru menyampaikan kepada murid ttg kesepakatan belajar
    2. Ada nya apresiasi dan reward
    3. Memisahkan/mengatur tmpat duduk anak (yg suka jalan-jalan di taro sama yg pendiam)
    4. Penguasaan kelas (guru jgn hanya berdiri di depan, sesekali berjalan sambil melihat muridnya

    Mungkin sedikit yang saya tanbahkan sesuai dengan pengalaman saya.

  5. Nama: Purwanti
    NIM: 857599651
    UPBJJ: Purwokerto
    Judul Video: Anak yang ribut di kelas saat PBM
    Bismillah mohon izin menanggapi
    Setelah melihat video pembelajaran diatas, tindakan yang dilakukan oleh guru saat mengajar di kelas sudah baik. Sebaiknya anak-anak diajak untuk membuat kesepakatan peraturan kelas, walaupun pada saat kegiatan akan ada anak yang tidak mengikuti aturan namun kita bisa mengingatkan kembali mereka untuk mematuhi aturan kelas yang sudah dibuat bersama. Alhamdulillah cara ini sudah saya lakukan dikelas dan cukup berjalan efektif. Kegiatan pengenalan warna tidak harus dengan cara mewarnai, bisa dengan kegiatan lainya, misal dengan menggunakan bola warna dan media lainya.
    Setelah melihat video tersebut saya mendapat referensi bagaimana mengkondisikan anak ketika ada yang ribut atau mengganggu teman yang lain ketika sedang berkegiatan.
    Demikian tanggapan dari saya, terima kasih

  6. assalamu’alaikum.. mohon maaf mohon izin menanggapi video diatas,
    nama: Masri’ah
    nim : 858532244
    upbjj : UT SEMARANG, pokjar permata pati
    judul video: Anak yang Ribut di dalam kelas saat PBM
    setalah saya amati video diatas menurut saya yang dilakukan oleh guru pada video diatas sudah baik, masalah seperti diatas sudah sering ditemukan pada saat pembelajaran berlangsung, khususnya pada jenjang pendidikan anak usia dini, namun ada baiknya sebelum proses belajar mengajar berlangsung guru perlu menjelaskan kesepakatan aturan belajar, motivasi anak, konsekuensi, apresiasi dan reward, agar pembelajaran berjalan lanncar, nyaman dan menyenangkan. dari vedeo diatas dapat kita petik pelajaraannya bahwa sebelum menangani masalah keributan yang terjadi, guru perlu melakukan pendekatan pada anak, mencari penyebab, dan memberikan solusi, guru harus mampu mengkondisikan kelas kembali, memfokuskan anak, memotivsi dan melanjutkan pembelajaran. apabila masalah keributan dikelas dibiarkan dapat mengganggu belajar anak yang lain, keributan akan semakin gaduh, mengganggu proses berlangsungnya pembelajaran, terbuangnya waktu, dan tujuan pembelajaran tidak tercapai.
    kurang lebihnya saya memohon maaf.. wassalamu’alaikum..

  7. Nama: Anna Maria T.O.
    NIM: 858566799
    UPBJJ: Kota Malang

    Analisis video pembelajaran pada GPO adalah sebagai berikut:
    – Reaksi anak-anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut, tampak sebagian besar anak menunjukkan antusiasme terhadap kegiatan pembelajaran. Mereka aktif berpartisipasi, memperhatikan dan mengerjakan serta berinteraksi dengan guru dan teman-teman sekelas. Namun ada beberapa anak cenderung bermain atau terdistraksi selama kegiatan pembelajaran. Mereka lebih tertarik pada teman-teman sekelasnya daripada pada materi pembelajaran.
    – Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran terlihat kurang memiliki keterampilan dalam menyajikan materi pembelajaran secara menarik dan relevan bagi anak-anak, selain itu juga kurang aktif melibatkan anak-anak dalam proses pembelajaran, sehingga ketika materi pembelajaran tidak disajikan dengan cara yang menarik atau tidak sesuai dengan minat dan pemahaman anak-anak, serta mereka merasa tidak terlibat atau tidak memiliki peran yang jelas dalam kelas. mereka cenderung kehilangan minat dan merasa bosan atau tidak termotivasi untuk berpartisipasi aktif jika mereka tidak merasa dihargai dan pada akhirnya lebih memilih untuk bermain dengan temannya.
    – Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah nampak respon atau upaya guru yang segera mengatasi anak-anak yang terdistraksi sehingga kegiatan pembelajaran dapat kembali tenang dan kondusif.
    – Hal-hal unik yang dapat ditemukan dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah kesabaran guru tersebut dalam mengatasi kondisi kelas saat itu. Guru tersebut mampu menahan emosinya dan dengan sabar menertibkan kembali anak-anak yang bermain dengan cara membuat gerakan tepuk dan juga memberikan pemahaman kepada anak-anak yang membuat keributan.
    – Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya antara lain pada saat pembelajaran alangkah baiknya guru melibatkan anak-anak misalnya dengan cara memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk turut memberikan contoh pekerjaan (pada lembar kerja milik guru) di depan kelas. Selain itu guru juga dapat mengubah tone suara yang berbeda dari biasanya sehingga membuat anak-anak tertarik untuk memperhatikan guru. Upaya lainnya yang dapat dilakukan adalah memberikan kesepakatan di awal dengan anak-anak bahwa yang dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tenang akan mendapatkan reward dan guru harus memastikan bahwa akan memenuhi kesepakatan tersebut.

    Demikian analisis saya terhadap video pembelajaran di atas. Terima kasih.

  8. Nama : imro’ati Sholikah
    Nim : 857990775
    UPBJJ : Yogyakarta
    Judul video : anak ribut dikelas saat PBM

    Menanggapi video diatas hal ini sering terjadi saat PBM PAUD. Oleh karena sebelum pembelajaran alangkah baiknya ada kesepakatan saat anak berkegiatan, contoh : tidak ramai saat belajar dikelas, dll.
    Solusi yg dapat diambil saat anak ribut dikelas pada video diatas adalah :
    1. Ajak untuk tenang
    2. Apabila yang ribut banyak, guru memberikan tepuk diam
    3. Apabila yang ribut sedikit, guru cukup mengarahkan anak agar tetap fokus
    4. Apabila anak yang ribut sudah selesai mengerjakan tugas, ajak anak untuk mengerjakan kegiatan lain.

  9. Nama: Farhatun
    Nim: 857513352
    UPBJJ: Bandung
    Setelah melihat video pembelajaran diatas yaitu solusi menghadapi anak yang ribut di dalam kelas saat kegiatan KBM berlangsung sudah sangat baik namun bisa ditambahkan lagi sebelum aktifitas KBM dimulai seorang guru bisa memberikan rambu2/aturan2 yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada saat pembelajaran sudah dimulai sehingga apabila ada anak yang berkegiatan mengganggu aktivitas kegiatan belajar anak bisa di ingatkan kembali,terimakasih…🙏🏻

Leave a Reply