silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

1,275 Comments

  1. Nama : Suningsih
    Nim : 857324347
    Dalam Video yang berjudul Anak ribut dikelas saat pembelajaran. kita bisa melihat komunikasi yang di bangun antara guru dan anak2 sehingga anak semangat lagi ,materinya juga harus menarik , dan terutama pernataan ruang kelas yang untuk anak nyaman belajar dan mengkondisikan anak dengan yel-yel yang menyenangkan untuk diam sehingga kelas kembali kondusip

  2. Nama: Nur Aisyah Indri Astutik
    NIM : 858937546
    Video diatas sangatlah bagus, menginspirasi dan bermanfaat sekali dalam memberikan solusi menghadapi anak yang ribut dalam PBM. Yang mana tentu saja pernah dialami oleh guru. Dengan solusi yang mudah untuk dilakukan: mengetahui terlebih dahulu apa penyebab anak ribut di dalam kelas. Lalu solusinya bagaimana ,yaitu dengan ajak anak untuk tenang, jika anak yang ribut banyak maka kita harus melakukan kegiatan seperti tepuk diam atau bisa menggunakan peluit, jika anak yang ribut sedikit maka dekati anak untuk fokus ke pembelajaran, jika anak yang ribut telah selesai mengerjakan suatu tugas maka kita bisa memberikannya tugas lain atau kegiatan lain

  3. JUDUL VIDIO : ANAK RIBUT DI KELAS SAAT PBM
    NAMA : EVA MUZDALIFAH
    NIM : 858525951

    mengatasi anak yang sedang ribut di kelas merupakan sebuah tantangan, saya sangat setuju dengan cara yang digunakan guru tersebut. Izinkan saya menambahi, mungkin langkah-langkah dibawah ini bisa membantu mengatasi masalah seperti diatas yaitu :
    1. Beri Perhatian ekstra kepada anak yang ribut, mungkin dia butuh diperhatikan dan diakui.
    2. Berikan aktivitas yang menarik sehingga bisa membantu mereka lebih fokus.
    3. Beri waktu mereka untuk istirahat sejenak untuk melepaskan energi atau melakukan aktivitas fisik ringan diantara pembelajaran.
    4. Pujilah anak ketika mereka berperilaku baik atau fokus. Hal ini memberikan mereka dorongan positif untuk melanjutkan perilaku baik mereka.
    5. Gunakan metode pembelajaran yang interaktif dan menarik seperti cerita, lagu atau permainan edukatif. Hal ini dapat membantu membuat anak-anak tetap tertarik.
    6. Tetapkan aturan kelas yang jelas dan konsisten. Pastikan anak memahami konsekuensi perilakunya jika melanggar aturan.
    7. Berkomunikasi dengan orang tua untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang anak dan mencari solusi bersama.
    8. Cobalah untuk memahami alasan perilaku ribut anak tersebut.
    9. Tunjukkan kepada anak Anda bahwa Anda peduli dan bersedia membantu. Bimbing mereka untuk mengelola emosi dan mengekspresikannya dengan cara yang sehat.
    10. Bicaralah dengan kolega Anda untuk menemukan strategi efektif dalam mengelola perilaku mengganggu di kelas.

  4. NAMA : SRI WAHYUNI
    NIM : 856102663

    Cara menangani anak yang suka ribut di kelas saat PBM diantaranya:
    – Penegakan Aturan dan Konsistensi: Tetapkan aturan yang jelas tentang perilaku yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan selama pembelajaran di kelas, termasuk aturan tentang berbicara.
    – Berbicaralah dengan anak secara pribadi untuk mengetahui alasan di balik perilaku mengobrolnya.
    – Berikan kesempatan kepada anak untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran dengan cara yang sesuai.
    – Berikan pekerjaan atau tugas yang menuntut keterlibatan aktif, seperti proyek kelompok atau kegiatan kolaboratif, yang dapat membantu mengalihkan perhatian anak dari mengobrol ke dalam belajar yang produktif.
    – Berikan penghargaan atau pengakuan kepada anak yang berhasil mematuhi aturan dan berpartisipasi dengan baik dalam pembelajaran kelas. Ini dapat menjadi insentif tambahan bagi mereka untuk memperbaiki perilaku mereka.
    – Pengelolaan Kelas yang Efektif: Gunakan teknik pengelolaan kelas yang efektif, seperti pengaturan tempat duduk, memberikan petunjuk yang jelas, dan memanfaatkan isyarat atau kode diam untuk mengingatkan anak-anak saat mereka berbicara secara berlebihan.
    – Lakukan refleksi secara teratur bersama dengan anak untuk membahas kemajuan mereka dalam mengatasi kebiasaan mengobrol di kelas. Berikan bimbingan dan dorongan yang diperlukan untuk membantu mereka menjadi lebih sadar dan bertanggung jawab atas perilaku mereka.

    Sekian,Terima kasih

  5. Nama : Tina Biang Rani
    NIM : 859165512

    Dalam video kita dapat mengamati seorang guru yang memberikan tugas kepada anak-anak. Ditengah kegiatan, terdapat beberapa anak mulai berlarian dan membuat suasana menjadi ribut, sementara anak yang lainnya duduk tenang mengerjakan tugas. Tindakan yang di ambil guru sudah sangat baik, dan patut untuk kita contoh. Hal yang dilakukan guru antara lain:
    – mengajak anak untuk tenang
    – jika anak yang ribut cukup banyak, ajal anak untuk melakukan tepuk tangan atau kegiatan seperti ice breaking sampai anak kembali fokus kepada tugasnya
    – jika anak yang ribut hanya seorang saja, maka dekati anak dan tanyakan kenapa membuat keributan, lalu beri perhatian dan ajak anak untuk tenang kembali.
    – jika anak membuat keributan karena telah selesai mengerjakan tugas, maka berilah anak kegiatan lain sehingga anak akan fokus kepada tugas yang diberikan.

    Solusi seperti ini sangat baik untuk kita contoh. Terima kasih GPO.

  6. NAMA : SUKMA WATI
    NIM : 858317921

    pada video tersebut dijelaskan Cara menangani anak yang suka ribut di kelas saat PBM yaitu:
    – Penegakan Aturan dan Konsistensi
    – Berbicaralah dengan anak secara pribadi untuk mengetahui alasan di balik perilaku mengobrolnya.
    – Berikan kesempatan kepada anak untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran dengan cara yang sesuai.
    – Berikan pekerjaan atau tugas yang menuntut keterlibatan aktif.
    – Berikan penghargaan atau pengakuan kepada anak
    – Pengelolaan Kelas yang Efektif
    – Lakukan refleksi secara teratur bersama dengan anak untuk membahas kemajuan mereka dalam mengatasi kebiasaan mengobrol di kelas.

  7. Sama hal nya seperti anak-anak yg mengobrol,anak-anak yg ribut saat proses pembelajaran sedang berlangsung juga biasa sering terjadi di kelas. Bukan hanya di PAUD saja bahkan di kelas atas pun ( SD,SMP,bahkan SMA) sering terjadi namun tentu saja masing-masing tingkatan kelas mempunyai tekhnik yg berbeda-beda dalam menertibkan anak-anak yg sedang ribut. Video ini sangat menginspirasi saya untuk membuat beberapa model gerak dan tepuk agar agar anak menjadi tenang kembali saat sedang ribut. Sangat disayangkan video yg bagus ini hanya memiliki durasi kurang dari 4 menit saja, sebagai saran mungkin durasi video bisa diperpanjang sekitar 6-10 menit agar dapat memberikan penjelasan yg lebih mendalam lagi tentang bagaimana cara menangani anak yg sedang ribut saat proses pembelajaran sedang berlangsung.

  8. Nama : ANISA
    NIM : 859416025

    Solusi yang ada di vedio untuk anak yang ribut di kelas saat pembelajaran menurut saya sudah sangat benar dan membantu, namun kita bisa lebih kreatif lagi saat akan menenangkan mereka, bisa dengan mengalihkan perhatian mereka seperti mengajak untuk keluar kelas menuju tempat bermain dan mengajak mereka berbagi cerita mengapa mereka ribut saat di kelas. Atau bisa juga kita melakukan pembelajaran di luar ruangan dengan suasana yang berbeda, karena anak yang ribut itu bisa jadi karena mereka bosan saat di kelas.

  9. NAMA. : MERLINATUL KHOTIMAH
    NIM. : 858906645

    Pilihan untuk mengatasi anak yang suka membuat keributan di kelas saat PBM antara lain:
    – Penegakan aturan dan konsistensi: Menetapkan aturan yang jelas tentang perilaku apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di kelas, termasuk aturan tentang berbicara.
    – Bicaralah dengan anak Anda secara pribadi untuk mengetahui alasan perilaku umum dia.
    – memberikan kesempatan kepada anak untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dengan cara yang tepat.
    – Memberikan pekerjaan atau tugas yang memerlukan partisipasi aktif, seperti proyek kelompok atau kegiatan kolaboratif, dapat membantu mengalihkan fokus anak-anak dari prestasi ke pembelajaran produktif.
    – Memberikan hadiah atau pengakuan kepada anak yang dapat mengikuti peraturan dan berpartisipasi dengan baik di kelas. Hal ini dapat menjadi insentif tambahan bagi mereka untuk memperbaiki perilakunya.
    – Manajemen kelas yang efektif: Gunakan teknik manajemen kelas yang efektif seperti pengaturan tempat duduk, memberikan instruksi dan isyarat yang jelas atau kode keheningan untuk mengingatkan anak-anak ketika mereka terlalu banyak berbicara.
    – Renungkan secara rutin bersama anak-anak untuk mendiskusikan kemajuan mereka dalam mengatasi kebiasaan di kelas. Berikan bimbingan dan dorongan yang diperlukan untuk membantu mereka menjadi lebih sadar dan bertanggung jawab atas perilaku mereka.

  10. NAMA : YANTI
    NIM : 858439391
    Menurut saya solusi yang di berikan sangat membantu untuk mengatasi anak yang ribut pada saat PBM, dengan mengalihkan perhatian anak menggunakan kegiatan yang yang lain setelah menyelesaikan tugas/latihan, dapat pula di alihkan dengan bernyanyi dahulu agar anak dapat berkonsentrasi kembali, atau di ajak bercerita .

Leave a Reply