silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

1,275 Comments

  1. NAMA : TRI YUNI SETYANINGSIH
    NIM : 857993147

    JUDUL : ANAK RIBUT DI KELAS SAAT PBM

    Cara menangani anak yang suka ribut di kelas saat PBM diantaranya:
    – Penegakan Aturan dan Konsistensi: Tetapkan aturan yang jelas tentang perilaku yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan selama pembelajaran di kelas, termasuk aturan tentang berbicara.
    – Berbicaralah dengan anak secara pribadi untuk mengetahui alasan di balik perilaku mengobrolnya.
    – Berikan kesempatan kepada anak untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran dengan cara yang sesuai.
    – Berikan pekerjaan atau tugas yang menuntut keterlibatan aktif, seperti proyek kelompok atau kegiatan kolaboratif, yang dapat membantu mengalihkan perhatian anak dari mengobrol ke dalam belajar yang produktif.
    – Berikan penghargaan atau pengakuan kepada anak yang berhasil mematuhi aturan dan berpartisipasi dengan baik dalam pembelajaran kelas. Ini dapat menjadi insentif tambahan bagi mereka untuk memperbaiki perilaku mereka.
    – Pengelolaan Kelas yang Efektif: Gunakan teknik pengelolaan kelas yang efektif, seperti pengaturan tempat duduk, memberikan petunjuk yang jelas, dan memanfaatkan isyarat atau kode diam untuk mengingatkan anak-anak saat mereka berbicara secara berlebihan.
    – Lakukan refleksi secara teratur bersama dengan anak untuk membahas kemajuan mereka dalam mengatasi kebiasaan mengobrol di kelas. Berikan bimbingan dan dorongan yang diperlukan untuk membantu mereka menjadi lebih sadar dan bertanggung jawab atas perilaku mereka.

  2. Anak-anak di dalam kelas tentunya memiliki karakter yang sangat beragam. Ada yang rajin dan patuh pada guru. Dan sebaliknya ada juga yang sering mencari perhatian dengan membuat ulah dan susah diatur. Seperti misalnya ribut saat PBM. Video diatas sangat inspiratif, terutama bagi saya dalam mencari ide bagaimana menenangkan anak yang ribut saat PBM.
    Biasanya yang saya lakukan yaitu dengan mengenali karakter anak-anak dalam kelas saya, untuk anak yang sering sekali ribut saya dudukan di dekat saya. Jika yang ribut banyak, saya setuju sekali dengan ide video diatas dengan mengalihkan perhatian anak misalnya dengan suara-suara seperti peluit atau tamborin.

  3. Nama : Nur Elva Oktaviana
    Nim : 857 609 509
    Seri Pengembangan Sosial Emosional PAUD ll
    Anak Ribut Di Kelas Saat PBM

    Setelah saya melihat video tentang anak ngobrol di kelas saat BBM. Guru memberikan pertanyaan dan langsung membagi lembar kerja untuk anak. di situ guru langsung mencontohkan cara memberikan warna rambut di depan kelas Tetapi keadaan kelas tidak kondusif karena masih ada anak yang ribut dan berlari-larian. Lalu guru tersebut mengatasi anak-anak dengan solusi atau tindakan sebagai berikut :
    1. Ajak anak-anak untuk tenang.
    2. Jika anak yang ribut cukup banyak maka gunakan teknik tepuk diam atau gunakan peluit agar anak dapat tertib kembali.
    3. Bila anak yang ribut atau berbuat keributan hanya sedikit dekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali kepada tugas yang harus dia kerjakan.
    4. Jika anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugas maka ajak anak tersebut untuk melakukan aktivitas yang lain.
    Solusi atau tindakan yang dilakukan oleh guru saat anak ribut di kelas sangat bermanfaat bagi guru-guru lainnya terutama saya karena seringkali Setiap kegiatan pembelajaran dimulai masih ada anak yang suka ribut di dalam kelas dan solusi atau tindakan ini bisa diterapkan di saya ketika menghadapi anak yang suka ribut saat KBM berlangsung..

  4. NAMA : SUWARSIH
    NIM : 857607702
    UPBJJ : PURWOKERTO
    Setelah saya melihat video tentang anak ngobrol di kelas saat BBM. Guru memberikan pertanyaan dan langsung membagi lembar kerja untuk anak. di situ guru langsung mencontohkan cara memberikan warna rambut di depan kelas Tetapi keadaan kelas tidak kondusif karena masih ada anak yang ribut dan berlari-larian. Lalu guru tersebut mengatasi anak-anak dengan solusi atau tindakan sebagai berikut :
    1.Gunakan metode pembelajaran yang interaktif dan menarik seperti cerita, lagu atau permainan edukatif. Hal ini dapat membantu membuat anak-anak tetap tertarik.

    2. Tetapkan aturan kelas yang jelas dan konsisten. Pastikan anak memahami konsekuensi perilakunya jika melanggar aturan.
    3. Berkomunikasi dengan orang tua untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang anak dan mencari solusi bersama.
    4. Cobalah untuk memahami alasan perilaku ribut anak tersebut.
    5. Tunjukkan kepada anak Anda bahwa Anda peduli dan bersedia membantu. Bimbing mereka untuk mengelola emosi dan mengekspresikannya dengan cara yang
    Video diatas sangatlah bagus, menginspirasi dan bermanfaat sekali dalam memberikan solusi menghadapi anak yang ribut dalam PBM. Yang mana tentu saja pernah dialami oleh guru

  5. Nama:romanti purba
    Nim :859880552
    Judul:anak ribut dikls saat PBM
    Setelah saya menonton vidio tentang anak ngombrol dikls PBM .guru menberikan pertnyaan dan langsung manbagi lembar kerja untuk anak .guru mencontohkan cara menberi warna rambut tapi pas gurunya menerangkan anak pada ribut .cara mengatasinya
    1.guru mengajak anak untuk tenang
    2.jika anak banyak yang ribut maka teknik yang digunakan tepuk diam atau gunakan peluit agar anak tertib kembali
    3.jika anak yang ribut dekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali
    4.jika anak yang ribut itu sudah siap mengerjakan tugasnya ajak anak untuk menbuat tugas yang lain .solusi yang dilakukan guru dalam vidio ini sangat bermamfaat bagi guru -guru yang lain terutama saya ,karna sering kali klau pas belajar masih ada anak yang ribut didalam kls terima kasih kepda ibu guru yang ada dividio ini telah menberikan solusi nya .

  6. Nama :Riri indriani
    Nim : 856683907
    UPBJJ : Palembang

    Saya setelah melihat vidio anak ribut dikelas saat PBM.
    Yg awal nya anak tenang dan memperhatikan apa yg di kasih guru dan apa yg diperintahkan kan guru. Lalu anak mulai bnyak bicara dan mulai ribut dikelas bahkan ada yang lari-larian.
    Guru mulai mengatasi anak yg ribut:
    1. Guru mengajak anak-anak untuk lebih tenang
    2. Jika anak yang ribut cukup banyak maka gunakan teknik tepuk diam atau gunakan peluit agar anak dapat tertib kembali.
    3. Bila anak yang ribut atau berbuat keributan hanya sedikit dekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali kepada tugas yang harus dia kerjakan.
    4. Jika anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugas maka ajak anak tersebut untuk melakukan aktivitas yang lain.
    Ilmu yang sangat bermanfaat semoga bisa diterapkan oleh guru2 Indonesia.

  7. Nama :Riri indriani
    Nim : 856683907
    UPBJJ : Palembang

    Saya setelah melihat vidio anak ribut dikelas saat PBM.
    Yg awal nya anak tenang dan memperhatikan apa yg di kasih guru dan apa yg diperintahkan kan guru. Lalu anak mulai bnyak bicara dan mulai ribut dikelas bahkan ada yang lari-larian.
    Guru mulai mengatasi anak yg ribut:
    -Guru mengajak anak-anak untuk lebih tenang
    -Jika anak yang ribut cukup banyak maka gunakan teknik tepuk diam atau gunakan peluit agar anak dapat tertib kembali.
    – Bila anak yang ribut atau berbuat keributan hanya sedikit dekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali kepada tugas yang harus dia kerjakan.
    – Jika anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugas maka ajak anak tersebut untuk melakukan aktivitas yang lain.
    Ilmu yang sangat bermanfaat semoga bisa diterapkan oleh guru2 Indonesia.

  8. Nama : Hesti Velina Wati
    Nim : 858879817
    Anak-anak berisik di kelas saat PBM.

    Salah satu penyebab anak berisik adalah kurang fokus. Anak yang sulit fokus atau memiliki gangguan belajar tertentu, misalnya ADHD, mungkin akan lebih mudah terdistraksi dan berisik saat PBM. Cara mengatasinya adalah dengan memberikan anak latihan untuk membantunya meningkatkan fokus dan konsentrasi.

  9. nama : Vallen Nur Rita, S. I. Kom
    nim : 857864624
    upbjj : Surakarta
    keterangan : analisis video untuk makul Pembelajaran Terpadu

    ketika naka-anak ribut di kelas maka guru harus mencari tahu dulu penyebab anak tersebut ribut saat PBM, kemudian guru mencari solusi. solusinya antara lain mengganti kegiatan pembelajaran dengan kegiatan interaktif lainnya, misal mencoba mengalihkan perhatian anak dengan bermain berbagai tepuk. Apabila hal serupa masih terulang, guru bisa melakukan pendekatan agar anak bisa kembali fokus belajar.

  10. Rusiah (858156488) :

    Video yang berjudul “Anak Ribut di Kelas Saat PBM” ini sangat memotivasi dan sangat menginspiratif bagi guru dan kepala PAUD/TK. Cara guru pada video tersebut untuk membuat anak tidak ribut lagi di kelas saat PBM sangat menginspiratif yaitu dengan: 1) mengajak anak-anak tenang, 2) jika anak yang berbuat keributan cukup banyak, dia menggunakan teknik tepuk diam atau menggunakan peluit agar anak bisa tertib lagi, 3) jika anak yang berbuat keributan hanya sedikit, dia mendekati anak dan mengajak anak tersebut untuk fokus kembali kepada tugas yang dikerjakan, 4) Jika anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugasnya, maka dia mengajak anak tersebut untuk melakukan aktivitas lain. Sehingga PBM kembali kondusif dan berjalan lancar.

    Sekian ulasan dari saya, terima kasih.

Leave a Reply