silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

833 Comments

  1. Nama:kosiatul atik sriwahyuningsih
    Nim:858533246
    Judul:Anak ribut dikelas saat PBM.
    Anak ribut dikelas saat PBM sering kita jumpai bahkan setiap hari.Dari vidio diatas kita sebagai guru dapat menjadi solusi untuk menciptakan pembelajaran yang kondusif,dari vidio diatas cara mengatasi yaitu ajaklah anak untuk tenang,ciptakan kegiatan yang menarik minat anak,dekati anak agar fokus pada tugasnya.

  2. Nama : Turyanti
    Nim : 857610843

    Judul Vidio : Anak yang ribut di kelas saat pembelajaran
    Menurut saya vidio ini sangat bermanfaat untuk para guru dalam menghadapi anak yang ribut dikelas saat pembelajaran berlangsung agar anak-anak dapat fokus dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru ,diantaranya yaitu anak dapat di ajak untuk tenang dan mengggunakan tepuk fokus, gunakan pluit agar anak tertib, dekati anak dan ajak untuk fokus dalam mengerjakan tugas, jika anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugas maka ajaklah anak untuk melakukan ektivitas lain agar tidak mengganggu anak yang lain.

  3. video ini membahas tentang bagaimana mengatasi masalah anak yang mengobrol di kelas saat PBM
    sangat bermanfaat dan menambah wawasan sehingga guru dapat meningkatkan kompetensinya sebagai pendidik PAUD
    seorang pendidik PAUD harus bisa memahami karakter anak didiknya serta hakikat pembelajaran di PAUD yaitu belajar sambil bermain dan berpusat pada anak, pemilihan strategi, metode dan model pembelajaran yang tepat yang bisa dikemas dengan menarik dan interaktif akan membuat anak senang , tertarik dan semangat mengikuti pembelajaran

  4. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Izin menanggapi

    Nama: Vibriannisa Anandaputri Machmud
    NIM: 856323328
    UPBJJ UT Gorontalo

    Di setiap kelas pasti ada anak yang aktif.
    Pada video, suasana belajar di kelas saat di berikan kegiatan main sangatlah ramai. Ada beberapa anak yang bercerita dengan suara yang agak keras yang membuat suasana kelas ribut. Ada yang bercerita, ada yang mengobrol dengan teman pada saat guru sedang mendemonstrasikan kegiatan.

    Dalam situasi dan kondisi seperti ini, guru perlu menerapkan solusi berikut ini.
    1. Ajak anak-anak untuk tenang
    2. Jika anak yang ribut cukup banyak, maka gunakan teknik tepuk diam atau menggunakan pelui
    3. Ketika anak yang ribut hanya sedikit, dekati anak dan ajak untuk fokus dalam mengerjakan tugas
    4. Jika anak yang ribut sudah menyelesaikan tugas pertama, agar tidak mengganggu teman, berikan kegiatan main kedua agar anak terfokus kembali pada kgiatan main.

    Sekian dan terima kasih
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  5. Dalam program tersebut, terlihat bahwa guru melakukan upaya untuk mengatasi anak yang ribut di kelas. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Dengan mengetahui penyebabnya, guru dapat mencari solusi yang sesuai untuk menenangkan anak-anak tersebut.

    Selanjutnya, dalam program tersebut juga disebutkan bahwa salah satu solusi yang dilakukan oleh guru adalah dengan menggunakan berbagai macam tepuk sebagai cara untuk menenangkan anak yang ribut. Tepukan ini dapat berupa variasi permainan tepuk atau teknik-teknik khusus yang dapat membantu anak-anak untuk fokus dan tenang.

    Selain itu, dalam program tersebut juga disebutkan bahwa jika anak teridentifikasi merasa bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran ke luar kelas (outdoor). Dengan memindahkan pembelajaran ke luar kelas, diharapkan kebosanan anak dapat teratasi dengan baik. Pembelajaran di luar kelas dapat memberikan suasana yang berbeda dan menyegarkan bagi anak-anak, serta memberikan kesempatan untuk eksplorasi dan interaksi dengan lingkungan sekitar.

    Namun, penting untuk diingat bahwa setiap situasi dan anak memiliki kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi anak yang ribut dan bosan di kelas harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing anak. Komunikasi yang baik antara guru, orang tua, dan anak juga penting dalam membantu mengidentifikasi penyebab masalah dan mencari solusi yang efektif.

  6. Nama : Diana
    Nim : 858305364

    video ini memperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik. sesekali ajak pula anak dari kelas lain untuk bergabung dan bermain bersama dalam satu kegiatan di luar kelas bersama guru yang lain agar tidak monoton.

  7. menurut saran saya, semoga video yang terdapat pada guru pintar online dapat dibuat inovasi dengan menyesuaikan perkembangan pada dunia pendidikan saat ini. terima kasih.

  8. Nama : Dwi Wahyu Julia Sari
    NIM : 858756918

    Vidio tersebut sangat bermanfaat bagi pendidik PAUD karena berisikan masalah yang sering terjadi dalam pembelajaran PAUD. Pendidik PAUD dapat mengetahui dan mengenali penyebab terjadinya masalah tersebut sehingga dapat menerapkan solusi apa yang akan diterapkan/ dilakukan.

  9. Nama : Indana Zulfa
    NIM : 857611386
    Video tersebut membantu kita untuk memahami bagaimana sikap yang perlu kita ambil jika ada anak ribut di kelas aaat pbm. 1. Ajak anak untuk tenang 2. Jika yang ribut banyak maka bisa menenangkannya dengan cara tepuk diam/bunyi peluit. 3. Jika yang ribut sedikit maka guru mendekati anak untuk kembali fokus pada tugas. 4. Jika anak yang ribut sudah selesai mengerjakan tugas maka ajak anak tersebut untuk melakukan kegiatan lain.

    Saran : tolong berikan contoh kegiatan apa yang bisa dilakukan untuk mengisi ‘kegiatan lain’ pada anak ribut yang sudah selesai mengerjakan tugas

  10. video tersebut sudah sangat bagus dan bermanfaat untuk referensi penyelesaian masalah di lembaga TK

Leave a Reply