silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Nurul khayatul Qilmi
Nim : 856731775
Dengan melihat video tersebut membantu saya mengatasi anak yang ribut dikelas saat pembelajaran dengan cara mengajak anak untuk tenaga, tapi jika anak yang ribut banyak gunakan metode tepuk diam. Dan jika anak yang ribut sudah menyelesaikan tugas, ajak anak melakukan kegiatan lain agar anak tersebut tidak menggangu anak-anak yang lain,
Nama : Nila Aini
Nim :856855307
pada video tersebut adalah cara membuat situasi pembelajaran bisa terfokus pada pembelajaran. anak yang berlari- lari di kelas saat pembelajaran berlangsung perlu kita atasi agar tidak mengganggu aktivitas anak yang lain. salah satunya mencari penyebab anak berlarian, mengalihkan keributan dengan tepukan tangan misalnya tepuk fokus. setiap memulai pembelajaran, anak diberikan penjelasan tentang aturan saat belajar, memberikan riward kepada anak yang bisa duduk tenang agar anak merasa dirinya juga dapat riward dari gurunya.
Nama : Nila Aini
Nim : 856855307
pada video terdapat strategi seorang guru dalam mengahadapi anak yang berlarian dan ribut dikelas. banyak hal yang harus di persiapkan seorang guru agar pembelajaran dapat berjalan lancar yaitu
– sebelum pembelajaran dimulai guru perlu memberi penjelasan tentang aturan dal proses selama pembelajaran berlangsung.
– jika ada keributan, maka guru harus menanyakan dan mencari apakah penyebab keributan
– anak yang ribut harus dipisahkan tempat duduk nya agar tidak terjadi keributan lagi
– anak diajak melakukan tepuk fokus agar anak tidak menerus kan keributan nya
– anak diberi riward karena bisa duduk tenang
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama saya Badriah
UPBJJ-UT Banjarmasin
Pokjar Kotabaru
Ijin menanggapi video di atas 🙏🏻 ☺️
Situasi anak ribut di kelas saat kegiatan belajar mengajar (KBM) memang bisa mengganggu konsentrasi belajar. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas:
-Cari Tahu Penyebabnya
Langkah pertama adalah mencari tahu kenapa anak tersebut ribut. Apakah karena bosan, tidak mengerti materi, atau ada hal lain yang mengganggu pikirannya? Dengan mengetahui penyebabnya, guru bisa memberikan solusi yang lebih tepat.
-Tenangkan suasana
Kalau kelas sedang ramai, guru bisa menggunakan teknik seperti tepuk tangan sebagai aba-aba agar anak tenang. Setelah suasana tenang, barulah guru bisa mencari tahu penyebab keributan tersebut.
-Ajak Anak Bicara
Guru bisa dekati anak yang ribut dan mengajaknya bicara secara personal. Tanyakan kenapa dia ribut dan bantu dia untuk fokus kembali ke pelajaran.
-Buat Kesepakatan Kelas
Di awal semester, guru bisa mengajak siswa untuk membuat kesepakatan kelas bersama. Kesepakatan ini bisa meliputi aturan main di kelas, termasuk bagaimana seharusnya berperilaku saat KBM. Dengan adanya kesepakatan bersama, diharapkan siswa bisa lebih disiplin.
-Variasikan Metode Pembelajaran
Supaya suasana belajar tidak membosankan, guru bisa mencoba memvariasikan metode pembelajaran. Gunakan media yang menarik atau sesekali lakukan kegiatan di luar kelas.
Demikian tanggapan dari saya semoga bermanfaat
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : HALIDAE
NIM : 858191823
PRODI : PGPAUD
Masukan:
1. Jelaskan metode identifikasi penyebab anak ribut secara singkat.
2. Sebutkan contoh konkret dari tepuk yang digunakan.
3. Berikan alasan mengapa pembelajaran di luar kelas efektif.
Saran:
1. “Guru mengidentifikasi penyebab anak ribut melalui observasi dan diskusi.”
2. “Guru menggunakan tepuk konsentrasi untuk menenangkan anak.”
3. “Pembelajaran outdoor digunakan untuk mengatasi kebosanan dan meningkatkan minat belajar.”
Nama: Indri Nurcahyani
NIM:858529633
menurut saya dari video di atas saran dan solusi yang diberikan sangat menarik dan mudah di iikuti.
namun ada beberapa hal yang menurut saya juga perlu dilakukan agar anak tidak ribut di kelas dan mengganggu anak lain:
1. membuat kesepakatan dengan anak tentang aturan main saat pembelajaran di kelas.
2. ketika anak mulai ribut, pisahkan anak yang membuat keributan tadi, sehingga tidak terjadi keributan kembali.
3. dekati dan dampingi anak terutama yang sering ribut, karena itu pertanda bahwa dia sedang mencari perhatian guru.
mungkin itu tambahan dari saya, terima kasih.
Assalamualaikum wr wb .
Nama:Nurul sadri
Nim:855889461
Prodi:Pg paud
Upbjj:Banda aceh.
Saya sudah melihat video tersebut .
Video tersebut mengajar kita sebagai guru cara menenangkan saat anak-anak ribut yang sedang belajar.
Jika anak-anak ribut kita sebagai guru dapat mengatasinya dengan cara:
1:guru dapat mengobrol dengan mereka ,guru tanya apa permasalahannya.dan kita selesai dengan baik.
2.guru bertepuk tangan “tepuk diam “anak-anak semuanya jadi diam .
3.guru bisa bernyanyi lagu kesukaan anak-anak.dan mereka jadi diam
4 .Bagi anak-anak yang berlarian ,guru bisa memberi mereka tugas/bisa kita kasih permainan yang mereka suka,dengan begitu mereka diam dan tidak berlarian lagi.
Terima kasih
NAMA : Ayu Shintya
NIM : 859033037
Pada setiap kelas pasti kita jumpai anak yang aktif. Pada video ini, suasana belajar dikelas saat kegiatan sangatlah ramai. Ada beberapa anak yang bercerita dengan suara agak keras sehingga membuat suasana kelas rebut, dan bahkan ada juga yang mengobrol dengan temannya pada saat guru sedang mendemonstrasikan kegiatan pembelajaran.
Dalam situasi dan kondisi seperti ini, guru perlu menerapkan solusi yang tepat untuk menenangkan suasana kelasnya Kembali, berikut ini beberapa hal yang mungkin dapat diterapkan :
1. Ajak anak-anak untuk tenang
2. Jika anak yang ribut cukup banyak, maka gunakan teknik tepuk diam atau menggunakan pelui
3. Ketika anak yang ribut hanya sedikit, dekati anak dan ajak untuk fokus dalam mengerjakan tugas
4. Jika anak yang ribut sudah menyelesaikan tugas pertama, agar tidak mengganggu teman, berikan kegiatan main kedua agar anak terfokus kembali pada kgiatan main.
Namun, penting untuk diingat bahwa setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi anak yang ribut dan bosan di kelas harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing anak. Komunikasi yang baik antara guru, orang tua, dan anak juga penting dalam membantu mengidentifikasi penyebab masalah dan mencari solusi yang efektif.
Nama : Ellen Fatonah
NIM : 857494854
UPBJJ : Bandung
# ANAK RIBUT DI DALAM KELAS SAAT PBM #
Sebenarnya hampir di semua sekolah , dan dimanapun anak berada akan selalu ada keributan dikarenakan memang dalam usia tersebut anak tidak mau diam karena masih sering bermain . Namun kondisi seperti ini dapat mengganggu konsentrasi belajar anak yang lain yang memang sudah memahami bila diberi tugas , Dalam video ini ada beberapa anak yang memang sangat aktiv dan tidak bisa diam , sehingga suasana kelas menjadi sangat ramai , Jika di kelas mendapati kondisi seperti ini , maka solusi yang digunakan adalah sebagai berikut :
1. Guru dapat menggunakan pluit untuk memanggil anak anak yang tidak mau diam
2. Guru dapat mengajak anak dengan cara ” tepuk diam ”
3. Dekati anak yang tadi membuat keributan
4. Ajak anak yang tadi ribut untuk mengerjakan tugas yang lain , bisa dengan mewarnai gambar yang ia sukai terlebih dahulu
Terima kasih
Nama: Hana maulida
Nim: 857627861
Upbjj : Purwokerto
=}Manfaat Video Youtube “PAUD anak ngobrol Di Kelas saat PBM” oleh Megawati Simanjuntak
Vidio tersebut memberikan manfaat bagi para guru dalam menghadapi situasi anak yang ribut di kelas saat proses belajar mengajar berlangsung. Video ini memberikan solusi-solusi praktis dan mudah diterapkan untuk membantu guru dalam menenangkan suasana kelas dan mengembalikan fokus belajar anak.
Berikut adalah beberapa manfaat dari video ini:
•Memberikan pemahaman tentang situasi anak yang ribut di kelas: Video ini membantu para guru untuk memahami bahwa situasi anak yang ribut di kelas adalah hal yang wajar terjadi. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti rasa bosan, lelah, atau belum memahami materi pelajaran.
•Menyediakan solusi untuk mengatasi situasi anak yang ribut: Video ini memberikan beberapa solusi praktis dan mudah diterapkan untuk membantu guru dalam menenangkan suasana kelas dan mengembalikan fokus belajar anak.
Solusi-solusi tersebut antara lain:
~Mengajak anak untuk tenang: Guru dapat mengajak anak untuk duduk tenang dan menarik napas dalam-dalam.
~Menggunakan teknik tepuk diam atau peluit:
Guru dapat menggunakan teknik tepuk diam atau peluit untuk menarik perhatian anak dan menenangkan suasana kelas.
~Mendekati anak yang ribut dan mengajaknya untuk fokus: Guru dapat mendekati anak yang ribut dan mengajaknya untuk fokus kembali kepada tugas yang harus dia kerjakan.
Memberikan aktivitas lain kepada anak yang sudah selesai mengerjakan tugas: Guru dapat memberikan aktivitas lain kepada anak yang sudah selesai mengerjakan tugas agar anak tidak bosan dan kembali mengganggu teman-temannya.
~Meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelas: Dengan menerapkan solusi-solusi yang diberikan dalam video ini, guru dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengelola kelas dan menciptakan suasana belajar yang kondusif bagi anak.