silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

828 Comments

  1. Nama : Yunia Lisman
    Nim : 856260162
    Judul : Anak ribut dikelas saat PKM

    Assalamu’alaikum Wr.W.b

    Dari video datas kita dapat belajar bagaimana cara menghadapi anak-anak yang suka ribut pembelajaran berlangsung. Divideo dijelaskan langkah-langkah menghadapi anak yang ribut dikelas yaitu :
    1. ajak anak untuk tetap tenang
    2. jika anak yang ribut cukup banyak kita bisa menggunakan teknik duduk diam atau membunyikan pluit agar anak
    dapat duduk kembali
    3. jika anak yang duduk hanya sedikit maka kita dekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali pada tugas yang
    sedang dikerjakan
    4. jika anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugas, maka ajaklah anak tersebut untuk melakukan aktivitas
    lain.

  2. Nama : Miftakhul Fia Nugrahayu
    NIM : 858877229

    Ketika melihat video anak-anak ribut di kelas saat proses belajar-mengajar, sangat penting untuk memahami bahwa situasi seperti itu tidak hanya mengganggu bagi guru dan siswa lainnya, tetapi juga mencerminkan beberapa masalah yang mungkin perlu ditangani secara lebih mendalam. Pertama-tama, perlu dilihat apakah ada penyebab khusus yang memicu perilaku tersebut. Apakah ada masalah interpersonal di antara siswa, atau apakah mereka mungkin kesulitan dalam memahami materi pelajaran? Terkadang, perilaku “ribut” bisa menjadi sinyal bahwa ada kebutuhan yang tidak terpenuhi, baik dari segi pendidikan maupun sosial-emosional. Selanjutnya, penting bagi guru dan staf sekolah untuk memiliki strategi yang efektif dalam mengelola perilaku di kelas. Ini bisa mencakup penerapan aturan yang jelas dan konsisten, memberikan perhatian khusus pada siswa yang mungkin membutuhkan dukungan tambahan, dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung. Tidak kalah pentingnya adalah keterlibatan orang tua dalam mendukung upaya sekolah dalam mengatasi masalah perilaku di kelas. Kolaborasi antara sekolah dan keluarga dapat membantu menciptakan konsistensi dalam pendekatan pengasuhan dan mendukung siswa secara holistik. Penting untuk diingat bahwa setiap siswa adalah individu yang unik, dan pendekatan yang efektif dalam mengelola perilaku di kelas dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa. Dengan pendekatan yang holistik dan berkelanjutan, kita dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang positif dan produktif bagi semua siswa.

  3. Nama : Ashfiyaul Bakhriyah
    NIM: 857761275

    Dalam video tersebut memperlihatkan situasi di dalam kelas yang sedang melangsungkan pembelajaran, namun ada beberapa anak yang tidak mau diam dan berlari-lari hingga membuat keributan. Situasi dalam video tersebut sama dengan situasi yang sering saya alami dalam mengajar.

    Dari video tersebut saya mendapatkan pengetahuan dan solusi cara mengatasi anak yang ribut di kelas saat proses belajar mengajar, yaitu:
    – Mengajak anak-anak untuk tenang
    – Jika anak yang ribut cukup banyak, gunakan teknik tepuk diam atau peluit agar anak dapat tertib kembali
    – Jika anak yang ribut hanya sedikit, dekati anak dan ajak fokus kembali pada tugas yang diberikan
    – Jika anak yang ribut sudah selesai dengan tugasnya, maka ajak anak tersebut untuk melakukan aktivitas lain.

  4. Nama : Fitri Rahayuningsih.
    NIM : 859686047
    Sebelum menonton video tersebut, terkadang saya merasa pusing dalam menghadapi anak yang ribut di dalam kelas saat PBM. Dari video tersebut, saya dapat menarik kesimpulan. Bahwa untuk menghadapi anak yang ribut di kelas, guru harus tetap tenang, menghentikan kegiatan pembelajaran sejenak dan mampu mengkondisikan kelas supaya kondusif kembali.

  5. Nama : Gita Novera
    NIM : 856337784

    Dalam vidio tersebut guru harus memberikan penghargaan atau pujian kepada anak-anak yang menunjukkan perilaku baik. Ini bisa memotivasi anak yang ribut untuk berubah demi mendapatkan perhatian positif.

  6. Nama : serla suci suminar
    Nim :857535293
    Semester 2
    Ijin mengomentari video ini sangat bagus dan menambah wawasan bagi kami para pendidik dalam menangani kasus yang sama . Berdasarkan video diatas cara guru mengatasi anak yang mengobrol di kelas yakni dengan cara mengubah strategi pembelajaran di kelas :
    1. Guru hentikan sejenak cerita atau kegiatan pembelajaran sejenak guna memberikan suasana yang lebih hening untuk mengingatkan anak yang sedang asyik mengobrol,serta menenangkan suasana kelas
    2. Pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar
    3. Posisikan anak yang mengobrol tadi di dekat guru
    4. Libatkan anak dalam kegiatan cerita ataupun proses belajar mengajar
    5. Tekankan kepada anak agar anak tidak mengulangi kesalahan yang sama
    6. Berikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya.
    Terima kasih

  7. miftahul fauziah iqbal
    858463393
    video di atas sangat bermanfaat dan mendapat kan solusi bagi kita jika mengalami kejadian serupa saat kegiatan pembelajaran berlangsung

  8. assalamualaikum izin menanggapi vidio di atas, dari vidio tersebut saya sangat terbantu untuk langkah langkah apa saja agar anak optimal kembali saat belajar,yaitu dengan:
    1. ajak anak anak untuk tenang,
    2. jika anak anak yang ribut cukup banyak gunakan teknik tepuk dian atau meniup peluit agar anak tertib kembali,
    3. bila anak yang ribut berbuat keributan hanya sedikit dekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali kepada tugas yang harus ia kerjakan,
    mungkin ini anak jadi ilmu untuk saya kedepannya. terimakasih.

  9. Nama: Umi Nur Aini
    NIM: 857758539

    Pada video ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

  10. Nama : fitria Nur laili
    Nim:859661426
    Judul: anak ribut di kelas saat PBM

    Video tersebut sangatlah bermanfaat bagi pendidik sebab terdapat solusi dan strategi mengatasi anak yang selalu ribut di kelas saat PBM diantaranya yakni
    Kita harus mengetahui permasalahan apa yang menyebabkan anak ribut kemudian mengajak anak untuk tenang dengan cara diberikan stimulasi dengan tepuk, selanjutnya yakni dekatilah anak dan ajak dia untuk fokus kembali ke tugas yang diberikan oleh guru

Leave a Reply