silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Video ini menyoroti tantangan yang sering dihadapi guru dalam mengelola kelas yang gaduh. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya manajemen kelas yang efektif. Guru perlu menggunakan teknik intervensi yang tepat untuk menenangkan situasi tanpa mengganggu proses belajar secara keseluruhan. Pendekatan positif dan konstruktif terhadap siswa yang berisik dapat membantu dalam membentuk perilaku yang lebih baik. Menerapkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik bisa menjadi solusi untuk mengurangi kebosanan dan kegaduhan di kelas.
Nama : Shokhifatul ula
NIM : 857760639
Judul: anak ribut di kelas saat PBM
vidio tersebut dapat membantu kami dalam menganggapi anak yang ribut di kelas, selain itu kami juga bisa Melibatkan siswa dalam menyelesaikan masalah adalah langkah yang baik. Guru bisa mengadakan diskusi bersama siswa untuk mencari tahu penyebab perilaku ribut tersebut dan mencari solusi bersama.
Nama : Feti Irma Wachidah
NIM : 857991071
UPBJJ : Yogyakarta
Dalam video tersebut menggambarkan peristiwa dimana ada anak yang ribut didalam kelas, kemudian dijelaskan juga upaya yang bisa dilakukan guru untuk mengatasi situasi tersebut. upaya yang bisa dilakukan adalah yang pertama ajak anak untuk senam, ajak anak tepuk tepuk atau meniup peluit dan bisa juga anak diajak untuk belajar diluar kelas agar tidak merasa bosan. video tersebut sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD sebagai pengetahuan upa menangani apabila terjadi situasi yang sama ketika mengajar.
Nama : Yuni Suriyana
NIM : 856337942
Bismillah
Di dalam video tersebut terlihat ada beberapa anak yang ribut berlari-larian di kelas dan tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Solusi dan saran yang diberikan sudah baik menurut saya diantaranya mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab anak ribut, ajak anak untuk kembali tenang dengan memberikan tepuk diam atau meniup peluit saat anak yang ribut banyak dan mendekati anak serta ajak kembali anak untuk focus pada tugas yang diberikan.
Sedikit saran dari saya :
– Guru sebaiknya memberikan aturan kesepakatan pada seluruh anak sebelum melakukan kegiatan misalnya tidak ribut saat mengerjakan tugas.
– Jika ada aturan maka ada hukuman dan reward yang diberikan kepada anak jika mereka mematuhi atau melanggar aturan tersebut. Misalnya anak mendapat giliran terakhir mencuci tangan saat akan makan sebagai hukuman atau anak mendapatkan sticker bintang yang sudah disiapkan oleh guru saat anak mematuhi aturan.
– Siapkan kegiatan tambahan yang lebih santai saat ada anak yang sudah terlebih dahulu menyelesaikan tugasnya dengan baik misalnya bermain balok atau mewarnai gambar.
Nama: Nhoer Pamatu Espriyati
NIM: 857990102
UPBJJ: UT Yogyakarta
Upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas:
1. ajak anak untuk tenang
2. Melakukan tepuk diam jika anak yang ribut banyak
3. Dekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali untuk mengerjakan tugas
4. ajak anak yang sudah menyelesaikan tugas untuk mengerjakan tugas yang lain
Nama : Chodidjah
Nim : 859939868
UPBJJ : Jakarta
Setelah menyimak video diatas mengenai “Anak ribut dikelas saat pembelajaran ” hal utama yang saya lakukan sebagai seorang pendidik adalah mencari tahu apa penyebab anak tersebut ribut dan berlarian dikelas, bisanya anak seperti itu karena anak mudah bosan atau mungkin karena hal lain kemudian mencari solusi nya, berikut hal-hal yang dapat dilakukan ketika anak ribut dan berlarian dikelas :
– Ajak anak tenang
– Jika yang ribut cukup banyak ajak anak melakukan “tepuk diam” / atau gunakan media peluit lalu meniupnya
– Apabila anak yang ribut sedikit dekati dan ajak anak focus kembali
– Jika anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugas maka ajak anak tersebut untuk melakukan aktivitas lainnya
Nama : Ani Rosmiati
NIM : 857530628
UPBJJ : Bandung
Anak ribut dikelaa saat pembelajarna sering kita temui dalam kelas, sebagai pendidik/guru yang harus kita lakukan adalah ajak anak tenang, jika yang ribut cukup banyak ajak untuk tepuk diam atau gunakan pluit, bila anak yang ribut sedikit dekati dan ajak anak fokus kembali, jika anak yang ribut sudah selesai mengerjakan tugas maka ajak anak untuk melakukan aktivitas yang lainnya.
Nama : Viona Monika
Nim : 859668941
Dalam vidio tersebut terdapat seorang guru yang akan memberikan tugas mewarnai. Dan pada saat guru hendak memberikan arahan, beberapa anak berlarian yang menyebabkan konsentrasi anak lainnya terganggu. Permasalahan seperti ini umum terjadi di lembaga PAUD termasuk PAUD tempat saya mengajar. akhirnya saya menemukan solusi penanganannya pada vidio tersebut yaitu dengan ;
1. Mengajak anak untuk tenang
2. Melakukan teknik tepuk diam atau meniup peluit agar anak tertib kembali
3. Jika yang ribut sedikit, guru mendekati anak tersebut, dan mengajak anak untuk fokus kembali mengerjakan tugas
4. Jika anak sudah selesai mengerjakan tugas, guru mengajak anak tersebut untuk melakukan kegiatan lain
Nama : Hamelia Gunawan
NIM : 857166913
Terimakasih untuk video tips anak ribut di kelas saat PBM.
dari video tersebut saya dapat mempelajari cara mengatasi anak yang ribut dikelas dengan cara :
1. mengajak anak untuk tenang
2. mempraktekkan tepuk diam atau strategi lainnya
3. mengajak anak untuk fokus akan tugasnya
4. memberikan tugas lain atau tugas tambahan untuk anak.
Sekian dari saya, Terimakasih.
Anak yang ribut saat proses belajar mengajar akan mempengaruhi fokus anak yang lain dalam menerima pembelajaran. Keadaan seperti itu sering terjadi pada suatu proses pembelajaran. Sebagai seorang guru kita harus bisa mengatasi situasi seperti itu dengan sabar dan mencari solusi yang tepat. Apa yang dilakukan guru pada video tersebut sangat bermanfaat dan bisa diterapkan pada anak didik kita