silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Nama: Triyana Rahmawati
NIM : 858161597
Pada video ini cara yang dilakukan guru sudah tepat untuk mengatasi anak yang ribut di kelas ketika proses pembelajaran berlangsung. Menurut saya cara yang dilakukan guru sudah tepat dan perlu di jadikan sebagai contoh guru yang lain terutama untuk saya sendiri.
Nama : Ni Ketut Sugiartini
NIM : 859034537
Ada beberapa tipe anak usia dini yang memang tidak pernah mau diam,kadang juga berlari-lari di kelas dengan temannya saat kegiatan belajar sehingga guru harus mampu dalam mengatasi hal tersebut,apa yang di lakukan oleh guru pada video tersebut sudah tepat,mendekati anak dan menyuruh fokus dengan kegiatannya dan juga memberikan aktivitas kepada anak yang sudah selesai mengerjakan kegiatannya,atau mengajak anak bertepuk saat kelas sudah mulai ramai karena anak-anak yang ribut,namun yang terpenting adalah kesabaran guru dalam mengatasi anak-anak yang berbeda sifat dan wataknya.
Nama:Yulia Meriyana
Nim: 858465215
video tersebut menunjukan situasi dimana anak usia paud sedang berbicara atau mengobrol dikelas saat proses belajar mengajar(pbm)sedang berlangsung.hal ini menjadi tantangan yang sering terjadi didalam kelas yang dihadapi guru dalam menjaga fokus dan konsentrasi anak selama pembelajaran.penting bagi guru dan pendidik untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif agar anak-anak dapat belajar dengan efektif dan terfokus.
Nama : Alfi Maziyah
NiM : 857628895
UPBJJ : Purwokerto
JuDUL : “Anak ribut dikelas saat pembelajaran”
Vidio diatas menggambarkan anak yang tidak bisa diam dikles saat pembelajrana berlangsung serta bagaimana upaya penanganannya.
Upaya yg dilakukan adalah:
– mengajak anak -anaķ untuk tenang.
– jika anak yang ribut cukup banyak, maka gunakan peluit utk menenangkannya
– jika anak yang ribut sesikit maka dekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali mengerjakan tugas.
– jika anak yang ribut sudab selesai mengerjakan tugas, maka berikan tugas lain utk aktifitas anak.
–
Deasy Dwi Indriati
858758524
Sebagai guru PAUD banyak sekali hal hal yang harus kita pelajari dan perhatikan mengenai cara memecahkan masalah masalah yang terjadi di dalam kelas seperti pada video diatas. Sebagau guru PAUD, banyak karakter anak yang akan kita hadapi, entah itu berkenaan dengan sosial emosional, kemandirian, tingkah laku. Upaya yg dilakukan adalah:
– mengajak anak -anaķ untuk tenang.
– jika anak yang ribut cukup banyak, maka gunakan peluit utk menenangkannya
– jika anak yang ribut sesikit maka dekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali mengerjakan tugas.
– jika anak yang ribut sudab selesai mengerjakan tugas, maka berikan tugas lain utk aktifitas anak.
Ini beberapa solusi yang bisaa dita lakukan pada masalh video anak tidak mau diam / tibut saat pembeljaran.
Nama : Tri jayanti
NIM : 857703646
Upbjj : Semarang
Judul : Anak yang ribut didalam kelas.
Stimulasi dalam vidio tersebut sudah bagus yaitu cara menangani anak yang ribut didalam kelas yaitu dengan cara tepuk diam namun jika yang ribut didalam kelas banyak maka guru menggunakan peluit , dan jika yang ribut didalam kelas sedikit ajak anak untuk fokus kembali .
Jika anak yang membuat ribut sudah menyelesaikan tugas nya maka diberikan kegiatan yang lain dan ajak anak kegiatan diluar kelas .
dari video tersebut kita bisa belajar cara mengatasi anak ribut saat PBM dengan :
1. mengajak anak -anaķ untuk tenang
2. jika anak yang ribut cukup banyak, maka gunakan peluit utk menenangkannya
3. jika anak yang ribut sedikit maka dekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali mengerjakan tugas.
4. jika anak yang ribut sudah selesai mengerjakan tugas, maka berikan tugas lain utk aktifitas anak.
menurut saya video ini sangat membantu guru dalam mengatasi masalah yang sama
jika dilembaga saya saat anak ribut guru mengajak untuk tepuk ikan kembung dan anak akan tenang untuk beberapa saat.
Nama : Lenita Exsa Winayani
NIM : 857704759
JUDUL : “Anak Ribut Dikelas Saat PBM”
Apa yang dilakukan oleh guru dengan memberikan solusi untuk mengatasi anak yang ribut dikelas saat PBM dengan mengenali penyebab keributan yaitu dengan cara guru ajak anak untuk tenang, jika anak yang ribut cukup banyak maka gunakan teknik tepuk diam atau menggunakan peluit agar anak dapat tertib kembali, bila anak yang ribut atau berbuat keributan hanya sedikit dekati anak dan ajaka anak fokus kembali kepada tugas yang harus ia kerjakan, dan jika anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugas maka ajak anak untuk melakukan aktivitas lain. Dengan guru memberikan solusi tersebut membuat pengajaran di kelas lebih interaktif bagi anak.
Nama: Iis Salbiyah
Nim: 859677356
Prodi: S1 PG PAUD
UPBJJ: Surabaya
Bismillahirrahmanirrahim, menanggapi video yang telah sy saksikan, anak yang ribut di kelas saat PBM tentu pernah kita jumpai, langkah solusi yang di sajikan dalam video dirasa cukup efektif untuk diterapkan. Jadi menurut saya secara keseluruhan intinya sebagai guru kita harus peka terhadap kondisi anak didik kita, dekati dengan penuh kasih sayang saat ia mencari perhatian dengan tingkah ribut yang ia ciptakan dan yang terakhir serta paling penting guru sebagai kunci pencipta suasana kondusif dalam kelas dan mampu menjadi pusat perhatian anak.
Terima kasih
Nama :Mery kamali
Nim;849413986
Pokjar ; makassar
Salam sejahtera bagi kita semua,baik kondisi anak anak ribut pada saat pembelajaran berlangsung sering kita jumpai di sekolah kita dan terima kasih pakar atas masukannya bahwa ketika anak anak ribut kami harus ajak anak anak untuk tenang kembali baru mulai lagi kegiatan pembelajaran gunakan tepuk diam,dekati anak anak agar tetap fokus kembali,setelah kegiatan anak selesai ajak anak anak yang ribut untuk melakukan aktifitas lain supaya tidak menggangu temannya dan berikan riwot bagi anak yang tenang terima hasih masuk nya ibu tuton luar biasa kami akan praktekan di lembaga kami masing masing