silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Assalamualaikum wr.wb
Izin menjawab video diatas
Menurut saya kebiasaan ribut didalam ruangan biasa terjadi. Karena setiap anak memiliki sifat emosional yang berbeda-beda sehingga kapan saja anak bisa tidak terkendalikan.
Oleh karena itu sebagai pembimbing kita harus bisa memahami anak-anak tersebut dengan cara mengajak anak untuk berinteraksi dengan kita mengajak dan memahami anak tersebut.
Sehingga kita dapat membentuk metode- metode pembelajaran dan bentuk ruangan yang kondusif,seperti membuat lingkaran, berkelompok,dll.
Dan melakukan pembelajaran diluar ruangan belajar sambil bermain.
Terima kasih.
859887279 Riama Lindawaty Lumbantoruan
Terimakasih buat video pembelajarannya,materi ini menambah wawasan saya menjadi guru yang lebih aktif lagi untuk belajar bagaimana menguasain kelas saya.
Hal seperti ini kan sering saya hadapi setiap tahun ajaran baru karena saya belum mengenali gaya belajar dan latar belakang anak didik saya,karena usia mereka ada banyak yang perlu kita nialai dulu agar dapat menguasai kelas saat mengajar dan menyediakan bahan ajar yang sesuai kebutuhan setiap anak.
setelah itu sebagai guru ada juga kebosanan pada anak saat media kita lebih banyak meawarnai jadi biasanya setiap hari ada tema gambar saya buat bervariasi ,sehingga membuat anak penasaran dan bertanya ,kita belajar apa hari ini ibu? jadi sebagai guru saya tertangtang terus untuk belajar lebih kreatif dan berimajinasi.
Menurut saya anak ribut di dalam kelas itu sudah sering terjadi, cara guru untuk membuat kelas kondusif sudah benar. Hanya dari yang saya lihat ruang kelas sangat sempit, dan kurang menarik hal ini juga bisa memicu anak cepat bosan.
anak sulit diatur saya rasa anak-anak kurang memahami aturan-aturan , di sinilah kita sebagai guru harus lebih menekan pada anak tentang aturan-aturan dalam melakukan suatu kegiatan, membiasakan anak untuk disiplin sejak dini itu bagus.
bismillah
nama saya shallia firuji yediana saepudin 857452936 semester 9
izin menanggapi dan menganalisis video mengenai anak ribut di dalam kelas saat PBM.
perlengkapan main yang ada dalam video sudah cukup lengkap, namun kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan majalayah akan membuat anak anak bosan, anak bisa di beri kebebasan mewarnai dengan berbagai media, misal krayon, cat, bahan bahan alam dan lain sebagainya. penempatan kursi dan meja yang terlalu berdempetan juga bisa menjadi pemicu keributan yang dilakukan oleh siswa. saran saya bangku dan kursi di buat bentuk U atau membentuk lingkaran. sehingga ada ruang dan jarak antar siswa saat melaksanaan kegiatan. lalu ada papan pencapit untuk gambar, apabila kelas di rasa mulai tidak kondusif, mintalah anak untuk ke depan dan mewarnai gambar yang di tempel dengan anjuran seperti ini “anak a, boleh tidak ibu melihat kamu mewarnai gambar yang ibu tempel, seperti nya kamu lebih menyukai gambar yang ada di depan” anak biasanya merasa tertantang dan antusias untuk melakukannya.
sekian dari saya
Nama : Yuhana
Nim : 856336284
saya izin menanggapi video mengenai anak ribut di dalam kelas saat PBM.
bahwa setiap siswa memiliki karakter yang berbeda-beda. Anak cenderung untuk selalu bergerak dan aktif di dalam kelas sehingga berpotensi mengganggu siswa lainnya, bukan berarti anak tersebut nakal atau bandel. Guru Pintar wajib mencari tahu mengapa siswa melakukan tindakan seperti itu. Mungkin saja siswa tersebut merupakan anak yang hiperaktif atau merasa bosan. Dan supaya pembelajaran berjalan lancar semua siswa mendapatkan pengalaman belajar yang sama-sama bermakna, Guru Pintar harus menerapkan metode pembelajaran yang banyak melibatkan aktivitas seperti games, diskusi, atau bermain peran. Karena siswa tidak bisa duduk, diam, dan memperhatikan guru, Siswa membutuhkan aktivitas yang bisa dilakukan agar energinya dapat tersalurkan dengan tepat. Buat kesepakatan kelas dengan mengajak siswa berdiskusi untuk membuat kesepakatan yang jelas dan konsisten. Kesepakatan ini bisa berisi aturan yang harus dipatuhi semua siswa dan guru. Dengan memberikan apresiasi kepada siswa yang tertib juga memberikan motivasi kepada siswa agar bisa berubah menjadi lebih baik.
Nama: Firnitatis Hia
Nim: 856099762
Dalam video diatas, terlihat guru kesulitan dalam memberikan materi kepada anak. Karena anak tidak mau mendengarkan guru dan memilih untuk ribut, pindah tempat dan bermain-main.
Untuk mengatasi hal itu guru perlu menetapkan strategi belajar yang sesuai dengan kebutuhan anak.
Guru juga perlu menenangkan anak dengan melakukan tepuk diam secara bersama-sama.
Perkenankan saya Supriatin, Izin menanggapi vidio “Anak Ribut di Kelas saat PBM”. Pada vidio tersebut terlihat seorang guru yang sedang mengajak anak mewarnai gambar namun ada beberapa anak yg berlarian keliling kelas sehingga membuat kelas tidak kondusif. Adapu cara yg dijelaskan/dilakukan guru untuk menertibkan kelas yaitu dengan mengajak anak bermain tepuk diam, mendatangi anak yang sedang ribut ataupun memberikan kegiatan main lainnya yang menarik.
Dari vidio tersebut terdapat beberapa Kelemahan dan kelebihan diantaranya :
Kelemahan :
Guru mencontohkan mewarnai gambar dengan posisi membelakangi siswa dan hanya menatap / fokus pada lembar kerja . sehingga anak merasa tidak diperhatikan/jenuh. Sebaiknya ketika guru mencontohkan cara /metode pembelajaran, guru dp mengarahkan fokus pandangan ke depan anak dan tidak membelakangi anak. Tata kelola dan ruang kelas terlalu sempit, sehingga anak terlihat berdesakan antara satu kelompok dengan yang lain walaupun anak duduk berkelompok namun pembelajaran masih bersifat klasikal sehinga tidak dapat memenuhi kebutuhan anak yang unik dan potensi beragam pd anak.
Kelebihan : cara yang guru lakukan cukup efisien untuk membuat anak fokus pada kegiatan belajarnya. Adapun alternaif lain yaitu dg mengalihkan fokus anak (misal : bernyanyi, meniru gerakn tubuh /mimik yg lucu, dll.)
Nama : Arum Pangestu
NIM : 857866699
Izin menanggapi Video Pembelajaran “Anak Ribut di Kelas saat PBM”
Dalam video di atas, menurut saya saat awal pembelajaran guru kurang dalam memberi motivasi belajar pada kegiatan tersebut.
Kegiatan dengan menggunakan majalah kadang membuat anak bosan, saat mewarnai pun seharusnya anak diberi kebebasan untuk mewarnai agar anak menggunakan imajinasi nya. Setting kelas pun cepat membuat anak bosan.
seharusnya guru mampu membuat anak anak fokus belajar dengan penyampaian materi yang menarik.
Serta bisa memberi reward untuk anak yang tenang di kelas jadi anak termotivasi untuk tenang mengerjakan tugas.
NAma : kurnia wati lutfiah
NIM : 857512952
UPBJJ : kota bandung
video tersebut memperlihatkan seorang guru yang sedang menangani anak yang ribut di dalam kelas dengan menerapkan berbagai strategi agar bisa kondusif kembali .
cara yang di lakukan guru tersebut adalah
1. mengenali penyebab anak ribut di kelas
2. menenangkan anak yang ribut dengan tepuk
3. memindahkan perbelajaran di luar kelas agar kebosanan anak dapat teratasi
tambahan masukan dari saya
1. guru perlu merancang strategi dalam pembelajaran yang beragam agar anak tertarik dan terkondisikan di kelas
2. membuat kesepakatan kelas dengan melibatkan seluruh anak di kelas setelah itu terapkan ssecara konsisten agar anak patuh akan aturan tersebut
3. beritahu anak dengan kata positif contohnya dengan ajakan yang baik “bu guru minta minta kerja samanya yuk ,kita lanjut menyelesaikan kegiatan tidak lama kok nak ”
4. pahami anak yang tidak bisa diam lalu pilih anak yang mudah di kondisikan sehingga anak yang tidak bisa diam bisa mengikuti temannya yang sudah di kondikan
5.jika hal tersebut terulang terus maka guru perlu mengkomunikasikanya kepada orang tua .
Nama : Theresia Ndori
NIM : 859266161
Video yang telah ditayangkan diatas merupakan aktivitas pembelajaran di dalam kelas. dalam pembelajaran tersebut terjadi keributan saat kegiatan. solusi yang sudah dilakukan dalam video pembelajaran tersebut sudah sangat tepat. tetapi menurut saya alangkah baiknya ruang kelas diatur kembali agar ruang kelas tidak terlihat sempit, sehingga anak bebas melakukan kegiatan. adapun kegiatan lain yang dipilih lebih bervariasi agar anak fokus mengikuti kegiatan pembelajaran, sebagai contoh membuat game sebelum kegiatan dan menata ruang kelas menjadi kosong agar mengatur anak duduk melingkar sehingga anak dapat memperhatikan guru saat kegiatan.