silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

822 Comments

  1. Nama : Putri supartini
    NIM : 877669104
    Judul : Anak Ribut di Kelas Saat PBM

    Dari vidio di atas guru berusaha menenangkan anak yang sedang ribut di kelas saat PBM solusinya dengan : Guru berhenti sejenak dan ajak anak untuk tenang, jika anak ribut cukup banyak gunakan teknik tepuk diam atau tiup peluit agar anak tertib kembali, jika anak yang ribut sedikit ajak anak untuk mengerjakan tugas kembali jika anak sudah selesai mengerjakan tugasnya alihkan kepada tugas lain.

    Maaf dari pengalaman saya mengajar selain teknik-teknik yang ada di vidio tadi, sebelum PBM anak terlebih dahulu di ajak aturan permainan yang dibuat oleh guru dan anak seperti : tidak boleh ribut, tidak boleh keluar dari kursi sebelum selesai mengerjakan tugas, tidak boleh berantem dan lainnya. Jika anak sudah selesai dengan tugasnya dan tidak melanggar aturan yang sudah dibikin anak di kasih rewards dari guru. Supaya anak lebih semangat belajar dan tidak mengulanginya lagi saat kegiatan PBM.

  2. YURY ANDINI/NIM 835149196/UT UPBJJ SEMARANG

    Selain dengan tepuk dan teguran pelan pada anak, kita dapat menggunakan teknik ice breaking lain seperti senam atau gerak lagu yang berdurasi singkat. Bisa juga anak-anak yang ramai di kelas karena tugas yang diberikan tidak menarik, terlalu berat atau terlalu ringan sehingga anak tidak tertarik untuk mengerjakan tugas. Jika anak ramai setelah mengerjakan tugas, guru bisa menyediakan mainan pengaman agar anak tidak ramai dan tidak mengganggu anak–anak yang lain.

  3. Nama : Annisa
    NIM : 858319814
    UPBJJ : Banjarmasin.
    “Anak Ribut dikelas Saat Pembelajaran”
    Terlihat dalam video diatas, pada saat pembelajaran anak-anak sedang ribut dikelas, halabyang dilakukan guru adalah :
    – Mengajak anak-anak untuk tenang, dengan cara “melakukan tepuk diam” bisa juga meniup peluit.
    – Jika anak-anak yang ribut jumlahnya sedikit, guru bisa mengajak anak untuk fokus kembali pada tugasnya.
    – Jika ada anak yang masih ribut, guru mengajak anak untuk melakukan aktivitas yang lain.
    Dari video tersebut saya bisa belajar bagaimana cara mengkondisikan anak-anak yang sedang ribut dikelas pada saat pembelajaran, dan mempraktikannya disekolah.

  4. Nama : Annisa
    NIM : 858319814
    UPBJJ : Banjarmasin.
    “Anak Ribut dikelas Saat Pembelajaran”
    Terlihat dalam video diatas, pada saat pembelajaran anak-anak sedang ribut dikelas, hal yang dilakukan guru adalah :
    – Mengajak anak-anak dengan tenang, dengan cara “melakukan tepuk diam” bisa juga meniup peluit.
    – Jika anak-anak yang jumlahnya sedikit, guru bisa mengajak anak untuk fokus kembali pada level tersebut.
    – Jika ada anak yang masih ribut, guru mengajak anak untuk melakukan aktivitas yang lain.
    Dari video tersebut saya bisa belajar bagaimana cara mengkondisikan anak-anak yang sedang ribut dikelas pada saat pembelajaran, dan mempraktikannya disekolah.
    Terima kasih.

  5. Nama : Rita Nurhidayati
    NIM : 858976286
    Judul : Anak ribut dikelas saat PBM
    video diatas menggambarkan cara menenangkan anak jika ribut didalam kelas. saat kegiatan berlangsung ada sebagian anak yang berlarian sehingga anak yang lain tidak dapt fokus dan konsentrasinya terganggu untuk mengerjakan tugas. cara guru mengatasi hal tersebut sudah bagus dengan melakukan ice breaking atau tepu tepuk agar anak kembali ke tempat dan tetap melanjutkan tugasnya, dengan mendekati anak agar tetap mengerjakan tugas hingga tuntas. banyak sekali hikmah yang dapat diambil menjadi guru paud, keiklhlasan dan ketelatenan dalam mendidik anak itu harus tertanam dalam diri guru paud. solusinya bisa juga diterapkan dengan belajar di luar kelas dan menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak.

  6. Nama : Farida Radiah
    Nim : 858158055

    Judul vidio yang telah diamati yaitu:
    “Anak Ribut Di Kelas Saat PBM”

    Adapun setelah saya menyimak vidio di atas tentu vidio tersebut sangat (bagus) sekali untuk mengatasi anak yang kerap ribut di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung.
    nah, di dalam vidio tersebut ada beberapa point penting yang telah dijelaskan, berkaitan dengan bagaimana cara kita sebagai seorang guru untuk menghadapi anak yang ribut di kelas?
    diantaranya seperti:
    1. mengajak anak (tepuk diam), dan meniup peluit itu sebagai pertanda bahwa anak-anak akan memulai pembelajaran agar anak dapat bersikap tenang dan tertib saat akan melaksanakan pembelajaran.
    2. jika masih ada anak yang berlari atau berteriak maka yang di lakukan oleh seorang guru adalah mengajak anak untuk fokus kembali, dengan upaya mendekati anak tersebut secara langsung.
    3. jika anak sudah selesai dalam mengerjakan tugasnya, maka guru mengajak anak untuk melakukan aktivitas yang lain.

    untuk saran saya, selain kita melakukan hal yang terdapat pada vidio di atas maka kita juga dapat melakukan hal-hal seperti di bawah ini:
    Guru TK bisa mengatasi anak-anak yang ribut di kelas dengan beberapa cara:

    – Berikan perhatian positif: Dekati anak yang ribut dan berikan pujian saat mereka tenang.
    – Arahkan energi: Alihkan perhatian anak dengan kegiatan yang menarik, seperti menyanyikan lagu atau bermain.
    – Aturan sederhana: Jelaskan aturan kelas dengan bahasa yang mudah dipahami.
    – Berikan kesempatan: Libatkan anak dalam kegiatan kelas, seperti bercerita atau membantu guru.
    – Tetap tenang: Reaksi guru yang tenang akan membantu anak-anak untuk tenang juga.

    Terimakasih

  7. Nama :Pirawati
    NIM : 858056776
    Judul Video : Anak Ribut di Kelas Saat PBM
    Dalam Video tersebut tampak anak ribut saat pembelajaran didalam kelas. metode yang dilakukan guru tersebut sudah tepat untuk mengatasi anak ribut disaat pembelajaran berlangsung. Seperti menggunakan tepuk diam dan gunakan peluit agar anak yang ribut kembali ketempat duduknya dan tertib kembali, ajak anak fokus untuk mengerjakan tugasnya kembali dengan dengan upaya mendekati anak yang ribut tersebut secara langsung, setelah anak selesai mengerjakan tugas ajak anak melakukan aktivitas lain.
    Video tersebut merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah yang terjadi saat pembelajaran dan solusinya bagi kita guru PAUD.

  8. nama : Yeni Tresna Ningsih
    nim : 859688628
    judul : anak ribut di kelas saaat PBM

    dari video diatas kita jadi dapat mengetahui tips bagaimana anak ribut saat PBM, namun berdasarkan pengalaman saya mengajar menghadapi anak yang ribut dikelas adalah dengan mempersilahkan anak yang ribut untuk maju kedepan dan menjadi guru. sementara guru duduk dibangku anak tersebut. lalu mendekati anak tersebut, sambil melihat tanpa expresi, maka anak akan merasa malu dan diam saat PBM berlangsung .

  9. Menurut saya video tersebut sudah tepat untuk mengatasi anak yang kerap ribut di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung, di dalam vidio tersebut ada beberapa point penting yang telah dijelaskan, berkaitan dengan bagaimana cara kita sebagai seorang guru untuk menghadapi anak yang ribut di kelas
    diantaranya seperti:
    1. mengajak anak (tepuk diam), dan meniup peluit itu sebagai pertanda bahwa anak-anak akan memulai pembelajaran agar anak dapat bersikap tenang dan tertib saat akan melaksanakan pembelajaran.
    2. jika masih ada anak yang berlari atau berteriak maka yang di lakukan oleh seorang guru adalah mengajak anak untuk fokus kembali, dengan upaya mendekati anak tersebut secara langsung.
    3. jika anak sudah selesai dalam mengerjakan tugasnya, maka guru mengajak anak untuk melakukan aktivitas yang lain.

    Untuk saran saya, selain kita melakukan hal yang terdapat pada vidio di atas maka kita juga dapat melakukan hal-hal seperti di bawah ini:
    Guru TK bisa mengatasi anak-anak yang ribut di kelas dengan beberapa cara:

    – Berikan perhatian positif: Dekati anak yang ribut dan berikan pujian saat mereka tenang.
    – Arahkan energi: Alihkan perhatian anak dengan kegiatan yang menarik, seperti menyanyikan lagu atau bermain.
    – Aturan sederhana: Jelaskan aturan kelas dengan bahasa yang mudah dipahami.
    – Berikan kesempatan: Libatkan anak dalam kegiatan kelas, seperti bercerita atau membantu guru.
    – Tetap tenang: Reaksi guru yang tenang akan membantu anak-anak untuk tenang juga.

    Terimakasih

  10. Nama : Hasan Wicaksono, S.Pd
    NIM : 859430699

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh. Bismillahirrahmanirrahiim. Ijin mananggapi video di atas. Alhamdulillahi video tersebut sedikit memberikan solusi alternatif untuk permasalahan yang saat ini terjadi di sekolah. Memang perlu adanya kelas yang kondusif dan tertib agar anak nyaman, aman serta bisa fokus dalam proses pembelajaran. Solusi yang diberikan juga cukup mudah untuk diimplementasikan. Terima Kasih untuk ilmunya. Salam PAUD dan sukses selalu. Wassalamu’alaikum

Leave a Reply