silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Hasan Wicaksono, S.Pd
NIM : 859430699
Judul Video : Anak Ribut di kelas saat PBM
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh. Bismillahirrahmanirrahiim. Ijin mananggapi video di atas. Alhamdulillahi video tersebut sedikit memberikan solusi alternatif untuk permasalahan yang saat ini terjadi di sekolah. Memang perlu adanya kelas yang kondusif dan tertib agar anak nyaman, aman serta bisa fokus dalam proses pembelajaran. Solusi yang diberikan juga cukup mudah untuk diimplementasikan. Terima Kasih untuk ilmunya. Salam PAUD dan sukses selalu. Wassalamu’alaikum
Nama : Santri Hayani
Nim : 855898177
Judul : Anak Ribut dikelas saat pembelajaran
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh .
Dalam pembelajaran berlangsung terkhususnya di RA/TK hal seperti itu emang sudah tidak mengejutkan lagi bagi guru TK. Karena anak seusia itu emang masa-masa lesek dan heboh-heboh nya, tidak boleh di marah , kita sebagai guru harus terlihat tenang dan guru harus melakukan beberapa hal..
1. Ajak anak tenang .
2. Gunakan teknik yang memancing anak biar fokus kembali, misalnya tepuk semangat, tepuk anak Sholeh dll.
3. Dekati anak dan ajak biar pokus kembali ke tugasnya
4. Ketika anak yang ribut tadi sudah selesai belajarnya, ajak anak melakukan aktivitas lain biar kawan lain tidak terganggu
Saran saya di video ini..
Kalau udah sebanyak ini anaknya ,
Sebaiknya guru ini mempunyai guru pendamping .
Terimakasih
Melalui video ini, kita dapat memahami lebih dalam tentang cara guru mengatasi kebiasaan anak-anak usia dini yang suka mengobrol saat belajar. Hal ini wajar terjadi karena pada usia tersebut, anak-anak masih mengembangkan kemampuan untuk mengendalikan diri dan mengikuti aturan di kelas.
Nama :Musfirah
Nim : 859559908
UPBJJ : MAJENE
Judul : Anak Ribut Di Kelas Saat PBM
Anak ribut saat pembelajaran memang sering terjadi yang biasa saya praktekkan ke siswa yaitu:
1. Tepuk diam bisa saya lakukan saat suasana dalam kelas tidak bisa terkontrol.
2. Buat Kesepakatan Kelas: Libatkan siswa dalam membuat aturan kelas.
3. Beri Peringatan Halus: Gunakan bahasa tubuh atau kode tertentu.
4. Libatkan Siswa Aktif: Berikan tugas yang menantang dan menarik.
5. Beri Pujian: Apresiasi perilaku positif siswa.
6. Memberi semangat siswa yang cepat selesai tugasnya akan cepat keluar untuk makan
Nama : Alif Dewi Ratnasari
NIM : 858955046
Jurusan : S1 PGPAUD
Video ini menyoroti pendekatan guru dalam menangani anak-anak yang ribut di kelas. Guru memulai dengan mencoba memahami penyebab keributan, seperti kebosanan selama pembelajaran. Setelah penyebabnya diketahui, guru menenangkan anak-anak menggunakan aktivitas seperti tepuk tangan dengan pola tertentu untuk mengalihkan perhatian mereka. Jika kebosanan menjadi masalah utama, guru mengubah suasana pembelajaran dengan memindahkan aktivitas ke luar kelas (outdoor), yang efektif dalam mengembalikan fokus anak dan menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan.
Pendekatan ini mencerminkan upaya guru untuk memahami kebutuhan anak dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang responsif. Strategi seperti ini dapat meningkatkan keterlibatan anak dalam belajar, sekaligus mengembangkan suasana kelas yang lebih harmonis.
Dalam video diatas guru melakukan tindakan untuk anak-anak yang ribut di kelas menggunakan aneka tepuk dengan cara bernyanyi , sehingga anak memperhatikan lagi dan ikut tepuk. Guru jaman dahulu untuk menenangkan anak-anak dengan cara suara yang keras, akan tetapi guru jaman sekarang lebih menggunakan akal kreatif yaitu aneka tepuk tanpa suara keras. Sehingga anak langsung terpusat dengan guru dan anak tidak ribut lagi. Guru mengikuti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar agar anak didik tertib, aktif, dan kreatif.
Nama : Misnar Pasaribu
NIM : 878253508
UPJJ : Medan
Dalam video tersebut guru melakukan tepuk diam dan menggunakan bunyi Pluit dan dan memberikan penugasan memang betul cara tersebut dapat mengatasi murid yang ribut di kelas.
Namun terkadang hanya beberapa menit, namanya anak fokusnya sesuai umurnya, jadi kita sebagai guru Paud harus sering mengulang kembali cara tersebut dan tetap sabar menghadapi anak.
Nama : Rapita sari
Nim : 856649072
UPBJJ : UT JAMBI
Video di atas sama seperti yang ada di kelas saya,dan sudah saya lakukan seperti masukan dari ibu di atas, namanya juga anak anak beda beda cara fokusnya.
Yang ibu jelaskan betul sekali,jika anak yang ribut sedikit anak nya harus didekati, karena ada tipe anak yang belajar mencari perhatian kita.didekatin dulu baru mau belajar dan mengerjakan tugas yang di beri sama bunda nya..
Sekian masukan dari saya..
Video di atas mirip dengan situasi di kelas saya, dan saya juga sudah menerapkan cara yang ibu sampaikan. Memang, setiap anak memiliki cara yang berbeda-beda dalam menjaga fokus mereka.
Apa yang ibu jelaskan benar sekali, jika ada anak yang sedikit berisik, kita perlu mendekatinya. Ada tipe anak yang belajar dengan cara mencari perhatian dari gurunya. Setelah didekati, biasanya mereka baru mau mulai belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan.
Itulah pendapat saya. Terima kasih.
Nama Eunnike mezango
Nim 859269751
MK analisis pengembangan kegiatan
Anak yang ribut dikelas
1) reaksi anak dlm kegiatan pembelajaran adalah masih ada anak anak yang ribut dan bermain didalam kelas pada saat pembelajaran berlangsung,ada anak yang berlarian di dalam kelas saat guru sedang menjelaskan kegiatan pembelajaran, 2) kelemahan kegiatan pembelajaran kurangnya kegiatan pembelajaran sehingga membuat anak merasa bosan kemudian membuat kegaduhan di dalam kelas dengan cara berlari latihan di dalam kelas 3) kelebihan kegiatan pembelajaran pada saat anak mulai membuat keributan guru menghentikan pembelajaran kemudian mengganti kegiatan lain agar anak bisa duduk dengan tenang serta melakukan tepuk diam agar anak bisa duduk dengan tenang,4) Unik yg Anda temukan adalah anak dengan semangatnya mengikuti pembelajaran serta aktif dalam pembelajaran tersebut dan 5) Setlh melihat kelemahan dan kelebihan kegiatan pembeljrn tsb,rencana Anda utk meningkatkan kualitas pembeljrn PD masa yg akn datang adalah menyiapkan kegiatan yang lebih menarik LG selain mewarnai menggukan krayon bisa juga mewarnai menggunakan bahan bahan dari alam agar anak tertarik dalam melakukan pembelajaran tersebut.