silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Anak-anak ribut di kelas saat PBM memang menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan guru untuk mengatasinya:
– Tegas dan konsisten: Berikan peringatan dengan tegas dan konsisten, namun tetap dengan nada yang tenang. Jelaskan bahwa keributan mengganggu proses belajar.
– Berikan pilihan: Berikan anak pilihan untuk berhenti berbuat ribut atau menerima konsekuensi.
– Berikan waktu tenang: Jika keributan sudah meluas, hentikan PBM sejenak dan berikan waktu tenang kepada anak untuk menenangkan diri.
Nama: Irma Susanti
NIM : 857535071
Judul: Anak ribut dikelas saat PBM
Menurut saya penanganan guru dalam video ini dalam menghadapi situasi tersebut sudah cukup baik. Guru mampu menenangkan anak dengan bermain tepukan. Anak dapat kembali duduk dan mengerjakan tugas yang diberikan guru. Hanya menurut saya gurunya kurang seharusnya lebih dari 1 guru dalam sekelas.
Dalam mengelola keributan di kelas PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan tantangan yang memerlukan pendekatan yang sabar, kreatif, dan konsisten dari guru. Untuk menjaga agar pembelajaran tetap berjalan lancar dan anak-anak tetap fokus, guru perlu menerapkan beberapa solusi yang efektif. Beberapa langkah yang dapat dilakukan termasuk:
1. Menerapkan aturan kelas yang jelas dan konsisten untuk memastikan anak-anak memahami ekspektasi dan tanggung jawab mereka.
2. Menggunakan teknik pengalihan perhatian dengan aktivitas yang menarik dan mengubah fokus pembelajaran agar anak-anak tetap terlibat.
3. Memberikan pengingat lembut dan isyarat non-verbal untuk mengingatkan anak-anak agar menjaga ketenangan tanpa mengganggu konsentrasi teman-teman.
4. Memberikan kesempatan untuk aktivitas fisik guna melepas energi yang berlebihan melalui kegiatan yang menyenangkan dan edukatif.
5. Menerapkan “waktu tenang” (time-out) yang positif sebagai cara untuk memberikan anak waktu untuk menenangkan diri sebelum melanjutkan kegiatan.
6. Melibatkan anak dalam pembelajaran dengan memberi mereka peran aktif dalam kegiatan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab dan keterlibatan.
7. Memberikan pujian dan reward sebagai penguatan positif untuk memperkuat perilaku baik dan mendorong anak-anak untuk tetap fokus.
8. Menjaga kelas tetap dinamis dan menyenangkan dengan kegiatan yang bervariasi dan sesuai dengan minat anak-anak agar mereka tidak merasa bosan.
Nama : Hindun
NIM : 859681009
Cara yang di gunakan guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas dalam video di atas sudah baik dan efektif, seperti mengajak anak untuk tenang, mengajak anak tepuk diam atau meniup pluit agar anak kembali fokus terhadap kegiatan/pembelajaran cara ini juga bisa menjadi penanda yang konsisten bahwa saatnya fokus, tanpa perlu berbicara panjang lebar yang mungkin membuat anak semakin teralihkan. jika ada satu anak yang ribut guru juga mendekati anak tersebut dan mengajak anak untuk fokus kembali,. Dan jika anak yang ribut sudah selesai mengerjakan tugasnya maka guru tersebut mengajak anak untuk melakukan kegiata yang lain. Dalam video Guru juga tidak menghukum atau memberi sanksi pada anak yang ribut itu menandakan bahwa Secara keseluruhan, upaya guru ini sudah sangat baik membangun hubungan yang lebih positif antara guru dan anak, serta menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan efektif.
Assalamualaikum
Ijin memberikan komentar
Judul video Anak ribu Di Kelas Saat PMB
Video ini menggambarkan situasi nyata yang sering terjadi di ruang kelas. Hal ini membuatnya relevan bagi guru atau calon pendidik, karena memberikan gambaran tentang bagaimana menghadapi
masalah tersebut secara langsung.
Video ini mencakup solusi atau strategi yang digunakan guru dalam menangani siswa yang ribut, maka hal tersebut sangat membantu. Pendekatan seperti komunikasi yang asertif, memberikan tugas yang menarik, atau melibatkan siswa secara aktif dapat menjadi inspirasi.
Situasi yang digambarkan dalam video ini menekankan pentingnya manajemen kelas yang baik. Guru perlu menguasai keterampilan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, termasuk cara mengatasi gangguan tanpa mengabaikan kebutuhan siswa.
Video ini dapat dijadikan bahan refleksi bagi guru untuk mengevaluasi pendekatan mereka dalam menangani siswa yang kurang disiplin. Apakah mereka cukup sabar, kreatif, atau sudah menggunakan pendekatan yang tepat?
Jika video ini belum memberikan langkah konkret untuk menangani situasi tersebut, bisa ditambahkan tips seperti:
– Membuat aturan kelas bersama siswa.
– Memberikan peran atau tanggung jawab kecil kepada siswa yang ribut.
Menggunakan teknik perhatian seperti isyarat non-verbal.
Nama : Asna Himmatus Sya’diyah
NIM : 858525439
Saya memilih seri pembelajaran paud yang berjudul “Anak Ribut Di kelas” saat PBM..
Setelah menonton dan menyimak video di atas, cara yang di gunakan guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas sudah baik dan perlu dicontoh untuk guru-guru, seperti mengajak anak untuk tenang, mengajak anak tepuk diam atau meniup pluit agar anak kembali fokus terhadap kegiatan/pembelajaran. Dan banyak sekali hal yang dapat dipelajari ,dan saya juga menerapkan cara tersebut dikelas saya saat anak-anak mulai ribut saat pembelajaran berlangsung.. biasanya saya melakukan “tepuk diam”, sehingga nanti anak-anak mengikuti Bu guru dan fokus lagi ke pembelajaran. Cara seperti itu memang mudah dilakukan.Dan juga jika masih ada anak yang berlari-lari atau berteriak, maka yang di lakukan oleh guru adalah mendekati anak tersebut secara langsung, dan di beri nasehat, atau juga dikasih bintang di tangan kalau fokus belajar, caranya anak tersebut di tanyain dulu, “kamu mau bintang tidak” pasti kalau bintang anak sangat senang, “mau Bu” setelah itu guru menasehati “fokus belajar dulu ya, bermainnya nanti setelah belajar, nanti dikasih bintang Bu Ima, kamu mau?” “Iya Bu”.. cara seperti itu yang saya lakukan di kelas, memberi apresiasi kepada anak atau diberi bintang di tangan..
Nama : Fani Nurul Aida
NIM : 858917171
tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat kutipan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Video ini mencakup solusi atau strategi yang digunakan guru dalam menangani siswa yang ribut, maka hal tersebut sangat membantu. Pendekatan seperti komunikasi yang asertif, memberikan tugas yang menarik, atau melibatkan siswa secara aktif dapat menjadi inspirasi.
Situasi yang digambarkan dalam video ini adalah tekanan pentingnya manajemen kelas yang baik. Guru perlu menguasai keterampilan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, termasuk cara mengatasi gangguan tanpa mengabaikan kebutuhan siswa.
Video ini dapat dijadikan bahan refleksi bagi guru untuk pendekatan mendalam mereka dalam menangani siswa yang kurang disiplin. Apakah mereka cukup sabar, kreatif, atau sudah menggunakan pendekatan yang tepat?
Jika video ini belum memberikan langkah konkrit untuk menangani situasi tersebut, bisa ditambahkan tips seperti:
– Membuat aturan kelas bersama siswa.
– Memberikan peran atau tanggung jawab kecil kepada siswa yang ribut.
Menggunakan teknik perhatian seperti isyarat non-verbal.
Nama : Eka Lusiyani
Nim : 859018263
UPBJJ : UT Denpasar
Hal seperti yang ada di video sering kali terjadi dan membuat suasana kelas menjadi tidak kondusif. Mengatasi anak yang ribut di kelas memerlukan pendekatan yang kreatif dan penuh perhatian. Apa yang dilakukan guru pada video tersebut sudah sesuai pada kelasnya, namun tidak menutup kemungkinan di sekolah dan kelas-kelas lain dapat menggunakan upaya seperti guru pada video. Karena karakteristik anak yang berbeda, maka penanganannya pun juga berbeda. Menurut saya, selain menggunakan peluit atau tepuk diam, guru juga bisa menggunakan alat bantu yang menghasilkan suara untuk menenangkan anak-anak. Komunikasi verbal dengan cara mengubah nada suara menjadi lebih pelan atau berbisik untuk menarik perhatian mereka kembali. Membangun komitmen dan aturan sebelum pembelajaran dimulai, berdiskusi dengan anak-anak aturan-aturan yang harus disepakati bersama. Dan juga memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan aktivitas yang mereka sukai setelah menyelesaikan kegiatan atau tugas.
Nama : HARYATI
Nim : 856567527
Judul video : ANAK RIBUT DI KELAS SAAT PBM
Setelah menonton video ini yang di mana situasi saat PBM di kelas, setiap guru pasti pernah mengalami bahkan hampir tiap hari menghadapi situasi seperti yang ada di dalam video tersebut. Dan cara atau strategi yang di terap kan di dalam video dapat di jadikan contoh untuk menghadapi situasi tersebut, dan sebagai seorang guru saya juga sudah menerap kan strategi yang seperti di video selain dengan menggunakan berbagai tepukan dan tiupan peluit bisa juga dengan cara mengajak bermain konsentrasi agar anak diam dan lebih fokus untuk mengikuti pembelajaran.
Assalamuaalikum warohmatullahi wabharokathu, Nama saya ATIKATULLAILI
Nim 857579785 saya mahasiswa semester 8 PG PAUD.
Menanggapi vidio tentang cara menertibkan anak yang ribut di dalam kelas ketika KBM berlangsung.Sebelum melakukan tindakan penertiban sebaiknya guru mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab anak tersebut menjadi ribut,kemudian memberikan solusi penanganan yang tepat terhadap anak yang menyebabkan keributan. contoh Doni berlari-lari di dalam kelas ketika akan memulai pelajaran mewarnai. Apa penyebabnya? Ternyata Doni menginginkan pewarna yang sama dengan milik Rani.Solusi yang dapat dilakukan oleh guru 1.mencoba membujuk doni untuk menggunakan pewarnanya sendiri dengan mengatakan bahwa pewarna milik doni juga sama bagusnya dengan milik Rani,atau bisa dengan meminta Doni untuk meminjam pewarna Rani dengan baik-baik,dan guru juga coba membujuk Rani untuk mau meminjamkan pewarnanya kepada Doni.
Terdengar riber mungkin tetapi terkadang ada situasi seperti itu didalam kelas ketika KBM berlangsung. Pada intinya kenali dulu penyebab anak ribut,kemudian berikan solusi yang tepat.
Terimakasih semoga bermanfaat