silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Daryani
NIM : 857992066
Assalamu’alaikum, Bunda. Izin menanggapi video seri pembelajaran PAUD tentang Anak Ribut di Kelas Saat PBM.
Dari video tersebut disajikan materi yang sangat bermanfaat bagi seorang pendidik dalam menghadapi situasi anak yang ribut di kelas. Anak usia dini memang belum dapat mempertahankan konsentrasi dalam waktu yang lama (memiliki daya konsentrasi yang singkat), sehingga seringkali mereka akan mudah sekali mengalihkan perhatian kepada hal-hal yang menurut mereka lebih menarik, dan hal tersebut tidak jarang akan memicu bagi sebagian anak untuk membuat keributan di kelas seperti mengobrol sendiri dengan teman, berlari-larian di dalam kelas, yang tentu saja dapat menganggu ketertiban dan menganggu anak lain yang sedang fokus mengerjakan tugas/kegiatan yang diberikan guru. Dalam hal ini, seorang guru yang bijak tentu saja harus dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara yang tenang dan penuh kesabaran serta memberikan strategi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Contohnya seperti yang dijelaskan dalam video tersebut adalah dengan membimbing anak supaya tenang, bisa dengan mengajak anak melakukan tepuk diam (bila ada beberapa anak yang berlari-larian/ribut di kelas), bisa menggunakan peluit atau memberikan aktivitas lain yang sesuai dengan minat anak apabila anak yang melakukan keributan tersebut kurang tertarik dengan pembelajaran yang sedang berlangsung di kelas. Dengan cara-cara tersebut diharapkan kelas akan menjadi kondusif, dan anak dapat melakukan kegiatan sesuai dengan minat anak masing-masing.
Demikian pendapat dari saya, terima kasih.
Nama : Rahmayanti
NIM : 836044757
UPBJJ : 80/Makassar
Judul Video : Anak Ribut di Kelas saat PBM
Assalamu’alaikum wr.wb
Setelah melihat video tersebut diatas, saya menyadari bahwa hal tersebut sering sekali terjadi pada saat kita sedang melakukan kegiatan PBM, terutama pengalaman pribadi saya, di mana ada beberapa anak yang memiliki karakter yang aktif sehingga ketika sudah menyelesaikan tugas bahkan ada yang saat sedang mengerjakan tugas tetap ribut dan tidak mengerjakan tugasnya. Alhamdulillah beberapa cara yang dilakukan guru pada video tersebut sudah kami terapkan di sekolah kami, dan kedepannya aksi yang dilakukan guru dalam video tersebut menjadi inspirasi bagi kami untuk lebih baik lagi dalam mengatasi anak yang ribut pada saat PBM.
Terimakasih GPO, yang sudah menginspirasi para guru agar menjadi lebih baik.
Nama : Rahmayanti
NIM : 836044757
UPBJJ : 80/Makassar
Judul Video : Anak Ribut di Kelas saat PBM
Assalamu’alaikum wr.wb
Setelah melihat video tersebut diatas, saya menyadari bahwa hal tersebut sering sekali terjadi pada saat kita sedang melakukan kegiatan PBM, terutama pengalaman pribadi saya, di mana ada beberapa anak yang memiliki karakter yang aktif sehingga ketika sudah menyelesaikan tugas bahkan ada yang saat sedang mengerjakan tugas tetap ribut dan tidak mengerjakan menua. Alhamdulillah beberapa cara yang dilakukan guru pada video tersebut sudah kami terapkan di sekolah kami, dan kedepannya aksi yang dilakukan guru dalam video tersebut menjadi inspirasi bagi kami untuk lebih baik lagi dalam mengatasi anak yang ribut pada saat PBM.
Terima kasih GPO, yang sudah menginspirasi para guru agar menjadi lebih baik.
Nama : Rahmayanti
NIM : 836044757
UPBJJ : 80/Makassar
Judul Video : Anak Ribut di Kelas saat PBM
Assalamu’alaikum wr.wb
Setelah melihat video tersebut diatas, saya menyadari bahwa hal tersebut sering sekali terjadi pada saat kita sedang melakukan kegiatan PBM, terutama pengalaman pribadi saya, di mana ada beberapa anak yang memiliki karakter yang aktif sehingga ketika sudah menyelesaikan tugas bahkan ada yang saat sedang mengerjakan tugas tetap ribut dan tidak mengerjakan tugas. Alhamdulillah beberapa cara yang dilakukan guru pada video tersebut sudah kami terapkan di sekolah kami, dan kedepannya aksi yang dilakukan guru dalam video tersebut menjadi inspirasi bagi kami untuk lebih baik lagi dalam mengatasi anak yang ribut pada saat PBM.
Terima kasih GPO, yang sudah menginspirasi para guru agar menjadi lebih baik.
Assalamu’alaikum
Nama : Afifah Ghonim
NIM : 858967746
Tugas : Pemantapan Kemampuan Mengajar
Tutor : FITRIA ULFAH, M.PD.
Video ini menampilkan seorang guru yang menghadapi situasi di mana beberapa anak kurang fokus dan cenderung ribut selama proses pembelajaran berlangsung. Guru tersebut mencoba mengenali penyebab perilaku tersebut dan mengambil langkah-langkah untuk menenangkan anak-anak, seperti menggunakan berbagai tepuk. Selain itu, ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru memindahkan pembelajaran ke luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Saya menyadari bahwa menjaga ketenangan dan fokus anak-anak selama proses belajar mengajar merupakan tantangan tersendiri, terutama pada usia dini.
Dengan memahami penyebab perilaku tersebut dan menerapkan strategi yang sesuai, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi semua peserta didik.
Nama : Melani Rosita Rasid
NIM: 857985694
UPBJJ : YOGYAKARTA
Dalam video berjudul Anak Ribut Di kelas saat PBM ada beberapa solusi yang bisa dilakukan guru yaitu
1. ajak anak-anak untuk tenang
2. jika anak yang ribut cukup banyak gunakan teknik tepuk diam atau gunakan peluit agar anak dapat tertib kembali
3. jika anak yang ribut sedikit dekati anak dan ajak anak untuk fokus pada tugas
4. jika anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugas berikan aktivitas lain untuk dikerjakan
Terimakasih atas solusi yang diberikan, saya sebagai guru sangat terbantu dan sebagian solusi dalam video sudah terapkan dilembaga kami.
Nama : Dw Okta Kirana
NIM : 857708795
Setelah saya menonton Video diatas menurut saya ada beberapa kejadian diantaranya saat anak anak sulit untuk diatur sehingga membuat guru merasa kesal, namun didalam video tersebut juga dijelaskan bagaimana cara mengatasi kondisi yang dialami oleh guru tersebut diantaranya:
1. Menenangkan suasana kelas dengan menghentikan cerita guru guru
2. Pisahkan anak yang tidak fokus atau mengobrol dengan anak yang sedang belajar
3. Posisikan anak yang ribut atau mengobrol didekat guru
4. Libatkan anak dalam kegiatan cerita
5. Tekankan pada anak agar tidak mengulangi lagi
Hal ini sejalan dengan apa yang saya lakukan setiap kali sedang mengajar.
Nama:saripah aini
Nim:856651957
Setelah saya melihat video ini, sama hal nya terjadi di tempat saya mengajar, anak-anak suka sekali ribut di dalam kelas saat berlangsung PMB,bahakan ad yang tiduran saat saya bercakap2 tentang kegiatan hari itu, saya sudah melakukan beberapa yang di lakukan di dalam video tersebut,seperti tepuk diam, menghitung pancasilah ada berapa, dan kegiatan lain yang bisa mengembalikan konsentrasi anak terhadap kegiatan saat dikelas..
Video ini menambah wawasan saya terhadap menghadapi anak yang sering ribut dikelas pada saaat PMB
terimakasih GPP, telah meng inspirasi untuk menjadi guru lebih baik
Nama : FITRI MALASARI, A.Ma
NIM : 856508365
Tugas Partisipasi 2
Dalam video pembelajaran diatas, kanak ribut pada saat melaksanakan pembelajaran sering sekali kita temui pada saat kita mengajar. Teknik yang terdapat didalam video sudah sangat membantu sekali untuk saya terapkan kedalam kelas saya. Guru sudah dapat memahami dan menganalisis penyebab dari ributnya anak, sehingga dapat menentukan dengan tepat langkah yang diambil dalam mengatasi permaslaahn anak ribut didalam kelas. Saya hanya ingin berbagi sedikit pengalaman saya ketika mengalami hal seperti diatas, yang saya lakukan adalah ketika beberapa cara diatas sudah tidak lagi berlaku dalam artian anak masih tetap ribut maka saya akan emngambil langkah diam seribu bahasa sambil memperhatikan anak-anak, dan ketiak diam saya tidak akan emnggubris anak-anak yang ebrtanya ataupun mengajak saya berbicara, hal ini saya lakukan untuk menunjukan bahwa saya kecewa terhadap mereka. Mereka juga akan belajar terhadap konsekuensi perbuatan.
Nama : Aneu Sobariah
Nim : 878180327
UPBJJ: Bandung
Judul vidio: Anak ribut di kelas saa PBM
Bismillahirrahmanirrahim…
Setelah melihat vidio di atas bisa kita simpulkan sperti berikut.
Pada saat sedang mengajar kita sering menemukan anak yang berlarian,berkejaran dengan teman yang lain atau berteriak-teriak di dalam kelas, sementara anak yang lain ada yang duduk rapi.
Apakah kalau menemukan hal seperti itu,guru akan tetap mengajar? Tentu tidak.
Apa solusi dan yang harus di lakukan guru,yaitu:
1. Ajak anak-anak untuk duduk tenang.
2. Jika anak yang ribut cukup banyak maka gunakan teknik tepuk diam atau tiup Pluit agar anak tertib kembali.
3. Bila anak yang ribut atau bebuat keributan hanya sedikit maka dekati anak dan ajak anak agar fokus kembali pada tugas yang harus/sedang di kerjakan
4. Jika anak yang ribut tadi sudah mengerjakan tugas maka ajak anak tersebut untuk melakukan aktivitas lain.