Anak Ribut di Kelas Saat PBM

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

905 Comments

  1. Assalamualaikum

    Nama : Risa Gantika
    NIM : 877843539
    judul vidio : Anak Ribut di Kelas saat PBM
    kejadian dividio tersebut sering sekali terjadi pada saat pembelajaran dikelas, saya sebagai guru sering sekali mengalami hal tersebut, itu terjadi karena anak sudah mulai bosan, dan ketika anak sudah selesai melaksanakan tugasnya , bahkan saat temannya masih belajarpun anak-yang selesai suka ribut dan menggangu teman lainnya. pada vidio diatas guru sangat betul sekali dalam menangani anak yang ribut dikelas yaitu dengan menenangkan anak, melakukan tepuk dan memberikan tugas yang lainnya kepada anak-anak tersebut.
    sebaiknya kita sebagai pengajar harus dapat menguasai kelas,untuk mengatasi kebosanan anak pada saat ditengah-tengah pembelajaran kita selipkan atau diselingi dengan menyanyi bersama, tepuk -tepuk dan yang bisa membuat konsentrasi anak kembali.
    demikian tanggapan dari saya terimakasih.

  2. assalamualaikum wr.wb
    nama: Yona Tristiantika
    NIM : 856222352
    UPBJJ Padang
    Anak Ribut Didalam Kelas saat PBM”
    setelah melihat video diatas pendekatan dan langkah langkah yang dilakukan ibu guru sudah tepat dan bagus, jika anak yang ribut terlalu banyak buk guru dapat menggunakan peluit untuk meminta anak agar diam, dan apabila hanya satu anak saja buk guru melakukan pendekatan kepada anak yang ribut tersebut, menurut saya sedikit menambahkan agar anak tidak ribut dalam proses PBM sebelum proses PBM berlangsung kita sebagai guru harus konsisten dan membuat kesepakatan dan menjelaskan aturan kepada anak agar anak tidak ribut saat PBM berlangsung, kemudian jika anak yang ribut lebih dari satu anak ( banyak anak yang ribut) kita sebagai guru harus melakukan refleksi sejenak untuk membuat anak menjadi fokus kembali

  3. Nama : Rini Suherti
    Nim : 859430628
    Penyebab anak ribut di kelas
    Dalam vidio diatas menggambarkan bagaimana upaya guru untuk menghadapi situasi anak yang ribut di kelas. Beberapa solusi untuk menghadapi anak yang ribut dikelas diantaranya adalah :
    1. Ajak anak-anak untuk tenang
    2. Jika anak-anak yang ribut cukup banyak maka gunakan tekhnik tepuk diam atau gunakan peluit agar anak tertib kembali
    3. Jika anak yang ribut hanya sedikit dekati anak untuk fokus kembali mengerjakan tugas
    4. jika anak yang ribut sudah selesai mengerjakan tugas maka ajak anak untuk mengerjakan yang lain.

  4. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Judul video diatas adalah “Anak Ribut dikelas Saat PBM”
    Dalam video diatas menunjukkan permasalahan yang sering terjadi dalam proses belajar dikelas, kemungkinan penyebab nya beragam, murid bosan dikelas, jenuh mengerjakan tugas, interaksi antar anak diluar tema yang diberikan dan sebagainya,
    Solusi yang di terapkan dalam video diatas sudah tepat menurut saya karena ,dari pengalaman saya mengajar juga menggunakan solusi yang sama.
    Terimakasih GPO telah memberikan penguatan bagi kami guru PAUD khususnya

  5. Nama : Sri wahyuni
    Nim : 856102663
    S1 PGPAUD UPBJJ Batam

    Assalamualaikum wr wb
    Menurut pendapat saya ,dari video diatas Cara menenangkan anak PAUD seperti menggunakan tepuk diam, peluit, pendekatan personal, dan pemberian aktivitas menyenangkan adalah strategi yang tepat, ramah anak, dan mendidik. Metode ini mendorong tumbuhnya disiplin, fokus, dan motivasi anak secara positif.
    kelebihan dari cara menenangkan anak diatas :
    -Mengajarkan Disiplin Tanpa Kekerasan,Anak belajar aturan dan keteraturan dengan cara yang tidak membuat mereka takut.
    -Meningkatkan Kedekatan Guru dan Anak,Pendekatan personal membuat anak merasa diperhatikan dan lebih mudah diarahkan.
    -Meningkatkan Fokus dan Motivasi Anak tahu bahwa setelah tugas ada aktivitas yang menyenangkan, sehingga mereka lebih bersemangat untuk menyelesaikan tugas.
    -Mengurangi Gangguan di Kelas Dengan menggunakan kode isyarat (tepuk diam/peluit), guru bisa dengan cepat mengembalikan suasana kelas menjadi kondusif.
    Guru harus sabar dan konsisten agar anak-anak terbiasa dengan isyarat dan aturan tersebut.Tidak semua anak langsung memahami atau merespons isyarat dengan baik. Beberapa perlu pendekatan tambahan.Cara-cara ini perlu didukung dengan pengelolaan kelas yang baik, rutinitas yang jelas, dan pemahaman karakter tiap anak.Guru perlu terus mencari variasi aktivitas menarik agar anak tidak bosan.

    Sekian dari saya,Terima kasih.
    wassalam.

  6. Assalamualaikum Wr Wb
    Izin Menanggapi Video : Anak Ribut di Kelas saat PBM
    Nama: Icha Herlina
    NIM : 857468565
    S1 PGPAUD
    UPBJJ UT Bandung
    Setelah menyimak video saya dapat menyimpulkan bahwa kita sebagai guru harus mempunyai trik tersendiri dan tenang dalam menghadapi anak yang ribut saat kegiatan pembelajaran,
    adapun triknya yaitu:
    1.mengajak anak untuk tenang
    2.jika anak yangribut cukup banyak,maka gunakan teknik “tepuk diam” atau gunakan peluit atau tamborin agar anak dapat tertib.
    3.bila anak yang ribut,membuat keributan hanya satu sampai dua anak,dekati anak tersebut untuk fokus kembali pada tugas yang dikerjakan.
    4.jika anak yang ribut sudah selesai mengerjakan tugas ,maka ajak anak tersebut untuk melakukan aktifitas yang lain.
    Demikian solusi yang dapat saya ambil,setelah menonton video tersebut.
    Wassalamualaikum Wr Wb

  7. Nama : Ermadhani Anggraini Putri
    NIM : 859662926

    Izin menanggapi video “Anak Ribut di Kelas saat PBM”

    Terlihat dalam video guru sedang menjelaskan namun seketika anak-anak lari kesana kemari dan membuat keributan sehingga suasana di kelas sudah tidak kondusif dan proses pembelajaran tidak dapat berlangsung dengan tenang. Hal seperti ini sering terjadi didalam kelas, apalagi saya sebagai guru juga sering menghadapi keadaan seperti ini. Solusi yang diberikan dalam video sudah sangat membantu untuk menertibkan anak-anak yang rebut di dalam kelas. Pembelajaran akan terhenti, pertama guru memang harus membuat attention atau perhatian agar anak mudah untuk dikendalikan. Seperti dengan meniup peluit, memberikan tepukan atau di ajak ice breaking. Dengan begitu fokus anak akan tertuju pada guru, dan anak akan dengan mudah untuk di tertibkan. Kemudian guru memberikan pengertian kepada anak-anak dengan bahasa yang sederhana agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik tidak menggangu teman yang lain.

  8. Nama : Ermadhani Anggraini Putri
    NIM : 859662926

    Izin menanggapi video “Anak Ribut di Kelas saat PBM”

    Terlihat dalam video guru sedang menjelaskan namun seketika anak-anak lari kesana kemari dan membuat keributan sehingga suasana di kelas sudah tidak kondusif dan proses pembelajaran tidak dapat berlangsung dengan tenang. Hal seperti ini sering terjadi didalam kelas, apalagi saya sebagai guru juga sering menghadapi keadaan seperti ini. Solusi yang diberikan dalam video sudah sangat membantu untuk menertibkan anak-anak yang rebut di dalam kelas. Pembelajaran akan terhenti, pertama guru memang harus membuat attention atau perhatian agar anak mudah untuk dikendalikan. Seperti dengan meniup peluit, memberikan tepukan atau di ajak ice breaking. Dengan begitu fokus anak akan tertuju pada guru, dan anak akan dengan mudah untuk di tertibkan. Kemudian guru memberikan pengertian kepada anak-anak dengan bahasa yang sederhana agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik tidak menggangu teman yang lain.

  9. Asalamualaikum.wr.wb.
    Nama : Sumarlin
    NIM : 860087332
    UPBJJ : UT Palembang
    Izin menanggapi “Anak Ribut di kelas Saat Pembelajaran”
    Dari vidio yang disampaikan dapat dilihat bahwa anak usia dini memiliki rentan waktu konsentrasi yang pendek sementara materi yang disampaikan mungkin terlalu panjang dan membosankan. demikian mohon maaf jika salah dalam peyampaian 🙂🙏

  10. Assalamu’alaikum

    Nama: Naila Rohima N
    NIM: 859527808

    Izin untuk melakukan refleksi terkait contoh ilustrasi kegiatan dalam video di atas untuk mata kuliah PKM.
    Refleksi terkait video di atas, “Anak Ribut di Kelas saat PBM”

    1. Bagaimana reaksi anak terhadap proses pengembangan yang dilakukan?
    Pada ilustrasi kegiatan yang telah disampaikan, sebagian anak-anak tampak rebut dan berlarian ketika kegiatan belajar sedang berlangsung. Hal ini mungkin disebabkan karena kegiatan mewarnai tersebut kurang menarik bagi sebagian anak-anak tersebut. Atau mungkin dapat disebabkan juga karena gambar yang perlu diwarnai kurang menarik bagi anak.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan dalam kegiatan pengembangan yang dilakukan?
    Pada kegiatan mewarnai tersebut hanya menggunakan satu macam coloring sheet dan media mewarnai krayon. Apabila ada variasi lainnya pada coloring sheet dan media mewarnai, seperti cat lukis dan pensil warna, dapat membantu menarik minat anak untuk mengikuti kegiatan.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan dalam pembelajaran yang dilakukan?
    Guru membimbing kelas dengan ketenangan dan kelembutan. Guru juga memberikan bimbingan dalam mewarnai. Coloring sheet yang disediakan pun dapat membantu anak untuk mengenali anggota tubuh bagian wajah dengan baik.

    4. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan, maka apa yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan berikutnya?
    Seperti yang dijabarkan dalam video di atas, guru dapat menggunakan teknik tepuk diam dan lagu yang sesuai dengan tema untuk menarik perhatian anak. Upaya lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan memfasilitasi kegiatan dengan berbagai media mewarnai dan menyediakan berbagai coloring sheet yang dapat disesuaikan dengan kesukaan anak, contohnya coloring sheet dengan wajah boboi boy.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/