silahkan klik iconΒ  Β  jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Sri Handayani
    Nim : 857477256
    Assalamualaikum wr WB
    Dari video yang saya simak memang sebaiknya kita sebagai pendidik memberikan simulasi dulu untuk pembelajaran menggambar bebas, untuk anak2 yang awal masuk sekolah rata2 belum bisa mengeksplorasi imajinasinya jadi alangkah baiknya sebelum meminta anak menggambar bebas kita sebagai pendidik memberikan simulasi, memperkenalkan cara dan apa saja yang akan kita gambar.

  2. Izin Menjawab πŸ™πŸ»
    Kesimpulan dari video diatas menggambarkan bagaimana cara seorang pendidik menstimulasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Menurut saya ajaran yg diberikan guru pada video tersebut sangat cocok terhadap anak yang sulit berimajinasi saat menggambar karena memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak bebas bermain dan berimajinasi di luar kelas, meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.oleh karena itu anak dapat bereksplorasi dengan lingkungan sekitarnya .

    Terimakasih πŸ™πŸ»

  3. Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan guru dan orang tua untuk mengatasi dan menghindari kesulitan berimajinasi pada anak, seperti memberikan kebebasan dalam berimajinasi, mengajak anak keluar kelas dan menghargai setiap karya ingin dibuat anak seperti yang terdapat di dalam video tersebut.

  4. Assalamualaikum,
    untuk mengembangan kemampuan imajinasi anak sesuai dengan isi video tersebut sudah benar yaitu dengan cara memberikan kebebasan anak dalam mengeksplorasi minat mereka dan juga dengan lingkungan sekitarnya serta . guru bertugas untuk memfasilitasi, mengarahkan, dan membantu anak didik dalam pengembangan imajinasi dan kreatifitas anak didik.
    terimakasih.

  5. NAMA : RISKA ROSDIANA
    NIM : 857479543
    POKJAR : BANDUNG
    KELAS : INDRAMAYU
    MATA KULIAH : METODE PENGEMBANGAN KOGNITIF
    NAMA TUTOR : NUR DHINI FAUZIAH,M.Pd

    izin menanggapi dalam video yang sudah saya lihat bahwasanya dalam video tersebut guru sudah baik dalam mengarahkan anak dan membantu anak untuk kreatif dalam melatih kognitifnya semakin berkembang , dengan cara membebaskan muridnya untuk menggambar bebas dengan cara tersebut guru sudah membebaskan anak untuk berimajinasi dengan apa yang mereka pikirkan dan cara selanjutnya juga baik karena guru membawa anak ke lingkungan luar sehingga anak secara nyata melihat objek dan dapat dengan mudah menggambar sesuai benda yang mereka liihat

  6. Saya sangat setuju dengan video tersebut, karena berdasarkan pengalaman saya memang benar anak-anak cenderung akan selalu meniru apa yang dicontohkan ibu guru dibanding menuangkan imajinasinya. Namun dengan kegiatan mengajak anak untuk mengeksplorasi apa yang ada diluar kelas sedikitnya akan membantu anak untuk menuangkan idenya dalam kegiatan menggambar.

  7. Saya sangat setuju dengan video tersebut. Karena berdasarkan pengalaman saya memang benar anak-anak cenderung akan selalu meniru ibu gurunya dibanding menuangkan imajinasinya. Namun dengan kegiatan mengeksplorasi lingkungan sekolah sedikitnya akan membantu anak untuk menuangkan idenya dalam menggambar.

  8. NAMA ; NURUL FAJRIAH
    NIM; 857478502
    KELAS;INDRAMAYU
    MATA KULIAH:METODE PENGEMBANGAN KOGNITIF
    NAMA TUTOR:NUR DHINI FAUZIAH M.Pd
    Tanggapan saya setelah menyaksikan vidio tersebut dengan kendala anak anak sulit berimajinasi ,dalam vidio tersebut menurut saya sudah tepat cara penanganan nya dengan mengajak anak mengenalkan langsung ke lapangan ,karena anak akan cepat memahami,mengerti juga mampu menerapkan gambaran yang sudah ia lihat secara real / nyata ,walaupun gambar yang dia gambar belum.rapi .

  9. Izin menanggapai vidio di atas anak sulit berimajinasi, cara untuk mengatasi kesulitan dalam berimajinasi, guru membeikan kebebasan untuk berimajinasi, anak di ajak keluar melihat pemandangan, melihat benda yang ada di sekitar sekolah.
    Anak diajak bercerita tentang suasana yang ada di sekitar sekolah? ada apa saja yang ada di sekitar lingkungan sekolah kita?
    Bisakah kalian menggambar yang kalian lihat tadi di luar ruang sekolah?

  10. Ira ludyawati (85795559)
    Untuk menanggapi video diatas anak sulit berimajinasi yaitu stimulasi terus anak dengan kegiatan yang dapat meningkatkan imajinasi anak, seperti mengajak anak mengamati ketempat kegiatan yang nyata lalu ajak anak mengingat yang tadi sudah diamati, setelah itu beri kebebasan anak untuk mengekspresikan apa saja yang tadi anak lihat

Leave a Reply