silahkan klik iconΒ  Β  jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Ririn Viyantini
    Upbjj : Serang
    Setelah melihat video ini saya sangat setuju dengan cara guru untuk mengembangkan imajinasi anak dengan mengajak anak melihat-lihat lingkungan sekitar,dan mengajak anak untuk mengeksplor benda-benda yang ada disekitar anak.dengan begitu anak lebih banyak mendapatkan referensi ide yang akan mereka gambar melalui apa yang mereka lihat dan mereka dapat menggambar sesuai dengan imajinasi mereka,tetapi dalam video guru mengajak anak setelah kegiatan menggambar,menurut saa sebaiknya kegiatan mengekplor lingkungan dilakukan pada saat pembukaan sehingga anak bisa langsung menggambar apa yang merek lihat.
    Dari kegiatan tersebut juga dapat merangsang perkembangan yang lain seperti perkembangan kognitif, bahasa karena mereka akan dapat pengalaman mainnya secara bermakna mereka akan bercerita dan dapat menambah kosa kata yang anak-anak miliki, perkembangan nilai agama dan moral anak juga dapat terstimulasi ketika mereka mengetahui bahwa diluar banyak ciptaan Allah dan ciptaan manusia.

  2. Nama : Arina Ifada
    NIM : 857603816
    UPBJJ : Purwokerto

    Strategi yang diterapkan guru pada video pembelajaran tentang anak yang sulit berimajinasi saat menggambar sangat membantu saya saat kegiatan menggambar di kelas. Metode lain yang bisa guru lakukan antara lain yang pertama adalah memberi objek yang sederhana, kemudian meminta anak untuk menggambar sesuai perasaannya, dan tentunya sebagai guru kita harus selalu memuji hasil karya anak, dan tentunya belajar menggambar sambil bermain agar anak merasa senang dan nyaman dan akan memunculkan kreatifitas dan imajinasi anak.

  3. Untuk meningkatkan kreatifitas anak melalui menggambar dibutuhkan strategis yang tepat, dengan kegiatan menggambarkan imajinasi anak akan munculah, anak akan merasa apa yang ia gambar adalah sesuatu hal yang nyata, untuk itu sebagai tenaga pendidik sudah menjadi tanggung jawab kita untuk meningkatkan kreatifitas anak dalam hal menggambar.

  4. Nama : sela riftana
    Nim : 858970783

    Sangat menginspirasi melihat video ini di portal Guru Pintar Online! Menyadari bahwa beberapa anak sulit berimajinasi saat menggambar adalah penting dalam memahami perkembangan kreativitas anak secara individu. Setiap anak memiliki keunikan dan tahap perkembangan yang berbeda. Video ini memberikan wawasan yang berharga bagi guru-guru PAUD/TK tentang tantangan yang mungkin dihadapi anak-anak dalam mengembangkan imajinasi mereka. Melalui video ini, guru dapat mencari strategi dan pendekatan yang kreatif untuk membantu anak-anak dalam mengembangkan imajinasi mereka melalui berbagai kegiatan dan stimulasi visual. Terima kasih Guru Pintar Online atas informasi yang bermanfaat ini!”

  5. Nama : Bintang Eka Mariana
    Nim : 877314863
    UPBJJ : Malang

    Assalamualaikum wr.wb
    Didalam strategi yang ada pada video diatas memperlihatkan anak yang sulit dengan imajinasi menggambarnya sebagai guru kita harus membantu anak agar bisa menggambar sesuai imajinasinya dengan membantunya menggunakan metode gambar sederhana dan mudah di contoh terkadang seperti itu membuat anak menjadi berkreasi sendiri menurut imajinasinya meskipun tidak harus sama seperti di contoh objek yang guru kasih dan juga bisa dengan metode alam/diluar kelas disitu anak insyaallah akan belajar berimajinasi dengan sekitarnya tidak diharuskan untuk menggambar dengan jelas terkadang hanya cukup bisa menggambar lingkaran atau garis-garis itu sudak sangat baik untuk imajinasinya.
    Insyaallah pada video diatas dapat memberikan manfaat bagi saya dan juga teman-teman.
    terimakasih…

    wassalamu’alaikum wr.wb

  6. Nama: Pahma wati
    Nim. : 856258768
    Dari video tersebut dapat mengembangkan imajinasi anak dengan mengajak anak melihat-lihat lingkungan sekitar,dan mengajak anak untuk mengeksplor benda-benda yang ada disekitar anak.dengan begitu anak lebih banyak mendapatkan referensi ide yang akan mereka gambar melalui apa yang mereka lihat dan mereka dapat menggambar sesuai dengan imajinasi mereka,tetapi dalam video guru mengajak anak setelah kegiatan menggambar,menurut saa sebaiknya kegiatan mengekplor lingkungan dilakukan pada saat pembukaan sehingga anak bisa langsung menggambar apa yang merek lihat.
    Dari kegiatan tersebut juga dapat merangsang perkembangan yang lain seperti perkembangan kognitif, bahasa karena mereka akan dapat pengalaman mainnya secara bermakna mereka akan bercerita dan dapat menambah kosa kata yang anak-anak miliki, perkembangan nilai agama dan moral anak juga dapat terstimulasi ketika mereka mengetahui bahwa diluar banyak ciptaan Allah dan ciptaan manusia.

  7. Nama : Eka Puspitasari
    Nim : 857860111
    Menurut pendapat saya, vidio anak sulit berimajinasi saat menggambar sangat bermanfaat dimana disitu guru memberi kesempatan pada anak untuk melihat secara langsung apa yang di lihat kemudian anak mampu menuangkan dan mengembangkan kreativitasnya dalam sebuah hasil karya, dimana anak mampu berkreasi sendiri. cara tersebut dapat kami praktikkan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.

  8. Vidio ; Anak Sulit Berimajinasi saat menggambar
    Dalam vidio diatas dijelaskan bagaimana menangani anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, dan cara yang digunakan oleh guru sangatlah baik, karena dengan cara melihat disekitar sekolah dapat menumbuhkan imajinasi yang nyata bagi anak, dengan demikian anak mendapatkan ide untuk menggambar.
    Anak dapat berkreasi sesuai dengan apa yang mereka lihat.
    Terimakasih πŸ™πŸ™πŸ™

  9. Nama : Isnaini sintawati
    Nim : 857752656
    Assalamualaikum wr.wb.
    Setelah melihat vidio ini saya sangat setuju dengan cara guru untuk mengembangkan imajinasi anak dengan mengajak anak melihat lingkungan sekitar. Kemudian meminta anak untuk menggambar sesuai perasaannya, tentunya sebagai guru kita harus selalu memuji hasil karya anak dan menggambar sambil bermain agar anak merasa nyaman dan senang.
    Wassalamualaikum wr.wb.

  10. Nama:Agusriani
    Nim. :859413796
    UPJJ. :Makassar

    Vidio anak sulit berimajinasi untuk menggambar.
    Setelah mengamati vidio di atas sebagai seorang guru selalu berupaya agar murid2nya ada rasa ingin melakukan kegiatan pembelaran seperti pengembangan menggambar dengan merasa bahagia, salah satu upaya guru adalah mengajak anak2 untuk keluar melihat apa saja anak2 lihat disekitar lingkungan sekitar, terutama dihalaman sekolah, dengan itu anak bisa menimbulkan ide-ide untuk berimajinasi dalam menggabar bebas dan minat belajar anak terlaksana.

Leave a Reply