silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. NAMA : TAZKIA UMMATUL KHASANAH
    NIM: 857779184
    JUDUL : ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR

    Saya setuju dengan video pembelajaran yang ada pada video. anak yang sulit berimajinasi saat menggambar biasanya akan meniru gambar guru atau temannya atau mungkin anak belum terbiasa menuangkan imanjinasinya dalam bentuk gambar ketika anak diminta untuk menggambar bebas. dengan meniru gambar menyebakan anak tidak kreatif, disinilah tugas guru sebagai faslitator dalam mengembangkan kreatifitas pada anak. Misalnya mengajak anak untuk berjalan jalan dan melihat lihat apa yang ada di lingkungan halaman sekolah dengan begitu anak akan mampu untuk mengembangkan ide ide melalui aktifitasnya tersebut, melakukan sesi tanya jawab tentang apa yang dilihat anak di linkungan halaman sekolah, guna mengetahui apakah anak sudah memahami atau belum terhadap tugas yang diberikan, lalu mengajak anak untuk menuangkan imanjinasinya dalam buku gambar sesuai apa yang dilihatnya di lingkungan halaman dengan begitu anak akan mengembangakan kreatifitas yang ada pada dirinya.

  2. Nama:kosiatul atik sri wahyuningsih
    Nim:858533246
    Judul:Anak sulit berimajinasi saat menggambar.
    ~untuk mengatasi vidio diatas dapat menggunakan strategi sebagai berikut:dapat mengajak anak di luar sekolah agar anak melihat sesuatu yang menjadi inspirasi.Dari vidio diatas dapat mempermudah saya sebagai guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran.

  3. NAMA: HARIANTI
    NIM: 855831613
    anak sulit berimajinasi saat menggambar
    kita seorang guru menemui anak yang sulit berijinasi saat menggambar, dengan itu anak sangat suka melihat gambar -gambar yang berwarna , dalam video yang saya lihat tadi ada beberapa cara agar menunjangkan krativitas anak dalam berimajinasi saat memggambar agar anak lebih kratif.
    #.mintalah anak untuk menceritakan apa yang di lihat di halaman sekolah
    #. melakukan tanyak jawab dengan karya yang di gambar kan
    #. mebebaskan anak untuk memggabar yang dia mau .

  4. NAMA = RENI FALEVY
    NIM = 858192452

    Pendekatan yang diambil oleh guru tersebut tampaknya sangat bijaksana dan inklusif. Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan minat mereka dapat membantu meningkatkan kreativitas dan ekspresi diri mereka. Selain itu, mengajak anak keluar kelas dan meminta mereka untuk menggambarkan apa yang mereka temui di lapangan adalah cara yang bagus untuk merangsang imajinasi dan observasi mereka.

    Dengan demikian, guru tersebut tidak hanya membantu anak mengatasi kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar, tetapi juga membuka ruang bagi pengalaman langsung yang bisa menginspirasi imajinasi mereka. Pendekatan ini memungkinkan anak untuk belajar secara aktif dan mengeksplorasi dunia di sekitar mereka, sambil tetap mengembangkan keterampilan artistik mereka.

    Secara keseluruhan, pendekatan guru ini merupakan contoh yang baik dari bagaimana memberikan dukungan yang tepat kepada anak-anak untuk mengatasi kesulitan mereka sambil memperluas pandangan mereka tentang dunia.

    Manfaat =
    Video pembelajaran tersebut tentang strategi untuk mengatasi kesulitan anak dalam berimajinasi saat menggambar sangatlah penting dan bermanfaat bagi saya sebagai guru PAUD/TK. Melalui video tersebut, saya mendapatkan contoh konkret tentang cara menghadapi tantangan yang umum dihadapi oleh anak-anak dalam tahap perkembangan mereka. Saya dapat belajar dari pengalaman dan strategi yang berhasil dari rekan-rekan saya dalam profesi yang sama. Video ini juga merangsang kreativitas dan inovasi saya dalam merancang pembelajaran yang efektif, karena saya dapat mengadaptasi ide-ide dari video ke dalam rencana pembelajaran saya sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik kelas saya. Kemudahan akses dan fleksibilitas video pembelajaran memungkinkan saya untuk belajar dan mengembangkan keterampilan saya sesuai dengan jadwal saya sendiri, menjadikannya sumber daya yang sangat berharga dalam menjalankan tugas sehari-hari sebagai guru PAUD/TK.

  5. Nama : Zhulva Lutfiyatur Rohmah
    NIM : 858536162

    ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR
    Anak diberi kebebasan berimajinasi saat menggambar sesuai dengan imajinasinya, pada video tersebut guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolahan untuk melihat lihat apa saja yang dilihat di halaman sekolah. Setelah mengajak anak melihat lingkungan sekitar, diadakan sesi tanya jawab apa saja yang mereka lihat pada saat keluar dari ruang kelas. Lalu suruh anak menuangkan imajinasinya
    Videonya sangat bermanfaat untuk saya, sangat membantu bagi anak-anak yang kesulitan saat menggambar bebas. Terimakasih ibu guru..

  6. Bismillah
    Ika Astari (859520797)
    Anak cenderung mencontoh gambar guru atau melihat gambar temanya hal ini akan menyebabkan anak kurang kreatif dan tidak terbiasa menggali imajinasinya. Cara-cara yang bisa dilakukan untuk menggali ide dan imajinasi anak yaitu :
    a. membebaskan anak untuk menggambar sesuai imajinasi dan minat anak
    b. memfasilitasi anak ke luar ruang seperti halaman sekolah untuk melihat-lihat agar anak mendapatkan ide-ide nya.
    c. minta anak bercerita apa yang dilihat di halaman sekolah dan menggambarkanya.
    d. melakukan tanya jawab tentang yang dilihat anak.
    Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya, bagaimana menggali ide-ide anak sehingga anak bisa berkreasi dengan imajinasinya masing-masing.
    Sekian dan terimakasih

  7. Assalamualaikum
    Yuninda Ashari-859687966
    Menurut saya,Untuk membantu anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, Anda bisa mencoba beberapa hal berikut:
    Berikan Inspirasi: Tunjukkan contoh gambar atau cerita yang bisa menginspirasi imajinasi anak.
    Dorong Penciptaan Bebas: Biarkan anak menggambar apa pun yang mereka inginkan tanpa batasan atau kritik terlalu banyak.
    Ajak Berdiskusi: Tanyakan pada anak tentang apa yang mereka bayangkan sebelum mereka mulai menggambar, dan ajak mereka bercerita tentang gambar yang mereka buat.
    Beri Pujian dan Dukungan: Beri pujian pada usaha mereka dan beri dukungan untuk terus mencoba.
    Bermain Peran: Ajak anak bermain peran atau buatlah cerita bersama untuk merangsang imajinasinya.
    Dengan memberikan dukungan dan stimulasi yang tepat, anak dapat mulai mengembangkan imajinasi mereka saat menggambar.
    Terimakasih, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  8. Nama : Hidayatun Nahariyah
    Nim : 858538009
    Judul Video : anak sulit berimajinasi dalam menggambar

    Menurut saya video yang sudah saya tonton tersebut sangat bagus,karena sudah mengangkat permasalahan yang sering dialami oleh pendidik PAUD atau TK pada umumnya,termasuk juga dengan saya pribadi.Sering kali di kelas saya,saya temui anak yang kesulitan dalam menuangkan imajinasinya ke dalam sebuah gambar.Cara menstimulasi anak yang ada di video juga sudah saya terapkan dalam pembelajaran saya.Saya setuju dengan cara mengajak anak anak menggambar dengan melihat objek secara langsung untuk memudahkan anak dalam menggambar.Hal ini sudah saya praktekkan beberapa kali dalam pembelajaran saya.Waktu itu saya minta anak anak menggambar buah beserta pohonnya ketika sedang pembelajaran tema tanaman buah.Anak saya minta menggambar di halaman sekolah dengan melihat pohon buahnya secara langsung.Dengan melihat objek secara langsung akan memudahkan anak dalam menuangkan idenya ke dalam sebuah gambar.Selain itu juga dapat melatih kordinasi mata dan tangan anak untuk menuangkan apa yang dia lihat ke dalam sebuah gambar.Untuk mengarahkan anak yang masih kesulitan cara saya adalah saya akan menanyakan pohon mana yang ingin dia gambar lalu mengajak anak mendekati pohon tersebut dan saya akan mengajaknya diskusi tentang bagian-bagian pohon.lalu saya bantu mengarahkan,misalnya dengan cara bertanya,bagian pohon yang lurus ini namanya apa ya?(batang) ya,betul sekali.kalau buat garis lurus bisa?coba sekarang kamu buat 2 garis lurus,nanti bisa jadi batang pohon lho,dan sebagainya.
    Sekian dan Terimakasih.

  9. Assalamualaikum wr wb
    Yuninda -859678966
    UPBJJ: UT bandar Lampung
    Untuk membantu anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, Anda bisa mencoba beberapa hal berikut:
    Berikan Inspirasi: Tunjukkan contoh gambar atau cerita yang bisa menginspirasi imajinasi anak.
    Dorong Penciptaan Bebas: Biarkan anak menggambar apa pun yang mereka inginkan tanpa batasan atau kritik terlalu banyak.
    Ajak Berdiskusi: Tanyakan pada anak tentang apa yang mereka bayangkan sebelum mereka mulai menggambar, dan ajak mereka bercerita tentang gambar yang mereka buat.
    Beri Pujian dan Dukungan: Beri pujian pada usaha mereka dan beri dukungan untuk terus mencoba.
    Bermain Peran: Ajak anak bermain peran atau buatlah cerita bersama untuk merangsang imajinasinya.
    Dengan memberikan dukungan dan stimulasi yang tepat, anak dapat mulai mengembangkan imajinasi mereka saat menggambar.
    Terimakasih, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  10. NAMA ; RIDA RIASTINI
    NIM ; 858877021
    JUDUL ; ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR

    Pada video di atas diperlihatkan anak yang mengalami kesulitan berimajinasi dalam menggambar. akibatnya anak hanya bisa meniru gambar yang dibuat oleh guru. Imajinasi sangat penting dimiliki oleh seoarang anak untuk membantu meningkatkan perkembangn otak,meningkatkan kemampuan komunikasi,kognitif,kreativ dan sosialnya. Ketika imajinasi dan kreativitas anak berkembang maka akan memebantu anak untuk mampu bercerita,memecahkan masalah dan mengembangkan ide-ide inovativnya. pada video di atas telah dibahas bagaimana upaya yang bisa dilakukan oleh guru untuk mmebnatu peserta didiknya mengatasi masalah sulit berimajinas saat menggambar,diantarnya mengajak anak keluar kelas dan melihat objek sekeliling untuk menstimulasi imajinasi anak,guru memebebaskan anak untuk menggambar sesuai dengan keinginannya kemudian memintanya untuk menceritakan apa yang telah dia gambar dan objek apa saja yang telah mereka temui. Hal ini sangatlah bagus dan efektif untuk membantu permaslahan anak. Mungkin bisa ditambah dengan penguatan tentang konsep simbol sehingga anak bisa membayangkan bentuk sebuah objek, menceritakan cerita-cerita menarik dengan karakter dan penggambaran suasana yang menarik perhatian anak,menceritakan bentuk-bentuk objek sehingga anak bisa mulai membayangkan tentang cerita dan membantu anak mulai mengasah imajinasinya. video di atas sangat brmanfaat bagi kita sebagai acuan untuk membantu mengatasi maslaah anak yang sulit berimajinasi saat menggambar yang meungkin terjadi di lembaga kita. Dengan melihat dan memahami video di atas kita bisa mempraktekkan untuk lembaga kita jika masalah tersebut terjadi,kita sudah punya bekal dan sudah tahu bagaimana cara mengatasinya.

Leave a Reply