silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Setelah melihat vidio diatas dapat disimpulkan bahwa setiap anak sebenarnya mempunyai daya imajinasi serta kreatifitasnya tinggal bagaimana kita sebagai guru menjadi fasilitator menyiapkan alat dan bahan untuk menggambar bisa menggunakan alat gambar pabrikan bisa juga dengan bahan alam ..bisa dilihat dalam kegiatan ini semua anak menggambar dan sudah dicontohkan oleh guru ..alangkah lebih baiknya anak lebih sering diajak melihat lingkungan sekitar agar bisa lebih mengeksplor apa yang nnti akan mereka lihat kemudian mereka gambar masing masing

  2. Sangat penting untuk diingat bahwa setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda, dan kita sebagai seorang pendidik tidak boleh membandingkan anak dengan anak yang lain. 

    Menurut saya vidio tersebut sangat mudah di pahami, vidio tersebut menggambarkan upaya guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar ruangan merupakan salah satu bentuk usaha untuk membuat anak lebih kreatif dalam menggambar dengan melihat pemandangan sekitar agar anak menjadi lebih terinspirasi untuk menggambar sesuai imajinasinya, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan. Dengan adanya vidio tersebut bisa menjadi wawasan bagi saya Untu di aplikasikan di lembaga saya. Sekian dari saya terima kasih.

  3. Tanggapan saya terhadap video tersebut sangat positif. Guru Taman Kanak-Kanak tersebut memperlihatkan pendekatan yang sangat baik dalam membantu anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu yang sesuai dengan minat mereka adalah langkah yang sangat tepat karena hal ini memungkinkan anak untuk mengekspresikan diri mereka dengan lebih bebas.
    Selain itu, mengajak anak keluar kelas dan meminta mereka untuk bercerita serta menggambarkan apa yang mereka temui di lapangan merupakan strategi yang sangat kreatif. Ini membuka kesempatan bagi anak-anak untuk mengalami hal-hal baru dan mengamati lingkungan sekitar mereka, yang dapat membangkitkan imajinasi mereka. Selain itu, dengan cara ini, guru dapat membantu anak-anak untuk menghubungkan pengalaman nyata dengan karya seni mereka, sehingga menguatkan koneksi antara imajinasi dan realitas.Pendekatan guru ini tidak hanya membantu anak-anak dalam mengembangkan imajinasi mereka, tetapi juga mengajarkan mereka untuk menghargai dan mengamati dunia di sekitar mereka. Semua ini dapat membantu dalam memperluas pandangan anak-anak tentang dunia dan membuka pintu bagi kreativitas yang lebih besar.

  4. Nama : Hesty Fithriani
    NIM : 855714801
    UPBJJ : Tarakan

    Kegiatan menggambar merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mengasah kreatifitas anak. Dengan membiarkan anak menggambar apa saja sesuai dengan imajinasinya, maka anak akan lebih leluasa dalam berimajinasi, tidak menoton dalam menuangkan karya gambar. anak akan bebas memilih objek yang akan digambar sesuai dengan imajinasinya masing-masing tanpa perlu melihat kawannya. hal ini menurut saya akan semakin meningkatkan daya kreasi anak karena jauh dari perintah serta batasan yang diberikan oleh seorang guru.
    Ketika hasil karya yang dibuat anak telah selesai, seorang guru akan melihat hasil orisinil dari karya tersebut yang menggambarkan daya kreasi gambar seutuhnya yang dimiliki oleh seorang anak.

  5. Nama : Hesty Fithirani
    NIM : 855714801
    UPBJJ : Tarakan
    Kegiatan menggambar merupakan kegiatan untuk melatih kreatifitas anak. Pada kegiatan menggambar seorang anak akan berimajinasi untuk menuangkan daya imajinasinya kedalam karyanya. Dengan membebaskan anak untuk berimajinasi maka anak akan lebih leluasa dalam mencari objek yang akan dijadikan sebagai karya gambarnya. Sebagaimana tayangan video di atas seorang guru sebaiknya membiarkan daya imajinasi anak sesuai dengan daya pikirnya. Hal ini bertujuan agar daya imajinasi anak lebih luas dan tidak dibatasi oleh perintah dari guru. sehingga karya yang dihasilkan diharapkan adalah karya orisinil seorang anak sesuai dengan daya pikirnya tanpa meniru atau menciptakan karya yang monoton.

  6. Kegiatan menggambar merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk melatih kreatifitas anak.
    Dengan menggambar, anak akan menggunakan daya imajinasinya untuk menciptakan suatu bentuk yang ia inginkan. Mereka akan terus berpikir kreatif menciptakan berbagai macam gambar sesuai imajinasinya. Jika ini dilakukan terus-menerus, kreativitas anak akan semakin terasah.
    Menggambar bisa menjadi sebuah media bagi anak untuk menyampaikan pesan, emosi atau bahkan hal-hal yang tidak bisa disampaikan secara verbal. Aktivitas menggambar dapat membantu seseorang yang mungkin memiliki hambatan dalam berkomunikasi, seperti memiliki rasa malu atau kurang percaya diri.

  7. Ada beberapa alasan mengapa anak mungkin sulit berimajinasi saat menggambar. Salah satunya mungkin kurangnya pengalaman atau pemahaman mereka tentang dunia sekitarnya. Beberapa anak juga mungkin lebih suka mengekspresikan diri mereka melalui kata-kata daripada gambar. Mungkin juga mereka belum menemukan gaya atau teknik menggambar yang sesuai dengan mereka. Menyediakan inspirasi, bahan-bahan berkualitas, dan memberikan dorongan positif bisa membantu mereka mengembangkan kreativitas mereka dalam menggambar.

  8. Assalamualaikum
    Suhaeniyah
    859156061
    Menanggapi video mengenai anak yang sulit berimajinasi melalui menggambar sudah pernah saya lakukan di sekolah PAUD tempat saya mengajar dan anak – anak sangat antusias ketika di ajak keluar kelas untuk mengamati lingkungan sekitar sekolah kemudian anak -anak dapat menggambar sesuai dengan imajinasinya masing – masing lalu saya meminta anak untuk menceritakan gambar tersebut. Pembelajaran seperti ini dapat mengembangkan kemampuan kognitif yaitu menuangkan ide-ide anak melalui gambar,kemudian kemampuan pwrilaku anak dapat berlatih mandir sesuai tahapan usia, kemampuan bahasa anak dapat menceritakan gambar yg dibuat sendiri,

  9. Judul Video “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”.
    Beberapa anak mungkin merasa takut membuat kesalahan atau menggambar sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan mereka sendiri atau orang lain.Anak-anak yang tidak mendapatkan dorongan atau dukungan dari orang tua atau guru mungkin merasa kurang termotivasi untuk bereksplorasi dalam menggambar.Untuk membantu anak mengatasi kesulitan ini, penting untuk:Memberikan Dukungan dan Dorongan: Berikan pujian yang konstruktif dan dorong anak untuk bereksperimen tanpa takut gagal.Menyediakan Sumber Inspirasi: Sediakan buku cerita, film, atau kunjungan ke tempat-tempat yang bisa memicu imajinasi mereka.Membuat Lingkungan yang Mendukung: Buat ruang di rumah yang nyaman dan bebas dari distraksi untuk kegiatan seni.

  10. Megawati (858306176) TKN Tunas Muda Pokjar Tabalong
    Judul Video “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”.
    Beberapa anak mungkin merasa takut membuat kesalahan atau menggambar sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan mereka sendiri atau orang lain.Anak-anak yang tidak mendapatkan dorongan atau dukungan dari orang tua atau guru mungkin merasa kurang termotivasi untuk bereksplorasi dalam menggambar.Untuk membantu anak mengatasi kesulitan ini, penting untuk:Memberikan Dukungan dan Dorongan: Berikan pujian yang konstruktif dan dorong anak untuk bereksperimen tanpa takut gagal.Menyediakan Sumber Inspirasi: Sediakan buku cerita, film, atau kunjungan ke tempat-tempat yang bisa memicu imajinasi mereka.Membuat Lingkungan yang Mendukung: Buat ruang di rumah yang nyaman dan bebas dari distraksi untuk kegiatan seni.

Leave a Reply