silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Mamlu’atul Fitriyah
NIM : 857761189
Pada video tersebut menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru. Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.
Nama : Sunarti
Nim : 859388417
Setelah menonton tayangan video diatas , kegiatan yang dilakukan oleh guru belum lengkap langsung pada kegiatan inti yaitu guru memberikan contoh gambar pada anak sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan dan penutup yang dilakukan oleh guru. tetapi strategi yang dilakuana oleb Guru sudah tepat untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar seperti memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Nama : PURWANTO
NIM : 857929173
Menurut pendapat saya dari vidio diatas yang dilakukan guru untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar sudah baik, namun salah satu kegiatan yang bisa di lakukan guru untuk mengatasi masalah tersebut bisa dengan mengjak anak untuk mengamati dunia di sekitar mereka misalnya;
1. Berjalan-jalan di alam: Ajak anak untuk mengamati berbagai macam benda di alam, seperti pohon, bunga, hewan, dan awan. Mintalah anak untuk menggambar apa yang mereka lihat setelah kembali ke rumah.
2. Pergi ke kebun binatang atau museum: Biarkan anak untuk mengamati berbagai macam hewan dan benda-benda bersejarah. Mintalah anak untuk menggambar apa yang mereka lihat setelahnya.
3. Berbicara tentang pengalaman sehari-hari: Tanyakan kepada anak tentang apa yang mereka lakukan di sekolah, saat bermain dengan teman, atau saat berlibur. Mintalah anak untuk menggambar pengalaman tersebut.
lengkap langsung pada kegiatan inti yaitu guru memberikan contoh gambar pada anak sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan dan penutup yang dilakukan oleh guru. tetapi strategi yang dilakuana oleb Guru sudah tepat untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar seperti memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan
Nama Yuliani Sumiati
Nim 859286844
Sebagai seorang guru PAUD, ketika anak sulit berimajinasi saat menggambar, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan kreatif mereka. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:
1.Mendorong anak untuk bermain dengan warna: Mendorong anak untuk bereksperimen dengan warna yang berbeda dan mencoba menggambar dengan warna yang berbeda. Ini akan membantu mereka mengembangkan keterampilan kreatif mereka dan belajar tentang warna dan warna yang berbeda.
Mendorong anak untuk 2.menggambar objek yang berbeda: Mendorong anak untuk menggambar objek yang berbeda, seperti hewan, buah-buahan, dan benda-benda lain. Ini akan membantu mereka mengembangkan keterampilan kreatif mereka dan belajar tentang objek yang berbeda.
3.Mendorong anak untuk menggambar cerita: Mendorong anak untuk menggambar cerita, seperti petualangan atau kejadian lain. Ini akan membantu mereka mengembangkan keterampilan kreatif mereka dan belajar tentang struktur cerita.
4.Mendorong anak untuk menggambar dengan gaya yang berbeda: Mendorong anak untuk menggambar dengan gaya yang berbeda, seperti menggambar dengan kuas atau menggambar dengan warna yang berbeda. Ini akan membantu mereka mengembangkan keterampilan kreatif mereka dan belajar tentang berbagai gaya menggambar.
5.Mendorong anak untuk berbagi karya seni mereka: Mendorong anak untuk berbagi karya seni mereka dengan orang lain, seperti teman sebaya atau keluarga. Ini akan membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial mereka dan belajar tentang berbagi dan berkomunikasi tentang karya seni mereka. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membantu anak PAUD Anda mengembangkan keterampilan kreatif mereka dan belajar tentang seni dan seni yang berbeda. Ini juga akan membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik halus mereka, yang penting untuk perkembangan mereka secara keseluruhan.
Menurut pendapat saya dari video diatas yang dilakukan guru untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar sudah baik, namun salah satu kegiatan yang bisa di lakukan guru untuk mengatasi masalah tersebut bisa dengan mengjak anak untuk mengamati dunia di sekitar mereka misalnya ;
1. Berjalan-jalan di alam: Ajak anak untuk mengamati berbagai macam benda di alam, seperti pohon, bunga, hewan, dan awan. Mintalah anak untuk menggambar apa yang mereka lihat setelah kembali ke rumah.
2. Pergi ke kebun binatang atau museum: Biarkan anak mengamati berbagai macam hewan dan benda-benda bersejarah. Mintalah anak untuk menggambar apa yang mereka lihat setelahnya.
3. Berbicara tentang pengalaman sehari-hari: Tanyakan kepada anak tentang apa yang mereka lakukan di sekolah, saat bermain dengan teman, atau saat berlibur. Mintalah anak untuk menggambar pengalaman tersebut.
Nama : Raden Dhika Kamesywara Tatha
Nim : 857930382
Setelah mengamati video di atas, cara yang dilakukan Guru dalam mengatasi anak yang kesulitan berimajinasi sudah tepat, namun mungkin bisa di tambah kan pada awal kegiatan inti anak bisa kita ajak menonton video yang sesuai dengan tema yang akan berlangsung hari itu, serta Guru memberikan stimulus kepada anak yang dapat merangsang imajinasi nya dalam menggambar bebas
Nama : Raden Dhika Kamesywara Tatha
Nim : 857930382
Setelah melihat video pembelajaran di atas metode yang dilakukan Guru sudah tepat cara untuk memberikan stimulus kepada anak agar dapat menambah imajinasi nya dalam menggambar bisa dengan mengajak anak di lingkungan sekitar dan bisa juga di tambah dengan menonton video pembelajaran yang sesuai dengan tema pembelajaran yang akan berlangsung hari itu, jangan lupa Guru harus memberikan reword pada anak – anak
Nama: Dela Nita sari
Nim: 858181886
Assalamualaikum ijin mengomentari menurut saya menggambar besar adalah cara yang sangat efektif untuk mengembangkan imajinasi anak. . Anak jadi bisa mengutarakan apa yang ada di pikirannya dengan bebas dan se luas- luasnya . Apalagi menggambar di luar ruangan itu juga efektif karena anak mampu meniru berbagai bentuk benda hidup dan mati yang ada di alam sekitar.
NAMA : JULIA SAL SABILA
NIM : 858182641
video diatas menggambarkan tentang seorang anak yang menggambar bebas supaya anak bisa berimajinasi dan mengemukakan hasil karyanya sendiri.