silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama       : Erlin Karlina
    NIM          : 858306825
    Prodi        : S1 PGPAUD
    UPBJJ     : Banjarmasin

    a. Judul video  : anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Pengembang Video : Sutradara, Donny Harsabudhi
    Naskah, Neti Hernawati
    Penelaah Materi, Siti Aisyah
    Penelaah Media, Trini Prastati
    Lokasi : Halaman Sekolah
    Kelompok Anak : semua anak
    Ringkasan Materi : Dari hasil analisis saya setelah melihat video tersebut, cara yang dilakukan guru dalam meningkatkan imajinasi anak dan mengatasi anak yang sulit untuk berimajinasi sudah tepat. Karena dalam video tersebut guru menstimulus anak secara bertahap, yang pertama yaitu ketika guru mencontohkan gambar dipapan tulis dari hal tersebut lah imajinasi anak mulai tumbuh, karena anak akan meniru apa yang dicontohkan oleh gurunya. Setelah itu cara atau upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan dan mengatasi anak yang susah berimajinasi yaitu dengan cara mengajak anak untuk ke halaman sekolah dan kemudian disitulah guru mengajak anak-anak untuk mengamati apa saja yang ada disekitarnya seperti bentuk-bentuk, tumbuh-tumbuhan, dan lain. Maka dari upaya tersebut makin banyak ide-ide yang anak dapatkan, sehingga anak mampu berimajinasi lebih luas.

    b. Dari video yang saya lihat tersebut telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini, dimana saat kegiatan pembelajaran berlangsung guru memberikan sesi Tanya jawab tentang hasil karya yang dibuat oleh anak-anak. maka dari evaluasi tersebutlah guru mendapatkan informasi sehingga dapat menentukan tingkat pencapaian perkembangan anak.

    c. Menurut saya ada beberapa hal yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang guru lakukan pada video tersebut, seperti penjelasan yang diberikan kepada peserta didik harus lebih jelas. Pada saat anak-anak diajak untuk mengamati benda-benda yang ada dihalam sekolah, sebaiknya guru juga memberikan penjelasan mengenai apa saja yang ada di halam sekolah. dan ketika guru memberikan kebebasan dalam menggambar sebaiknya tidak perlu dicontohkan dipapan tulis, karena dengan dicontohkan oleh guru kreativitas atau imajinasi anak tidak akan berkembang dan anak akan meniru apa yang guru contohkan. Namun ketika anak disuruh menggambar bebas dan tidak diberi contoh, maka imajinasi anak akan lebih luas sehingga imajinasi tersebu akan dituangkan pada gambarannya.

  2. Nama : Anik Sarwanti
    Nim: 857844235

    Menurut saya video yang ditampilkan sudah memuat tentang
    1. guru memberikan apersepsi sebelum mengajar dan memberikan penugasan kepada anak untuk menggambar bebas kemudian guru sudah melakukan evaluasi dari hasil belajar anak. Ternyata hasil evaluasi tersebut guru menemukan permasalahan pada anak yaitu anak mengalami kesulitan berimajinasi atau menuangkan ide gagasanya sendiri kedalam sebuah gambar. terlihat pada hasil karya anak-anak yang membuat gambar sama seperti yang dicontohkan oleh guru didepan kelas, pada tahap ini anak baru bisa meniru gambar orang lain. kreativitas anak belum terstimulus dengan baik.
    2. Guru melakukan perbaikan tindakan dalam memilih metode pembelajaran untuk meningkatkan daya imajinasi anak dalam menggambar bebas. guru mengajak anak untuk melihat objek secara langsung diluar kelas, kemudian melakukan tanya jawab, penugasan dan melakukan evaluasi.

  3. Nama:Santi sardianti
    Nim:859171974
    Prodi:PGPAUD
    Upaya guru untuk menangani anak yg sulit berimajinasi.
    Saya lihat anak cenderung mengikuti contoh menggambar yg di beri sama ibu guru karena anak sulit berimajinasi sendiri, namun ibu guru sudah sangat bagus menyuruh anak keluar di halaman kelas untuk melihat pemandangan di sekitar nya dan sa,at masuk kembali ke kelas ibu guru menanyakan tentang apa yg di lihat sama anak2 di halaman sekolah dan menyuruh anak-anak menggambar apa yg mereka lihat jadi imajinasi anak akan tumbuh sendiri dalam pikirannya dan bisa menggambar bebas dengan imajinasi nya sendiri.

  4. Nama : Silvia Dinda Novita
    Nim : 858167269
    Prodi : S1 PGPAUD

    Guru tersebut sudah cukup tersistematis dalam menerapkan strategi untuk anak – anak bisa menggambar berdasarkan apa yang mereka imajinasikan. Namun ada beberapa poin yang perlu diperhatikan, kurangnya storytelling dari guru untuk anak – anak memulai pemanasan imajinasi mereka membayangkan apa yang guru sampaikan melalui penceritaan. Poin lainnya ialah kurang nya referensi untuk memberikan contoh gambar selain gunung, sawah, matahari, awan, jalanan. Saya rasa hal itu adalah bentuk tiruan pula yang sudah didiktekan secara tidak langsung dari jaman dahulu. Gambar universal se-Indonesia.

  5. Nama: Sartini
    NIM: 857838557
    PGPAUD

    Vidio mengenai anak sulit berimajinasi saat menggambar. Vidio ini menerangkan bahwa anak-anak mengalami kesulitan saat berimajinasi, di mana pada saat anak disuruh oleh guru menggambar bebas dengan diberikan contoh oleh gurunya berupa gambar gunung dan rumput anak malah menggambar apa yang dicontohkan gurunya,
    Dalam video ini setelah anak-anak selesai mengerjakan tugas guru langsung memberikan asesment kepada anak-anak setelah itu karena gambar anak rata-rata sama yaitu gunung dan rumput seperti apa yang dituliskan digambarkan gurunya kemudian guru memberikan cara atau solusi agar anak-anak bisa menggambar sesuai imajinasinya, di mana anak-anak diajak guru untuk melihat keluar atau pergi keluar untuk melihat lingkungan sekitar, setelah selesai anak-anak juga diajak untuk menceritakan apa yang mereka lihat di luar kemudian guru menyuruh anak-anak untuk menggambarkan apa yang mereka lihat tadi. Hal ini menurut saya sangat bagus.
    Saran saya mengenai video ini sebaiknya saat anak diajak menggambar sesuai imajinasinya kita bebaskan saja tidak usah kita beri contoh, apa yang dipikirkan anak biar mereka tuangkan dalam gambar. selain mengajak keluar kelas kita juga bisa melihatkan video tentang lingkungan sekitar ataupun bisa melihatkan buku-buku bergambar jadi banyak referensi yang bisa anak-anak dijadikan inspirasi untuk menggambar. Selain menggunakan krayon kita juga bisa menggunakan arang menggunakan batu sehingga ada media lain yang bisa digunakan anak untuk menggambar bebas. Atau bisa juga dengan finger painting anak-anak pasti akan lebih tertarik dan bisa bereksplorasi sesuai imajinasinya saat menggambar.

  6. Nama : Rahmadhani Indah Wahyuni

    Nim : 857730342

    UPBJJ : Semarang Pokjar Rembang

    Ijin menanggapi,,,,

    Judul Video : Anak sulit berimajinasi saat menggambar

    – Reaksi siswa pada video tersebut yaitu siswa cenderung menirukan gambar yang guru contohkan, padahal kegiatannya yaitu menggambar bebas. Siswa juga mengikuti pembelajaran dengan baik, sehingga pembelajaran terlihat kondusif.

    – Kelemahan guru pada video tersebut yaitu guru tidak memberikan penjelasan pada anak ketika mengamati benda – benda diluar sekolah.

    – Keunggulan guru pada video tersebut yaitu guru melakukan pembelajaran dengan baik, mengetahui kekurangan hasil pembelajaran dan segera mengatasinya yaitu dengan mengajak anak mengamati benda – benda diluar kelas.

    – Hal unik yang saya temukan yaitu terlihat anak – anak yang aktif akan tetapi dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

    – Upaya yang dapat saya ususlkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran tersebut yaitu sebaiknya guru tidak usah memberikan contoh gambar ketika melakukan kegiatan menggambar bebas, karena naak akan cenderung menirukan gambar guru tersebut.

    Terimakasih,,,,

  7. Menurut saya guru tersebut sudah baik dan maksimal,tetapi alangka lebih baik nya guru tersebut memberikan dulu penjelasan tentang lingkungan di sekitarnya.dengan mengajak anak keluar kelas seperti di Vidio tersebut anak juga mampu berimajinasi dengan lingkungan disekitarnya.

  8. Nama : Rahmadhani Indah Wahyuni

    Nim : 857730342

    UPBJJ : Semarang Pokjar Rembang

    Ijin menanggapi,,,,

    Judul Video : Anak sulit berimajinasi saat menggambar

    – Reaksi siswa pada video tersebut yaitu siswa cenderung menirukan gambar yang guru contohkan, padahal kegiatannya yaitu menggambar bebas. Siswa juga mengikuti pembelajaran dengan baik, sehingga pembelajaran terlihat kondusif.
    – Kelemahan guru pada video tersebut yaitu guru tidak memberikan penjelasan pada anak ketika mengamati benda – benda diluar sekolah.
    – Keunggulan guru pada video tersebut yaitu guru melakukan pembelajaran dengan baik, mengetahui kekurangan hasil pembelajaran dan segera mengatasinya yaitu dengan mengajak anak mengamati benda – benda diluar kelas.
    – Hal unik yang saya temukan yaitu terlihat anak – anak yang aktif akan tetapi dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
    – Upaya yang dapat saya ususlkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran tersebut yaitu sebaiknya guru tidak usah memberikan contoh gambar ketika melakukan kegiatan menggambar bebas, karena naak akan cenderung menirukan gambar guru tersebut.

    Terimakasih,,,,

  9. Nama Izzah Lidina
    Nim : 858165914
    Judul: Anak Sulit berimajinasi saat menggambar
    Untuk menambah imajinasi anak dapat dilakukan dengan mengajak anak belajar keluar kelas untuk melihat benda maupun pemandangan yang ada di sekitar, memberikan motivasi kepada anak…
    Hal yang dilakukan oleh guru sudah bagus karena telah memberikan motivasi kepada anak dan memperhatikan anak sehingga bisa menambah imajinasi anak

Leave a Reply