silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : IRMA

    NIM : 858309472

    UPBJJ : BANJARMASIN

    Pada video pembelajaran yang berjudul ” Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”
    Menurut saya, sudah tepat sebagai peran guru dengan memberikan kebebasan pada anak-anak untuk menggambar sesuai imajinasi dan minat mereka supaya anak -anak terampil dan kreatif. Seperti pada saat guru membantu dengan memfasilitasi mengajak anak-anak ke halaman sekolah untuk menggali melihat apa yang ada dilihat mereka untuk menuangkan ide-ide dalam bentuk gambar dan sambil bercerita tentang apa yang dilihat dihalaman sekolah, setelah itu guru melakukan tanya jawab dengan anak-anak mengenai hasil karya yang dibuat apa saja yang ada dihalaman sekolah. Video ini sangat bagus menginspirasi untuk memotivasi dan mengembangkan imajinasi mengatasi kesulitan menuangkan ide-ide dalam menggambar.

    Terima kasih.

  2. Nama : Lailiyah
    NIM : 858562791
    POKJAR : Bangil
    Semeter : 8 PGPAUD
    Pada video tersebut sangatlah menginspirasi para guru diluar sana, yang mana pada tayangan video tersebut mengajarkan anak untuk berani mengekspresikan dan menuangkan ide dan gagasaannya dalam bentuk gambar bebas. dengan begitu guru secara tidak langsung memberi kesempatan kepada anak untuk melatih percaya diri dengan menunjukan ide dan gagasannya, dan mencurahkan ide dan kreatifitasnya dalam bentuk menggambar bebas.
    Nanum disini ada masukan bagi guru dalam tayangan video tersebut:
    1. Pada tayangan video tersebut anak lebih cenderung disuruh mengingat berdasarkan apa yang pernah dilihat sebelumya, dan kemungkinan anak akan lupa apa yang dia lihat, dan ketika dia lupa maka yang akan terjadi anak akan melihat hasil karya teman disampinya dan akan mencontohnya.
    2. alangkan baiknya jikalau anak langsung diajak ketempat secarra langsung, misal ke sawah saat pembelajaran tema alam semesta, dari situ anak dilatih mengembangkan pembelajaran kontekstal melalui kegiatan menggambar bebas. dan anak akan menggambar bebas sesuai dengan apa yang dia lihat ditempat tersebut, dan dengan kegiatan demikian sedikit menepis anak yang kesulitan dalam berimajinas karena anak lebih mudah untuk menggambar apa yang dia lihat secara nyata, dan menghindari anak untuk mengahsilkan karya gambar yang sama satu dengan yang lainnya.

    Sekian Terimakasih,,,,

  3. Nama : Yusmeli maya sari
    Nim :859808391
    Pokjar : Asahan

    Dalam vidio tersebut saya melihat guru menyuruh anak didik nya untuk menggambar bebas, dan guru tersebut memberi contoh menggambar pemandangan. Dan kebanyakan anak mengikuti apa yang ibu guru gambar yaitu pemandangan alam.
    Setelah melihat hasil gambar dari anak didiknya lalu ibu menyadari bahwa anak didik nya kurang berimajinasi, lalu guru tersebut mengajak anak didiknya untuk keluar kelas melihat apa saja yang ada di luar kelas. Mereka melihat ada jalan raya, mobil, pos satpam, pohon bermacam-macam, dan tanaman bunga-bunga. Dan mereka kembali ke kelas dan melanjutkan menggambar lagi, barulah anak menggambar yang bermacam-macam sesuai dengan apa yang ia lihat di luar, tidak lagi meniru apa yang ibu guru gambarkan sebagai contoh.

    Menurut saya vidio itu sangat bagus untuk mengembangkan kemampuan anak yang sukar berimajinasi.

  4. Perkenalkan saya
    Nama : Asmiati
    NIM : 858312503
    Pokjar : Barito Kuala
    UPBJJ : Banjarmasin

    Setelah saya menyimak video seri pembelajaran paud yang berjudul “Anak sulit Berimajinasi saat Menggambar” dari video di atas tampak guru sudah memberikan solusi yang baik ketika anak kesulitan berimajinasi saat kegiatan menggambar,anak terlihat banyak yang menirukan gambar ibu guru d papan tulis ,padahal ibu guru sudah memberikan kebebasan untuk menggambar apa saja yang mereka inginkan ,dari situ terlihat anak anak kesulitan berimajinasi ,kemudian ibu guru mengajak anak anak untuk keluar kelas dan mengajak anak anak untuk mengamati apa saja yang ada di lingkungan sekitar sekolah, dan guru kembali mengajak anak untuk menggambar sesuai apa yang mereka lihat di luar tadi, terlihat anak anak antusias menggambar bermacam macam bentuk sesuai yang mereka lihat tadi,dari video di atas peran guru sudah sangat tepat dan menginspirasi menurut saya

  5. Menanggapi Video Anak sulit berimajinasi saat menggambar sangat inspiratif dan menjadikan salah satu sumber yang berguna untuk motifasi guru untuk mengaplikasikan metode pembelajaran kepada anak-anak. Teknik -teknik yang tuangkan mudah dipahami anak. Membantu daya imajinasi anak yang sangat erat kaitannya dengan kreativitas anak. Dengan berimajinasi, anak akan semakin terpancing untuk menggali rasa ingin tahunya.
    Kreativitas itu sendiri adalah respon unik anak-anak terhadap semua yang mereka lihat dan dengar. Anak bereaksi terhadap stimulasi, pengalaman, dan ide akan merangsang kreativitas dan imajinasi mereka.
    Memberi anak ruang dan waktu yang cukup untuk bereksplorasi dan bereksperimen dan membebaskan anak berimajinasi dapat membantunya membangun kepercayaan diri dan kemandirian.
    Berimajinasi juga akan membantu anak mengembangkan keterampilan berpikir kritis untuk menyelesaikan masalah dan menghasilkan sesuatu yang inovatif.

  6. Izin menanggapi terkait vidio pembelajaran yang berjudul “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”
    Menurut saya peran guru dalam vidio pembelajaran tersebut sudah baik dan sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik, sebelum meminta anak untuk menggambar guru memberikan contoh terlebih dahulu. Guru sudah memberikan perintah yang cukup jelas dan berulang namun anak-anak ada yang belum paham. Sehingga guru mengajak anak-anak untuk melihat-lihat sekeliling sekolah agar anak dapat berimajinasi dan menggambar sesuai apa yang dilihat saat berkeliling di halaman sekolah, guru pun memberi pertanyaan tentang apa saja yang anak-anak lihat saat berkeliling, setelah itu guru meminta anak-anak mengambar apa yang anak-anak lihat sesuai dengan inajinasi anak. Terlihat anak-anak sudah mengambar sesuai apa yang mereka lihat seperti ada yang mengambar mobil dan lain-lain.
    Menurut saya setelah anak-anak menggambar sebaiknya guru memberikan apresiasi/pujian terhadap hasil anak meskipun hasilnya tidak sesuai atau kurang bagus, agar anak merasa bangga dengan hasilnya dan termotivasi.

  7. Nama : Saginem
    Nim : 856820867
    Pokjar : Mukomuko
    UPBJJ UT : 19/ Bengkulu

    Setelah melihat dan mengamati vidio tersebut
    Bahwa anak belum bisa berimajinasi
    Menggambar
    Setelah di perhatikan
    Guru mempunyai inisiatif
    Supaya anak berhayal
    Apa dan bagaimana sih bentuk pohon misalnya
    Anak anak di ajak keliling di lingkungan sekitar sekolah
    Anak anak di kenalkan melihat tanaman di sekitar sekolah

    Setelah berkeliling di sekitar sekolah
    Guru mintak beristirahat sebentar
    Setelah itu menanyakan kepada anak anak
    Apa yang sudah di lihatnya tadi
    Dengan begitu daya hayal anak akan muncul dan berimajinasi

  8. WIDIA ENDANGSARI
    857506332

    Pendapat saya tentang video ini sangat bagus untuk mengungkapkan ato menuangkan ide danperasaan anak melalui gambar ato coretan sesuai kehendak anak,, anak akan lebih cepat tanggap jika melihat di sekeliling atau menggambar apa yang disukai nya maka anak akan cepat menuangkan cerita atau gambar dengan secara cepat tanpa harus melihat contoh.

  9. Bismillah,
    Nama : Siti Mulianita Sione
    NIM : 856320662
    Saya izin menanggapi video tersebut.
    Menurut saya pada video tersebut sudah bagus dan menginspirasi guru0guru di luar sana tentang anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Dilihat dari kegiatan yang diberikan oleh guru kepada anak dengan memberi kebebasan berekspresi terhadap karya seni apa yang akan mereka celupkan di atas kertas tersebut. Kemudian guru menyediakan alat mewarnai dan bahan lain seperti kertas/karton untuk menginspirasi eksplorasi. Kemudian mengajak anak-anak menceritakan apa yang mereka gambar pada kertas tersebut sehingga ini juga menstimulus cara berkomunikasi anak dengan guru maupun kawan sebaya.
    Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan.

    Sekian,
    Terima Kasih

  10. NAMA ;IPAH SARIPAH
    NIM ; 836384764
    setelah melihat pemutaran video tersebut sanagat memberikan inspirasi ,di kelas yang saya pegang sekarang ada anak yang ketika di suruh menggambar masih bingung gambar apa ,mudah -mudahan dengan solusi yang ada pada video ini bisa diterapkan dan dipraktekan pada anak didik saya ,terima kasih ,sangat menginspirasi .

Leave a Reply