silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Rambu Renii Ana Ndamu
    Nim :859288809
    Mk :Pemantapan Kemampuan Mengajar

    Dari Video Tersebut Sangat membantu Guru untuk Mengatasi anak yang kurang berimajinasi,
    Dimana Bu Lina, memberikan kebebasan anak Untuk menggambar bebas, dan Melihat berbagai tanaman, pohon yang ada diluar.membuat anak semangat dan untuk belajar

  2. Nama : Simulyati
    Nim : 857581244

    Menurut saya peran guru dalam video pembelajaran tersebut sudah sangat sesuai dengan kebutuhan anak, seperti memberikan contoh terlebih dahulu sebelum memulai menggambar, lalu memberikan perintah yang cukup jelas dan berulang namun masih adanya anak yang belum paham dengan perintah yang diberikan guru. Lalu guru berinisiatif mengajak anak-anak untuk melihat sekeliling sekolah agar anak dapat berimajinasi setelah melihat lingkungan disekitar sekolahnya. Setelahnya guru menanyakan apa saja yang dilihatnya dengan metode tanya jawab ataupun bercerita dan melakukan kembali kegiatan menggambar.
    Saran saya :
    1. membebaskan anak menggambar bebas
    2. Memberikan wawasan baru dengan melihat lingkungan disekitar anak.
    3. Memberikan stimulasi imajinasi berupa membacakan buku cerita dan bermain peran.
    4. Memberikan kertas bergambar agar anak dapat meniru gambar lain selain gambar yang dicontohkan oleh guru.

  3. Nama saya: Yenni Destina Manungkalit
    Nim: 859896712
    Prodi: PG PAUD
    Pokjar: Tapanuli Selatan

    Izin menanggapi video diatas mengenai hal anak sulit berimajinasi.
    Imajinasi dan kreativitas sangat penting bagi perkembangan anak karena dapat meningkatkan perkembangan fisik mereka, mengoptimalkan tumbuh kembang karena bermain imajinasi dapat membuat otak berpikir atau bekerja lebih keras .
    Dalam video tersebut guru telah melakukan upaya yang cukup baik karena telah mengajak anak untuk bebas menggambar sesuai minat anak.
    Hanya saja pada saat permulaan kegiatan guru berbicara terlalu cepat dan tidak lebih dulu mengajak anak untuk mengamati lingkungan sekitar sekolah sehingga anak hanya fokus pada contoh gambar yang di buat oleh ibu guru di awal.

  4. Nama : Desty Rahmadhani
    Nim : 857204959
    UPBJJ Serang
    dari video yang telah di tayangkan kita dapat mempelajari atau memetik suatu ide yang bisa di aplikasikan ketika kita mengalami hal serupa, upaya ini dapat kita lakukan di sekolah kita jika suatu saat menemukan masalah \ kasus serupa. Anak-anak mungkin mengalami kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar karena beberapa alasan:
    1. Keterbatasan Pengalaman: Anak yang belum banyak terpapar berbagai pengalaman atau lingkungan mungkin kekurangan ide untuk diekspresikan.

    2. Tekanan Eksternal : Harapan dari orang tua atau guru dapat membuat anak merasa harus menggambar dengan cara tertentu, yang menghambat kreativitas mereka.

    3. Keterampilan Motorik : Jika keterampilan motorik halusnya belum berkembang, anak mungkin merasa frustrasi, sehingga menghambat keinginan untuk bereksperimen.

    4. Kekhawatiran tentang Penilaian : Rasa takut akan penilaian atau kritik dari orang lain dapat membuat anak ragu untuk mengekspresikan imajinasinya.

    5. Model Referensi yang Terbatas : Tanpa referensi visual atau inspirasi yang cukup, anak mungkin merasa kesulitan untuk menemukan ide.

    Memberikan ruang untuk eksplorasi tanpa tekanan dan meningkatkan paparan terhadap berbagai pengalaman bisa membantu meningkatkan kemampuan imajinasi anak.

  5. NAMA : CITRA TRIOLISA SY
    NIM : 858955433
    PRODI : S1 PAUD
    UPBJJ JEMBER
    Dari video yang saya lihat anak anak tampak senang dan menemukan inspirasi dalam berimajinasi untuk menggambar bebas setelah diajak berkeliling melohat lihat benda di luar kelas. Menurut saya guru tersebut sudah mampu memahami kesulitan anak dalam belajar dan guru dapat memecahkan kesulitan belajar tersebut sehingga anak anak dapat berimajinasi kreatif membuat gambar berbeda selain yang dicontohkan

  6. NAMA : CITRA TRIOLISA SY
    NIM : 858955433
    PRODI : S1 PAUD
    UPBJJ JEMBER
    Setelah saya melihat video kegiatan belajar menggambar bebas tersebut, saya melihat anak anak tampak senang dan menemukan inspirasi dalam berimajinasi untuk menggambar bebas setelah diajak berkeliling melohat lihat benda di luar kelas. Menurut saya guru tersebut sudah mampu memahami kesulitan anak dalam belajar dan guru dapat memecahkan kesulitan belajar tersebut sehingga anak anak dapat berimajinasi kreatif membuat gambar berbeda selain yang dicontohkan

  7. Assalamu’alaikum wr wb
    Nama : Suratmi
    Nim : 857822967
    Pokjar : Boyolali
    Menurut saya pada vidio pengembangan kognitif yang berjudul : ‘Anak sulit berimajinasi saat mengambar”
    Pada vidio tersebut guru sudah memberikan kebebasan kepada anak untuk menuangkan ide dan imajinasinya dalam bentuk gambar yang di sukai oleh anak, guru tersebut juga telah melakukan berbagai cara dalam menumbuhkan dan memberikan pengalaman kepada anak dengan mengajak mereka kehalaman sekolah untuk melihat suasana di luar dengan mengamati berbagai tanaman dan benda yang ada di halaman sekolah untuk menambah pengetahuan agar anak dapat menuangkan dalam bentuk gambar. Guru juga mengajak bercerita anak – anak serta menfasilitasi anak dalam berimajinasi dengan baik namun anak – anak mengambar sama seperti yang di buat bu guru. Saran saya supaya dalam mengali kreativitas anak di samping kegiatan tersebut guru juga memberikan pertanyaan kepada anak entah mau mengambar apa dan memberikan kalimat pemantik agar anak berimajinasi dengan menuangkan dalam bentuk gambar serta memberikan tidak hanya satu gambar saja namun berbagai macam agar anak dapat melihat dan memilih sesuai yang di minati

  8. Nama : Laelatul Solekah
    NIM :858558594
    UPJBB MALANG
    POKJAR AMANAH BLITAR RAYA
    Berdasarkan video diatas cara guru memberikan solusi pada anak untuk menemukan imajinasinya sudah baik dan guru merespon cepat apa yang harus dilakukan ketika peserta didik mengalami suatu kendala,dan merefleksi dirinya.
    Namun hal tersebut ada kelemahan bagi anak yang belum bisa menuangkan imajinasinya pada gambar yang mana masih membutuhkan arahan guru bagaimana cara menggambar sesuai imajinasinya ,dengan melakukan tanya jawab kembali pada anak. Untuk hasil yang lebih optimal.
    Sekian pendapat saya terima kasih.

  9. Nama : Tara
    Nim : 858062859
    Pokja : Tumbang Titi
    Terkait dengan video diatas, saya juga sebagai guru di TK sangat senang melihat kegiatan yang dilakukan oleh guru-guru yang ada didalam video tersebut.
    Karena anak-anak khusus nya di TK/PAUD pada umumnya jika disuruh menggambar selalu bilang nya tidak tau bunda jadi kita sebagai guru harus memberikan contoh untuk anak-anak.
    Namun saat sudah diberikan contoh pun tetap ada juga anak bilang tidak tau cara membuat nya, sehingga kita sebagai guru harus selalu kreatif untuk bisa membantu anak-anak untuk berpikir kreatif dan berimajinasi yang luas.

  10. Nama : Nurintan Desianti
    Nim :857454678

    Izin untuk menanggapi video di atas, menurut saya guru tersebut sudah benar dan jelas ketika guru memerintahkan anak untuk menggambar dan guru tersebut membebaskan anak untuk mengggambar bebas, dengan guru memfasilitasi anak untuk menggambarkan sesuatu sesuai imajinasi anak dengn mengajak anak keluar sekolah untuk melihat apa saja yang mereka lihat. disana langkah guru tersebut sudah benar, karena mengajak anak secara langsung melihat apa yang mereka lihat. dan setelah itu guru juga memerintahkan anak untuk bercerita apa saja yang mereka gambar .
    terimakasih.

Leave a Reply