silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Assalamu’alaikum wr wb
Nama : Dian andrianih
Nim : 857240909
pokjar : Serang
Menurut pendapat saya mengenai video di atas tentang pengembangan kognitif yang berjudul : ” Anak sulit berimajinasi saat menggambar’
Video diatas sangat bagus, kita dapat mengambil pelajaran bagaiman mengatasi anak sulit berimajinasi saat menggambar dengan mengajak anak-anak berkeliling sekolah melihat macam-macam objek yang bisa di lihat untuk anak menggambar dan menuangkan ide anak apa yang ingin digambar oleh anak agar gambar anak dengan anak yang lainnya berbeda , dan juga mengajak anak untuk bercerita apa saja yang dilihatnya di luar sekolah dengan mengajak anak-anak berkeliling di sekolah anak dapat melihat langsung dan nyata beberapa objek gambar agar dapat mengembangkan imajinasi anak dalam menggambar dan dapat membangkitkan minat anak dalam menggambar.
Nama: Acik Ani Artinengtyas/858553595
Menurut saya guru dalam video tersebut sudah sesuai dengan alur pembelajaran dengan memberikan contoh terlebih dahulu kepada anak-anak. Boleh menggambar bebas sesuai imajinasi dan keinginnya, tetapi ada anak yang belum bisa menggambar sesuai imajinasi.kebanyakan anak masih meniru gambar temannya.dalam video tersebut untuk menggali kreativitas anak,guru mengajak anak menggambar bebas sesuai keinginnanya jika masih dirasa belum bisa menggali maka akan diajak guru berkeliling di halaman sekolah,untuk memberi inspirasi anak dalam menggambar.
Saran saya terkait video tersebut adalah dalam video belum terlihat aktifitas pembukaan oleh guru yang mana memberikan kata pemantik yang banyak kepada anak”.serta memberikan contoh beberapa gambar-gambar untuk membangkitkan aktifitas anak.misal memutar beberapa video pembelajaran. Diselingi dengan beberapa lagu dan tepuk agar anak tidak merasa bosan.
Terima kasih
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu.
Nama : Yayu Rahayu
Nim : 857443819
UPBJJ : UT Bandung
Setelah saya menyaksikan video tersebut, saya menyimpulkan bahwa
pada kegiatan menggambar, anak-anak sulit dalam berimajinasi, hal itu terlihat 3 orang anak menggambar dengan gambar yang sama yaitu menggambar pemandangan, seperti yang di gambar oleh gurunya, karena pada video tersebut dikatakan bahwa anak-anak menggambar seperti yang di gambar oleh bu lina, sehingga gurunya segera mengatasi hal tersebut dengan mengajak anak-anak untuk keluar kelas, hal itu dilakukan agar anak dapat berimajinasi sesuai dengan apa yang dia lihat, dan anak dapat menuangkan ide-idenya sesuai yang dia lihat secara konkrit, dengan itu disimpulkan bahwa guru dalam video tersebut yang bernama Ibu Lina, sudah baik dalam mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat kegiatan menggambar, namun menurut saya alangkah lebih baiknya jika guru memberikan cakupan mengenai gambar yang akan dibuat, dan kegiatan menggambar di sesuaikan dengan topik yang akan dipelajari,
Contohnya, pada topik binatang, ibu guru dapat mengajak anak-anak untuk mengunjungi peternakan sapi, kemudian anak bisa melihat secara langsung bagaimana bentuk sapi, bagian-bagian sapi, mengenal warna sapi, ciri-ciri sapi, makanan sapi, dan lainnya. Dan setelah itu ibu guru dapat mengajak anak-anak untuk melakukan kegiatan menggambar dengan topik binatang sapi, dengan begitu anak-anak akan mulai dapat berimajinasi dalam menuangkan ide-ide nya kedalam sebuah gambar, sesuai dengan apa yang dia lihat secara konkrit, kemungkinan ada anak yang menggambar sapi, ada anak yang menggambar kandang sapi, dan lain sebagainya. Sehingga anak-anak yang sulit berimajinasi, akan mudah dalam berimajinasi pada saat menggambar.
Sekian pendapat saya
Terima kasih
NAMA: EDI PIRWANTO
NIM:855770713
pendapat Saya mengenai video berjudul: Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar.
Jawab :
– Pendapat saya mengenai videonya tersebut adalah : Dari anak didiknya itu masih mengalami kesulitan dalam hal menggambar bebas namun ibu gurunya tersebut telah berupaya dalam mengatasi suatu masalahnya tersebut dengan mengajak anak untuk melihat keluar ruangan kelas. Supaya anak didik dapat berimajinasi yang secara bebas. Selain itu, ibu gurunya tersebut juga sudah menggunakan metode yang beragam didalam mengatasi suatu masalahnya tersebut agar dapat berimajinasi yang secara lebih mendalam lagi.
saran untuk guru di video tersebut.
Jawab :
-Sarannya adalah selain menggunakan metodenya tersebut alangkah baiknya gurunya dapat menggunakan metode yang lainnya lagi supaya kemampuan berimajinasi anak dapat lebih berkembang dengan lebih baik lagi. Disamping itu juga, alangkah baiknya sebelum gurunya mengajarkan kegiatannya tersebut terhadap anak didiknya alangkah baiknya gurunya tersebut terlebih dahulu dapat memperlihatkan berbagai macam gambar terhadap anak didiknya. Supaya anak didiknya dapat lebih berimajinasi.
Nama : Petronela Dhema
NIM : 859270828
POKJAR : SIKKA
A. Pendapat saya tentang video dengan kegiatan yang telah terjadi dengan kegiatan yang pendidik laksanakan dalam kegiatan belajar mengajar.pendidik yang ada dalam video sangat baik karena beliau mengetahui jalan keluar terbaik untuk mengatasi ketika anak- anak sulit untuk berimajinasi dalam meluangkan ide dan imajinasi mereka dalam menggambar.Hal yang paling saya sukai dari video ini adalah ketika guru mengajak anak untuk keluar kelas dan menyaksikan segala sesuatu yang ada diluar kelas dan meminta anak untuk menggambar sesuai dengan apa yang mereka lihat.
Saran Untuk guru:
Meminta anak untuk mewarnai gambar setelah mereka gambar sesuai imajinasi dengan menggunakan berbagai macam bahan misalnya pewarna makanan, dari bahan- bahan alam, cat air.
Nama : Maria Wunga Kwure
Nim : 859288776
Ijin menanggapi vidio pembelajaran mengatasi anak sulit berimajinasi saat bercerita atau menggambar. Menurut saya vidio tersebut sangat bagus sesuai dengan kebutuhan anak, dan hal ini dialami hampir semua lembaga pendidikan. Dimana anak sulit berimajinasi, lebih suka meniru yang dibuat atau yang diceritakan oleh guru atau temanya. Untuk mengatasi hal ini guru mengajak anak untuk mengamati semua yg ada didalam kelas dan di halaman sekolah sambil mengajak anak berdiskusi atau tanya jawab. Setelah itu guru memberi kesempatan kepada anak untuk menceritakan atau menggambar apa yg dilihat . Dan guru juga selalu memberi pujian agar anak termotivasi dan percaya diri.
Terima kasih
Nama : Nurhayna Hayu Nasution
Nim. : 878252513
Berdasarkan vidio yang saya lihat adalah untuk member pemahaman bagaimana mengatasi anak yang belum bisa membedakan huruf b,d dan p.Namun anak pasif hanya mendengarkan saja tetapi jika seorang guru menggunakan strategi bermain lomba mengelompokkan huruf yang sama,dengan membedakan jika huruf b diberi warna merah,dan huruf d diberi warna kuning,dan huruf p diberi warna hijau
Menurut pendapat saya yang telah dilakukan guru tersebut sudah benar, dikarenakan beliau sudah memberikan upaya dengan mengajak anak – anak untuk keluar dari kelas dan melihat sesuatu yang baru agar dapat meningkatkan imajinasi mereka.
Saran saya ada beberapa hal yang dapat meningkatkan imajinasi anak untuk menggambar.
Beberapa hal adalah sebelum memulai menggambar, guru sebaiknya memberikan tema yang menarik dan pertanyaan yang dapat merangsang pemikiran si anak. Pertanyaan terbuka dapat berupa “bagaimana bentuk binatang yang kamu bayangkan?” atau “bagaimana jika matahari berwana ungu?” tema yang tidak terlalu spesifik memberi anak kebebasan untuk mengeksplorasi imajinasinya tanpa rasa takut membuat kesalahan. Pertanyaan – pertanyaan yang merangsang untuk pemikiran anak itu pun dapat membuka imajinasi anak.
Dan cara yang lain adalah dengan mengajak anak menggambar berdasarkan benda , mainan atau sesuatu yang nyata sebagai model bisa membantu anak yang kesulitan membayangkan hal-hal abstrak untuk mulai menggambar dari sesuatu yang mereka kenal.
Nama : Irma Mardiana
NIM : 877675043
Setelah melihat tayangan video “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar” menurut pendapat saya peristiwa tersebut sering terjadi dilapangan. Langkah awal yang dilakukan guru sudah sesuai dengan memberikan contoh terlebih dahulu, guru juga sudah brupaya memancing imajinasi anak dengan memberikan arahan dan kebebasan kepada anak tanpa tekanan untuk menggambar sesuai dengan keinginan dan imajinasinya, selain itu guru juga sudah mencoba mengajak anak untuk keluar ruangan untuk menggali potensi pada anak. Tetapi pada kenyataan masih terdapat beberapa siswa yang meniru gambar yang dicnotohkan, hal itu mungkin karena anak usia dini masih merupakan seorang peniru. Saran untuk guru divideo tersebut mengembangkan imajinasi anak, bisa dilakukan dengan beberapa kegiatan diantaranya memberi banyak buku yang berwarna dan bergambar walaupun anak belum bisa membaca tetapi mereka akan tetarik dan bisa berimajinasi dengan melihat gambarnya, Mendongeng/bercerita dan berikan kebebasan pada anak untuk bereksplorasi.
Nama : Yohana Indriyani Rada Wara
Prodi : PGPAUD
NIM : 858574194
UPBJJ Ternate
Mengenai vidio yang telah saya nonton diatas Guru sudah dapat mengatasi anak sulit berimajinasi saat menggambar dengan sangat baik meskipun kegiatannya sangat simpel tapi itu sangat membantu anak dalam mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak apa lagi diusia mereka yang sangat mudah otak mereka masih perlu diasah terus menerus biar semakin bekembang.
Saran/masukan dari saya yaitu Guru perlu memperhatikan perkembangan anak sehingga anak tidak mengalami kesulitan dalam berimajinasi dengan cara melakukan kegiatan lebih menantang seperti bercerita melalui gambar kemudia menyuruh anak untuk menggambar benda atau orang yang ada didalam buku bergambar tersebut, menggambar dari bentuk dasar seperti (segitiga, kotak dan lingkaran), kolaborasi dalam menggambar dimana setiap anak menambahkan sesuatu digambar yang sama.