silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama :Nur aisyah
    Nim :858457003

    Vidio tersebut sangat bagus dan menginpirsi bagi guru
    Yang saya amati di dalam vidio.tersebut seorang guru meminta anak didiknya untuk berimajinasi menurut pemikiran sendiri dan gurupun memberikan contoh gambaran seperti apa cara berimajinasinya..
    Dan yang saya liat di vidio tersebut masih banyak anak yang masih sulit untuk berimajinasi dan malah mengikuti gambaran guru .
    Dan anak pun terkadang mereka memiliki gambaran apa yang akan merkeka bikin tetapi saat akan dituangkan dalam bentuk gambar mereka tidak bisa membuat seperti apa yang ad di dalam pikirannya

  2. Nama : Mei Triani Zega
    NIM :856094423
    Semester : 4

    Menurut saya, cara memfasilitasi anak di video diatas sudah bagus. Anak dilatih imajinasinya untuk semakin kreatif,sehingga tidak bergantung kepada contoh yang sudah diberikan.

  3. Menurut saya setelah saya menyimak vidio tersebut, vidio tersebut sudah sangat bagus dari timbulnya masalah hingga ada solusi yang bisa di terapkan seperti pada bagian anak di persilahkan untuk menggambar dan guru memberikan contoh gambar untuk anak bergambar namun anak di persilahkan juga untuk menggambar bebas sesuai dengan apa yang mereka inginkan dan bayangkan. Ternyata semua anak terpaku pada contoh atau mungkin anak bingung apa yang akan mereka gambar untuk itu anak hanya menggambar sesuai yang di contohkan guru kemudian dalam vidio tersebut guru mengajak anak untuk melihat lingkungan luar atau sekitar supaya anak bisa muncul ide-ide yang bagus, ini salah satu solusi untuk merangsang atau menstimulasi anak melalui kesempatan melihat dan merasakan langsung apa yang akan mereka gambar sehingga mereka lebih mudah untuk mengimajinasikannya. Saran saya lebih bagusnya guru dalam vidio tersebut memberikan apresiasi pada anak ketika selesai menggambar walaupun semua gambar sama dengan yang di contohkan guru.

  4. Nama : Nani
    Nim : 857217163
    UPBJJ : serang
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Ijin menanggapi
    Dalam video pembelajaran yang berjudul anak sulit berimajinanisi saat menggambar tersebut guru masih mempasilitasi anak dengan memberikan contoh membuat gambar pemandangan pada papan tulis ,, dan pada Hasil Akir dari kegiatan belajar tersebut sebagian besar anak membuat gambar sepserti yang di contohkan guru dan sebagian lagi membuat gambar yang sedikit berbeda tetapi masih mirip dengan yang di contohkan guru tersebut
    * Saran
    Untuk lebih memperkuat imajinasi anak menggambar bisa dilakukan pada saat pelajaran karya wisata , atau berada di luar ruang, anak diminta membuat gambar sesuai yang di lihat dan dipikirkanya

    Demikian tanggapan dari saya
    Trimakasih
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  5. Nama : Selvi Tatanggihe
    NIM : 859863176

    Setelah mengamati video tentang anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar adalah guru yang ada di TK tersebut memberintah perintah untuk menggambar bebas sesuai dengan keinginan anak. Pada saat kegiatan menggambar guru memberikan contoh menggambar pemandangan. Ketika guru memeriksa hasil gambar dari anak – anak dikelas semuanya sama yaitu menggambar pemandangan. Jadi permasalahan disini adalah anak sulit menuangkan ide yang dituangkan dalam gambar. Seketika itu juga guru tersebut mengajak anak untuk keluar dari kelas melihat keadaan sekeliling tentang apa yang dilihat anak – anak dan meminta anak untuk menceritakan apa yang dilihat dihalaman sekolah dan menggambarkannya. Setelah itu guru mengadakan tanya jawab mengenai apa yang digambar atau hasil karya mereka. Ditempat saya mengajar ada juga anak yang kesulitan untuk menggambar dan anak ketika diberintah untuk menggambar anak tersebut hanya mengulang gambar tersebut yang sudah pernah saya perintahkan dimimggu sebelumnya. Anak ini sulit berimajinasi tentang gambar lain atau memiliki ide lain yang dituangkan dalam gambar. Dan melalui video saya akan mempraktikannya dengan membawa anak tersebut untuk melihat keadaan diluar kelas atau halaman sekolah agar anak tersebut dapat berimajinasi, dan menuangkannya dalam bentuk gambar seperti strategi yang sudah diterapkan oleh guru yang ada dikelas TK tadi. Terimakasih untuk videonya yang sudah menambah pengetahuan saya.

  6. Nama : Rina Ambarwati (858185353)
    UPBJJ : Palangka Raya
    Pokjar : Katingan
    Menurut saya memang idealnya jika anak diminta menggambar bebas seharusnya guru memfasilitasi anak agar mereka diberi kesempatan untuk melihat halaman atau lingkungan sekolah dulu lalu digali informasinya tentang apa saja yang mereka lihat barulah mengajak anak menggambar bebas tentang apa saja yang dilihatnya, karena jika tidak seperti itu anak hanya akan cenderung meniru gambar yang sudah ada seperti tayangan diawal video dan seperti pengalaman yang pernah saya sendiri rasakan, sehingga tujuan menggambar yang seharusnya dapat mengungkapkan perasaan, pikiran dan angan-angan masing-masing anak tidak tercapai.

  7. Nama : Kurnia Wati Lutfiah
    Nim: 857512952
    UPBJJ: Kota Bandung

    terkait dengan permasalahan anak yang kesulitan berimajinasi untuk di tuangkan dalam bentuk gambar itu hal yang selalu terjadi di dalam kelas ,pada video tersebut seorang guru sedang memberikan kegiatan menggambar bebas ,namun beberapa anak menggambar sesuai apa yang di contohkan ibu guru tersebut .
    dan ibu guru merespon dengan baik hal tersebut, lalu ibu guru langsung memberikan saran yang tepat dengan meminta anak untuk mengamati area yang ada di lingkungan sekitar ,hal tersebut akan bisa menumbuhkan ide menggambar anak sesuai dengan apa yang ia lihat.dan pada video tersebut ibu guru memberikan kebebasan agar anak bisa menggali imajinasi berpikirnya .
    berikut saran agar anak dapat mengembangkan daya imajinasinya :
    1. memberikan kesempatan anak untuk bisa bebas berimajinasi dan berpikir kreatif.
    2. guru memberikan respon positif dan menyenangkan terhadap hal apapun yang di gambar oleh anak .
    3. guru memberikan pertanyaan terbuka apa yang akan anak gambar selanjutnya selain dari contoh yang sudah di berikan.
    4. memajang hasil karyanya dapat mengembangkan rasa percaya diri atas hasil karya yang di buat
    5. mengajak anak mengamati lingkungan sekitar dan mencoba hal hal baru dengan mengajak anak berkunjung kesuatu tempat dan anak di berikan tugas menggambar apa yang ia lihat .
    6.berikan fasilitas ruangan yang aman dan nyaman bagi anak agar anak dapat leluasa dalam menggambar.

  8. Nama : Nuseha
    Nim : 857120173
    UPBJJ 21 JAKARTA

    Bismillah.
    Izin menanggapai video terkait dengan kesullitan berimajinasi saat menggambar,video yang di tampilkan sangat bagus karena berisi dengan muatan -muatan yang dapat di jadikan stimulus dalam mengambangkan imajinasi anak,anak di berikan kebebasan dalam menuangkan ide-idenya,namun menurut saya mungkin guru dapat mengembangkan stimulus dengan metode lain yaitu dengan membawa anak ke alam dengan melihat onjek-objek secara nyata,sehingga di harapkan anak-anak akan bertambah wawasan dan pengetahuannya dengan demikian kreatifitas dan imajinasi anak dapat terbentuk dengan baik.

  9. Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh
    Nama : Henny Herawati
    NIM : 858320288
    Izin menanggapi
    Menurut saya guru sudah bagus saat memancing daya imajinasi dan kreativitas anak dengan cara mengajak anak keluar kelas melihat lingkungan sekitar dan mendiskusikan apa saja yang dilihat anak pada saat diluar ,, sehingga anak tidak terpaku kepada contoh yang diberikan oleh guru ketika disuruh menuangkan imajinasi dan kreativitasnya saat menggambar,,
    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh

  10. Nama : Fani Nurul Aida
    Nim :858917171
    Tanggapan saya terkait video terseut ialah tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru, seharusnya guru terlebih dahulu merangsang imajinasi anak.
    Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.

Leave a Reply