silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Samawati
    NIM : 857872417
    UPBJJ : 44/Surakarta
    Untuk mengatasi permasalahan anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, guru Taman Kanak-Kanak dapat menerapkan beberapa strategi yang sangat efektif. Salah satunya adalah memberikan kebebasan kepada murid untuk menggambar sesuai dengan minat mereka. Dengan cara ini, murid akan merasa lebih terlibat dan termotivasi untuk mengekspresikan diri mereka.
    Selanjutnya, mengajak murid keluar kelas juga merupakan strategi yang baik. Aktivitas di luar ruangan dapat memberikan inspirasi baru dan pengalaman langsung yang dapat mereka gambarkan. Misalnya, mereka dapat menggambar pemandangan, tanaman, hewan atapun benda-benda yang mereka temui. Hal ini dapat membantu mereka untuk melihat dunia dengan cara yang lebih kreatif dan imajinatif.
    Setelah menggambar, penting untuk meminta murid menceritakan hasil gambar mereka. Dengan melakukan ini, guru dapat mengajukan pertanyaan terbuka yang mendorong murid untuk berbagi lebih banyak tentang pemikiran dan perasaan mereka. Proses ini tidak hanya membantu murid untuk mengembangkan kemampuan berbicara, tetapi juga memperkuat koneksi antara imajinasi dan ekspresi mereka.
    Refleksi dari video tentang anak sulit berimajinasi saat menggambar ini menunjukkan bahwa memberikan kebebasan, pengalaman langsung, dan ruang untuk berbagi dapat sangat membantu murid dalam mengembangkan imajinasi mereka. Dengan pendekatan yang tepat, guru dapat menciptakan lingkungan yang mendukung kreativitas dan ekspresi diri murid.

  2. dita rizki fibriana
    877966477
    menurut pendapat saya anak – anak memang memiliki bakat sendiri – sendiri khusus nya untuk anak TK A, saya juga sering menemui anak yang sulit mengembangkan imajinasi mereka ini juga biasanya terjadi karena faktor kebiasaan mereka di rumah, anak yang suka menggambar akan dengan mudah menuangkan ide mereka tetapi anak yang tidaksuka akan cenderung mencontoh apa yang dia lihat jadi saran saya
    Untuk mengembangakan daya imajinasi anak saat menggambar hal yang dapat dilakukan dengan menstimulasi anak bisa dengan gambar, bisa dengan cerita bisa dengan tanya jawab, bermain peran atau mengeksplore langsung hal – hal yang ada di sekitar lingkungan kita, dan yang paling penting memberikan apresiasi positif pada apapun hasil karya anak.

  3. menurut pendapat saya anak – anak memang memiliki bakat sendiri – sendiri khusus nya untuk anak TK A, saya juga sering menemui anak yang sulit mengembangkan imajinasi mereka ini juga biasanya terjadi karena faktor kebiasaan mereka di rumah, anak yang suka menggambar akan dengan mudah menuangkan ide mereka tetapi anak yang tidaksuka akan cenderung mencontoh apa yang dia lihat jadi saran saya
    Untuk mengembangakan daya imajinasi anak saat menggambar hal yang dapat dilakukan dengan menstimulasi anak bisa dengan gambar, bisa dengan cerita bisa dengan tanya jawab, bermain peran atau mengeksplore langsung hal – hal yang ada di sekitar lingkungan kita, dan yang paling penting memberikan apresiasi positif pada apapun hasil karya anak.

  4. Nama: Putu Suryana, S.Sn
    NIM: 859041027
    judul video: Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
    setelah menonton video tersebut, maka saya melihat ada 2 poin yaitu:
    1. ibu guru menjelaskan kegiatan menggambar bebas:
    Ada ketidak jelasan/ambigu instruksi dari bu Guru Lina:
    bu Guru memberikan contoh gambar pemandangan di depan kelas, kemudian meminta anak menggambar bebas ” boleh seperti ini” (sambil menunjuk contoh gambar) atau “boleh menggambar bebas” ada pesawatnya, ada sapinya, tidak apa-apa”. Sehingga hasilnya, anak-anak cenderung mencontoh gambar ibu guru bukan berdasarkan imajinasi mereka sendiri. seperti diharapkan bu guru
    2. kemudian bu guru mengambil Teknik/Cara Mengamati Lingkungan Sekitar Sekolah:
    Bu guru mengambil langkah selanjutnya dengan membawa anak-anak berkeliling lingkungan sekolah untuk mengamati apa saja yang ada di sekitar sekolah.
    Setelah berkeliling, guru bertanya kepada anak-anak tentang apa saja yang dilihatnya. dengan dibantu ibu guru anak-anak menjawab “ada tanaman”, “ada kantor pak satpam”dan meminta mereka untuk menggambar apa yang mereka lihat. Dengan bertanya kepada anak-anak tentang apa saja yang dilihatnya dan meminta mereka untuk menggambar apa yang mereka lihat dapat membantu meningkatkan kreativitas anak-anak.

  5. Nama: Ai Rustini
    Nim : 859670812
    UPBJJ : Bandung
    Strategi yang diterapkan guru untuk mengajak peserta didik menggambar sesuai imajinasi mereka sudah bagus namun perlu diperhatikan alangkah baiknya guru yang bernama Ibu Lina, sebelum mencontohkan menggambar bercerita terlebih dahulu apa yang beliau lihat di sekitar supaya anak mengerti arahan ibu Lina untuk memancing daya imajinasi anak untuk menggambar bebas sesuai imajinasinya.

  6. Nama : Ai Rustini
    Nim : 859670812
    UPBJJ : Bandung

    Strategi yang diberikan Ibu Lina pada video tersebut sudah bagus dengan membebaskan anak-anak menggambar sesuai imajinasi mereka, namun alangkah lebih baik ibu Lina tidak memberikan contoh gambar apapun terlebih dahulu sehinnga anak-anak supaya anak-anak tidak terpaku pada gambar ibu Lina diawal, atau bisa saja sebelum ibu Lina mencontohkan menggambar sesuai imajinasinya terlebih dahulu ibu Lina bercerita apa saja yang beliau lihat sehingga menuangkan dalam bentuk gambar. perlu dicatat ketika guru membebaskan anak-anak untuk menggambar bebas guru hanya perlu memfasilitasi saja seperti buku gambar dan crayon. terima kasih

  7. Menurut saya kreatifitas anak berbeda, ada anak yang memiliki imajinasi yang kuat, ada juga anak yang kurang dalam berimajinasi, sebaiknya kita mengarahkan untuk melihat disekeliling lingkungan sekolah melhat banyak bahan baik berupa gambar, ataupun barang riel yang ada disekolah tentunya untuk membantu membangun imajinasi anak.

    misalkan kita mengamatilingkungan sekolah menemui ayam yang lagi melintas: kemudian anak dialak mengamati, bahwa ayam bentuknya kecil memiliki paruh, memiliki bulu yang halus.
    guru bertanya lagikira- kira adakah yang bisa membuat gambar ayam ?
    dari situ anak mulai berimajinasi ada yang mengambar kandang ayam, makanan ayam, telor dll

  8. Menurut saya kreatifitas anak berbeda, ada anak yang memiliki imajinasi yang kuat, ada juga anak yang kurang dalam berimajinasi, sebaiknya kita mengarahkan untuk melihat disekeliling lingkungan sekolah melhat banyak bahan baik berupa gambar, ataupun barang riel yang ada disekolah tentunya untuk membantu membangun imajinasi anak.

    misalkan kita mengamatilingkungan sekolah menemui ayam yang lagi melintas: kemudian anak dialak mengamati, bahwa ayam bentuknya kecil memiliki paruh, memiliki bulu yang halus.
    guru bertanya lagikira- kira adakah yang bisa membuat gambar ayam ?
    dari situ anak mulai berimajinasi ada yang mengambar kandang ayam, makanan ayam, telor dll
    lalu mengajak anak untuk menceritakan gambar yang telah dibuatnya

  9. Nama : Musdalipah
    Nim : 856625041
    Judul video ” anak sulit berimajinasi saat menggambar”

    Izin menanggapi menurut saya mengenai video pembelajaran yang berjudul anak sulit berimajinasi saat menggambar peran guru dalam video pembelajaran sudah sesuai dengan kebutuhan anak-anak,guru sudah menjelaskan dan memberikan contoh gambar anak-anak disuruh untuk menggambar bebas sesuai dengan ke inginan mereka,namun masih banyak anak belum berimajinasi sehingga gambar yang mereka buat sama dengan contoh yang Bu guru berikan. Langkah yang di buat Bu guru untuk membuat anak-anak bisa berimajinasi dengan mengajak anak – anak untuk keluar kelas melihat lingkungan sekitar sangat lah tepat sambil bertanya kepada anak-anak apa saja yang mereka lihat setelah selesai dengan mengajak kembali masuk kelas dan menggambar anak sudah mempunyai hasil gambar yang bervariasi.
    Terima kasih

  10. nama : Choiriyah Annisa
    NIM : 857369285
    anak sulit berimajinasi dalam menggambar hampir kebanyakan anak-anak kesulitan dalam hal ini. dan beberapa dari mereka ada pula yang tidak bisa untuk menorehkan imajinasi yang mereka pikirkan melalui gambar. sehingga tidak sedikit jika diajak untuk menggambar bebas sudah menyerah karena bingung untuk menggambarkannya. ada rasa tidak percaya diri untuk menuangkan imajinasi yang mereka miliki dalam sebuah gamabar. namun seiring berjalannya waktu beberapa anak di kelas saya sudah mulai percaya diri dan mulai banyak gambar yang dibuat saat kita menggambar bebas. sudah mulai bisa mengekspresikan dirinya melalui gambar.

Leave a Reply