silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Assalamualaikum warahmatulahiwabarakatuh
Nama:Nour ifansyah
Nim :858312678
mohon izin comen pendapat dari video yang saya sudah tonton “Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar”
memang benar menggambar memiliki banyak manfaat saat menggambar, terutama untuk melatih kreatifitas anak. Ada banyak cerita yang dapat kita gali dari gambar yang dibuat oleh anak.
tetapi anak-anak kesulitan saat berimajinasi dalam menggambar,karena kurangnya guru memberi anak media-media yang dapat memancing anak dalam berimajinasi supaya anak-anak ada gambaran untuk bisa menggamnbar. selain itu anak kurang melihat objek-objek disekitar mereka juga.
Cara yang dilakukan oleh guru pada video di atas menurut saya sudah benar, yaitu memfasilitasi memberikan kesempatan pada anak untuk menggambar secara bebas sesuai ide dan kreatifitasnya, mengajak anak untuk mengobservasi atau melihat-lihat lingkungan sekitar sekolah sebagai penambah pengetahuan dan ide kreatif bagi anak dalam menggambar, serta melakukan tanya jawab mengenai hasil apa saja yang sudah dilihat dan digambar oleh anak.
sekian terikasih
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Giofani Aprilia Eka Sandi
Nim : 858956284
setelah hampir 3 tahun saya menjadi pendidik di PAUD. saya merasa cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi sangatlah tidak mudah. saya sudah melakukan cara seperti video di atas, dimana saya mengajak anak untuk bermain diluar kelas agar mereka bisa menggali imajinasi dan melihat-lihat sekeliling. ada yang berhasil dari sebelumnya enggan menggambar sesuai keinginan menjadi bisa dan mau menggambar sesuai keinginannya. namun juga tidak banyak yang tidak berhasil , anak didik saya tetap enggan untuk menggambar dan malah meminta saya untuk menggambarkan contohnya . lebih parahnya ada juga yang tidak mau sama sekali menggambar apapun itu, dan hanya mau mewarnai saja. menanggapi hal tersebut saya menuruti keinginan anak didik saya sesuai keinginannya . terimakasih
Dalam video ini, mereka berbicara tentang membantu anak-anak yang menghadapi kesulitan untuk membayangkan atau mengungkapkan ide mereka melalui gambar. Ada dua cara untuk membantu anak-anak menjadi lebih kreatif dan mengungkapkan ide mereka melalui gambar. Cara pertama adalah dengan membiarkan anak-anak menggambar apa pun yang mereka inginkan. Cara kedua adalah dengan membawa anak-anak ke halaman sekolah untuk melihat apa yang dapat mereka lihat, guru dapat membantu pemikiran anak-anak.
Nama: YENNI
NIM: 856652199
Pada video yang telah ditonton tampak usaha guru dalam mengatasi masalah dengan kondisi anak yang sulit berimajinasi. Dalam video, tampak bahwa untuk menggali ide, maka guru dapat menggunakan beberapa cara salah satunya membebaskan anak untuk mengambarkan apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak.
Assalamualaikum wr.wb
Ijin komen video di atas
Nama : Malikhatin
NIM : 857773968
Cara yang dilakukan oleh guru pada video di atas sangat menarik, dapat menggali kreativitas anak dalam menggambar. Dapat menggali imajinasi anak dengan mengajak anak mengenal lingkungan sekitar, jadi anak dapat menggambar dengan imajinasi yang mereka lihat, tidak hanya meniru gambar dari guru juga temannya.
Menurut saya menggambar sangat penting bagi anak karena dapat menggali imajinasi dan kreativitas anak. Dengan menggambar anak dapat mencurahkan apa yang sedang mereka liat dan juga apa yang mereka rasakan, dengan bercerita lewat gambar.
Terimakasih
Nama : YANI
Nim : 857847556
Dari video yang saya amati guru yang ada divideo tersebut sudah sesuai dengan memberikan kebebasan anak dalam mengambar sesuai minat dan mengimajinasi anak. Hal ini dapat menumbuhkan kreatifitas anak dalam mengungkapkan pikiran dan gagasannya, dan juga guru mengambar tidak hanya didalam kelas guruya juga mengajak anak-anak mengambar diluar kelas untuk melihat apa saja yang ada di lingkungan sekitar. Gurunya juga bisa menggali imajinasi anak dengan bercerita tentang apa yang dilihat dilingkungan sekitar.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ❤️
izin berkomentar🙏
Nama: Fatanah
Nim : 859172951
Maasyallah buat ibu guru yang ada divideo ini, suka dengan caranya menggali minat anak supaya berminat untuk bisa menggambar. Terutama ketika mengajak anak2 untuk keluar kelas melihat langsung pemandangan, itu sangat efektif menurut saya karna anak itu lebih suka dan lebih gampang faham ketika langsung diperlihatkan dan dijelaskan dengan media yang nyata👍 perkembangan kognitif anak disini jadi lebih terbuka dan berkembang dengan melihat media nyata sambil dijelaskan langsung oleh ibu guru. Terimakasih 🙏
Nama : Yusfa
Nim : 858447643
Menurut saya dalam video tersebut upaya yang dilakukan guru sudah baik dalam mengatasi masalah anak untuk berimajinasi menggambar bebas sesuai dengan minat anak yaitu dengan mengajak anak keluar kelas melihat pemandangan dan apa saja yang mereka lihat agar merangsang imajinasi mereka dan juga melakukan tanya jawab kepada anak murid setelah mereka keluar kelas dan apa saja yang mereka lihat, untuk itu sebaiknya juga pada saat diawal memberikan materi guru menjelaskan menggunakan alat peraga sehingga anak-anak menjadi lebih banyak berimajinasi dengan apa yang mereka lihat.
Nama : Esi
NIM : 825973148
Video berjudul Anak sulit berimajinasi saat menggambar
Video tersebut menceritakan upaya guru dalam mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar dengan cara mengajak anak pergi keluar untuk melihat lihat keadaan sekeliling lingkungan kemudian menanyakan apa saja yang mereka lihat, guru memberikan pertanyaan terbuka untuk menggali informasi pada anak dan mengajak anak untuk menuangkan kedalam bentuk gambar apa yang dilihat mereka. Tehnik yang digunakan guru merupakan upaya untuk memberikan kemudahan pada anak yang sulit menuangkan imajinasinya pada saat menggambar.
NAMA : ALIF DEWI RATNASARI
NIM : 858955046
JURUSAN : S1 PGPAUD
Izin merefleksi terkait video pembelajaran tentang “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”, program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi tantangan pada anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Pendekatan yang digunakan guru sangat efektif, karena berfokus pada membangkitkan imajinasi anak melalui pengalaman langsung dan memberikan kebebasan berekspresi. Dengan memberikan keleluasaan kepada anak untuk menggambar sesuai minatnya, guru mengakui bahwa setiap anak memiliki dunia imajinasi dan minat yang unik, sehingga tidak mengekang kreativitas mereka dengan batasan yang kaku.
Strategi lain yang diterapkan, yaitu mengajak anak keluar kelas untuk mengamati lingkungan sekitarnya, sangat membantu dalam membangkitkan imajinasi anak. Kegiatan di luar kelas memberi anak pengalaman baru dan beragam objek untuk diamati. Ini merangsang indra visual mereka dan memberikan inspirasi langsung dari alam atau lingkungan sekitar, yang kemudian dapat diterjemahkan ke dalam gambar. Proses mengamati, menceritakan kembali, dan menggambarkan apa yang mereka temukan memungkinkan anak untuk mengembangkan keterampilan observasi dan ekspresi kreatif secara lebih mendalam.
Refleksi dari metode ini menunjukkan bahwa imajinasi anak dapat tumbuh subur jika diberi ruang untuk eksplorasi dan pengalaman nyata. Guru berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung kreativitas dengan cara memfasilitasi pengalaman yang relevan dan memberikan anak kebebasan untuk mengekspresikan diri. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan anak dalam menggambar, tetapi juga membangun keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan ekspresi diri, yang sangat penting dalam perkembangan usia dini.