silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Desi Prihatini
    Nim : 857612822
    Menanggapi video berjudul “Anak sulit berimajinasi saat menggambar”,..
    Ada beberapa aspek yang bisa direfleksikan untuk memahami penyebab dan solusi terkait kesulitan anak dalam berimajinasi, khususnya dalam konteks menggambar salah satunya yaitu:
    – Implementasi dalam Aktivitas Sehari-hari
    refleksi ini bisa mengarah pada penerapan praktis dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, orang tua dan guru bisa lebih sering melibatkan anak dalam aktivitas kreatif seperti menggambar bebas, bermain peran, atau bercerita. Hal ini memberikan anak ruang untuk mengekspresikan dirinya dan berlatih imajinasi dengan lebih leluasa. seperti yang dilakukan guru dalam video menunjukan dan tanya jawab mengenai apa yang anak lihat di luar kelas.

    Refleksi ini tidak hanya membantu memahami bagaimana mendukung imajinasi anak, tetapi juga menggarisbawahi pentingnya keseimbangan antara stimulasi dari luar dan waktu bebas yang cukup bagi anak untuk mengembangkan daya kreatifnya.

  2. Nama : SILVIA PUTRI DAMAYANTI
    Nim : 858309741

    Setelah melihat keseluruhan vidio diatas tanggapan saya yakni : Ibu guru sudah cukup baik dalam mengajarkan anak untuk menggambar ,membebaskan anak untuk menggambar apa saja , akan tetapi dalam vidio tersebut ibu guru mengajak anak untuk menggambar bersama-sama seperti contoh yang ibu guru gambar , seharusnya ibu guru tidak perlu mencontohkan nya dipapan tulis karna itu akan membuat anak sulit untuk berimajenasi saat menggambar dan anak akan cenderung meniru , sehingga gambar yang dihasilkan anak-anak kebanyakan sama seperti yang guru tulis d papan tulis.. Tetapi setelah menggambar anak-anak dibawa oleh guru kehalaman sekolah untuk melihat pemandangan apa saja yang ada dihalaman sekolah untuk menambah pengetahuannya, upaya yang guru lakukan itu sangat bagus, dan setelah itu anak bercerita apa saja yang mereka lihat dari situ anak mulai menuangkan ide dan imajenasinya yang dapat dituangkan saat anak menggambar.

  3. Nama : Silviana Eka Minanda
    NIM : 857999155
    UPBJJ :Bantul
    Assalamu’alaiku Wr Wb
    Menanggapi video anak sulit berimajinasi saat menggambar

    Video diatas guru memberikan contoh tentang menggambar bebas yaitu menggambar tentang pemandangan, jadi anak-anak ada yang menirukan gambar guru tersebut, Dengan hal itu anak tidak memiliki atau ide tentang menggamar bebas. Ketika guru ingin menggali kreativitas anak melalui menggambar bebas, guru mengajak jalan-jalan dilingkungan sekitar atau melihat video film tentang anak. Nah, dengan melihat dilingkungan sekitar atau video film biasanya guru menjelaskan apa yang dilihat anak-anak silahkan untuk digambar. Biasanya anak langsung menggambar dan semuanya berbeda-beda. Setelah menggambar, guru memanggil satu-satu anak untuk bercerita apa yang sudah digambar. Dengan hal itu munculah kreativitas anak untuk menggambar bebas. Terimakasih

  4. Nama : AGUSTIN HERANIK
    NIM : 858953232

    Assalamu’alaikum wr. wb

    Ijin menanggapi mengenai video di atas
    Untuk kegiatan menggambar adalah kegiatan yang merupakan tempat anak untuk berkreasi sesuai dengan imajinasinya, akan tetapi ada beberapa anak yang tidak bisa mengembangkan imajinasinya. Contohnya, seorang guru memberi kegiatan untuk anak menggambar bebas, dengan memberi arahan anak dapat menggambar makanan kesukaan, alat permainan dan pohon-pohon yang ada di lingkungan sekolah, rumah maupun pemandangan. Tetapi kebanyakan dari anak menggambar sama dengan gambar teman yang di sebelahnya. Apalagi jika kegiatan tersebut, guru memberi contoh gambar di depan kelas, sehingga tidak menutup kemungkinan jika gambar semua anak di dalam kelas tersebut akan sama.

  5. Nama : SILVIA PUTRI DAMAYANTI
    Nim : 858309741
    Setelah melihat keseluruhan vidio diatas tanggapan saya yakni : Ibu guru sudah cukup baik dalam mengajarkan anak untuk menggambar ,membebaskan anak untuk menggambar apa saja , akan tetapi dalam vidio tersebut ibu guru mengajak anak untuk menggambar bersama-sama seperti contoh yang ibu guru gambar , seharusnya ibu guru tidak perlu mencontohkan nya dipapan tulis karna itu akan membuat anak sulit untuk berimajenasi saat menggambar dan anak akan cenderung meniru , sehingga gambar yang dihasilkan anak-anak kebanyakan sama seperti yang guru tulis d papan tulis.. Tetapi setelah menggambar anak-anak dibawa oleh guru kehalaman sekolah untuk melihat pemandangan apa saja yang ada dihalaman sekolah untuk menambah pengetahuannya, upaya yang guru lakukan itu sangat bagus, dan setelah itu anak bercerita apa saja yang mereka lihat dari situ anak mulai menuangkan ide dan imajenasinya yang dapat dituangkan saat anak menggambar.

  6. Nama : Wahyuni
    Nim : 859429379
    UPBJJ : Bantul
    Assalamu alaikum
    Video anak sulit berimajinasi saat menggambar

    Dari video tersebut terlihat cara guru memberikan metode yang baik dalam meningkatkan imajinasi anak dengan cara mengajak anak berjalan jalan dilingkungan sekitar , agar pikiran anak bisa lebih terbuka dan bebas dalam berimajinasi, dengan melihat berbagai hal hal disekitarnya.

  7. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    Nama : REGINA FAMILY
    NIM :858586246
    Menanggapi vidio anak yang sulit berimajinasi saat menggambar.
    sebagai seorang guru saya juga sering mendapatkan anak yang seperti ini sulit berimajinasi saat menggambar. Setelah saya mengajak mereka untuk belajar di halaman sekolah dan memberikan kebebasan kepada mereka untuk menggambar bebas dengan kreatifitas masing-masing anak.

  8. Nama :Regina Damilu
    Nim :858586246
    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    Vidio tersebut menggambarkan seorang guru yang memberikan kebebasan kepada anak dalam menggambar tanpa berimajinasi dengan cara mengajak anak menggambar di halaman sekolah. Sebagai seorang guru saya juga sering mendapatakan anak yang seperti ini melalui vidio ini saya bisa mengambil inspirasi untuk saya kembangkan di sekolah saya.

  9. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    Nama : REGINA Damilu
    NIM :858586246
    Menanggapi vidio anak yang sulit berimajinasi saat menggambar.
    sebagai seorang guru saya juga sering mendapatkan anak yang seperti ini sulit berimajinasi saat menggambar. Setelah saya mengajak mereka untuk belajar di halaman sekolah dan memberikan kebebasan kepada mereka untuk menggambar bebas dengan kreatifitas masing-masing anak.

Leave a Reply