silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

1,716 Comments

  1. Nama : Novalia
    Nim:856649026
    Izin menjawab
    Setelah melihat video di atas tadi saya setuju sekali karena dengan mengajak anak melihat lingkungan secara langsung maka akan muncul lagi ide dan gagasan untuk berimajinasi sehingga ketika anak melihat apa-apa yang ada di sekitarnya, maka secara langsung imajinasinya akan muncul dan akan menuangkan ide-idenya.
    Mengajak anak ke lapangan melihat benda2 yang ada disekitar dapat membuat imajinasi anak tertuangkan.

  2. Nama :Winda netma alkita
    Nim. :856264912
    Upbjj Padang

    Stelah melihat tyngan dlm video tersebut sya sngat setuju..Krena jika ank trjun lansung DLAM melihat situasi maka akan muncul ide2 yg akan mereka tuangkan mnjdi sebuah gambaran sbgai motifasi untuk membuat anak lbih smngat lagi dlm mngambar…dengan bgitu anak mnjdi lbih menyukai gambar dri alam yg mreka lihat sndiri..

  3. Nama : Febby febrianda
    Nim :856822119
    Setelah saya mengamati video tersebut saya sangat setuju karna dengan mengajak anak melihatnya linkungan skitar,mangka imajinasi anak akan timbul dan semangat untuk menggambar. Seperti gunung sawah ,sungai dan dll.

  4. Assalamualaikum wr wb
    Saya Azizah N. nim 857392601. Imajinasi anak memang perlu ditumbuhkan rasa penasarannya dengan mengajaknya ketempat membangun imajinasinya seperti menunjukan bentuk nyata seperti mengajak ketempat lingkungan sekitar yaitu sekolah. Jadi, saya setuju sekali dengan membeikan pengalaman terhadap anak untuk membangun imajinasinya dalam menggambar.
    Terima kasih

  5. nama Eunnike Y mezango
    nim 859269751
    analisis pengembangan kegiatan di PAUD
    setelah melihat video ini tanggapan saya adalah guru diatas sudah sangat bagus dalam melakukan kegitan pembelajaran dalam hal meningkatkan daya imajinasi anak. kegiatan ini dapat diterapkan juga di sekolah saya agar anak dapat meningkatkan daya imajinasi serte kreativitas yang ada pada diri anak tersebut

  6. Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
    anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
    diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnnyaguru mengajak anak didik
    untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
    didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
    menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
    pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

  7. Nama : Nur aina Nim : 856492421 Jawaban : 1. Reaksi anak terhadap pembelajaran yang di lakukan guru tersebut adalah Anak sudah fokus ketika gurunya menyampaikan materi pembelajaran tentang menggambar bebas anak di ajak keluar kelas dan di suruh menggambar bebas apa saja yang di lihat yang ada di luar kelas dan anak berimajinasi sesuai apa yang di lihat nya. 2. kelemahan dalam kegiatan pembelajaran adalah setelah melihat keluar sekolah bu lina di suruh menggambar bebas ternyata semua gambar anak sama. 3. kelebihan dalam kegiatan pembelajaran adalah Bu lina sudah mengajak anak keluar kelas anak begitu senang dan bersemangat. 4. Hal unik dalam kegiatan pembelajaran tenyata setelah di ajak keluar kelas di suruh menggambar bebas ternyata semua gambar anak nya sama. 5. Upaya yang dapat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya vidionya sudah bagus akan tetapi lebih di perpanjang lagi.

  8. NAMA : SERNIKE RAKINAUNG
    NIM : 859953392

    Setelah saya melihat isi vidio tentang anak yang kesulitan berimajinasi saat mengambar.
    disini terlihat bahwa anak -anak begitu semangat untuk menggambar tapi kenyataannya mereka menggambar dengan gambar yang sama. jadi seorang guru mengajak anak- anak untuk keluar ruangan untuk melihat apa saja yang boleh mereka gambar, tanpa harus menggambar sesuai dengan gambar ibu gurunya. ini sangat menginspirasi bagi kami sebagai tenaga pendidik yang baru mengajar di paud.karena mereka bisa mengambar bebas tanpa harus mengikuti apa yang telah di buat tapi mereka boleh bereksplorasi dengan gambar yang lain yang sesuai dengan apa yang terjadi setiap hari ataupun yang mereka lihat secara langsung.

  9. Nama : Sernike Rakinaung
    Nim : 859953392

    **Anak sulit berimajinasi saat menggambar **
    pada video yang ada di atas, terlihat anak- anak menggambar bebas tapi mereka lebih cenderung mengikuti gambar yang sudah ada. Sebagai seorang guru sangat bagus untuk mengajak mereka keluar ruangan untuk melihat apa saja yang ada diluar, dan ketika mereka menggambar ada bermacam gambar yang berbeda sesuai dengan apa yang mereka lihat. Jadi kami sebagi tenaga pendidik yang baru mengajar di PAUD, ini sangat menginspirasi buat kami bahwa menggambar tanpa harus membuat contohnya tapi memberikan kesempatan untuk anak mengeksplorasi apa yang ada di dalam dirinya, apa yang mereka temui atau apa yang mereka lakukan baik didalam rumah maupun diluar rumah. sehinga anak- anak ini boleh berimajinasi dan meningkatkan kreativitas mereka.

  10. Assalamualaikum,
    Nama: Yanti
    Nim :858160162
    “Anak sulit berimajinasi saat menggambar”
    Alhamdulillah lewat vidio pembelajaran ini saya mendapatkan informasi yang berguna untuk meningkatkan pembelajaran kami disekolah.dimana anak diajak lebih kreatif untuk menghadirkan imajinasi anak dan lebih memberikan kesempatan untuk anak mengeksplorasi apa yang ada di dalam dirinya, apa yang mereka temui atau apa yang mereka lakukan baik di dalam rumah maupun diluar rumah . sehinga anak-anak ini dapat berimajinasi dan meningkatkan kreativitas mereka dalam kegiatan menggambar lewat alam sekitar .

Leave a Reply