silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Novalia
Nim:856649026
Izin menjawab
Setelah melihat video di atas tadi saya setuju sekali karena dengan mengajak anak melihat lingkungan secara langsung maka akan muncul lagi ide dan gagasan untuk berimajinasi sehingga ketika anak melihat apa-apa yang ada di sekitarnya, maka secara langsung imajinasinya akan muncul dan akan menuangkan ide-idenya.
Mengajak anak ke lapangan melihat benda2 yang ada disekitar dapat membuat imajinasi anak tertuangkan.
Nama :Winda netma alkita
Nim. :856264912
Upbjj Padang
Stelah melihat tyngan dlm video tersebut sya sngat setuju..Krena jika ank trjun lansung DLAM melihat situasi maka akan muncul ide2 yg akan mereka tuangkan mnjdi sebuah gambaran sbgai motifasi untuk membuat anak lbih smngat lagi dlm mngambar…dengan bgitu anak mnjdi lbih menyukai gambar dri alam yg mreka lihat sndiri..
Nama : Febby febrianda
Nim :856822119
Setelah saya mengamati video tersebut saya sangat setuju karna dengan mengajak anak melihatnya linkungan skitar,mangka imajinasi anak akan timbul dan semangat untuk menggambar. Seperti gunung sawah ,sungai dan dll.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnnyaguru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
NAMA : SERNIKE RAKINAUNG
NIM : 859953392
Setelah saya melihat isi vidio tentang anak yang kesulitan berimajinasi saat mengambar.
disini terlihat bahwa anak -anak begitu semangat untuk menggambar tapi kenyataannya mereka menggambar dengan gambar yang sama. jadi seorang guru mengajak anak- anak untuk keluar ruangan untuk melihat apa saja yang boleh mereka gambar, tanpa harus menggambar sesuai dengan gambar ibu gurunya. ini sangat menginspirasi bagi kami sebagai tenaga pendidik yang baru mengajar di paud.karena mereka bisa mengambar bebas tanpa harus mengikuti apa yang telah di buat tapi mereka boleh bereksplorasi dengan gambar yang lain yang sesuai dengan apa yang terjadi setiap hari ataupun yang mereka lihat secara langsung.
Nama : Sernike Rakinaung
Nim : 859953392
**Anak sulit berimajinasi saat menggambar **
pada video yang ada di atas, terlihat anak- anak menggambar bebas tapi mereka lebih cenderung mengikuti gambar yang sudah ada. Sebagai seorang guru sangat bagus untuk mengajak mereka keluar ruangan untuk melihat apa saja yang ada diluar, dan ketika mereka menggambar ada bermacam gambar yang berbeda sesuai dengan apa yang mereka lihat. Jadi kami sebagi tenaga pendidik yang baru mengajar di PAUD, ini sangat menginspirasi buat kami bahwa menggambar tanpa harus membuat contohnya tapi memberikan kesempatan untuk anak mengeksplorasi apa yang ada di dalam dirinya, apa yang mereka temui atau apa yang mereka lakukan baik didalam rumah maupun diluar rumah. sehinga anak- anak ini boleh berimajinasi dan meningkatkan kreativitas mereka.
Nama : Yuliati
Nim : 859431192
Judul Video : Anak sulit berimajinasi saat menggambar
Video tersebut sangat menarik karena menggambarkan bagaimana seorang guru taman kanak-kanak menggunakan pendekatan kreatif untuk membantu anak yang mengalami kesulitan berimajinasi saat menggambar. Strategi yang diterapkan, seperti memberikan kebebasan menggambar sesuai minat, mengajak anak keluar kelas, dan meminta mereka bercerita tentang pengalaman di lapangan, menunjukkan pemahaman guru terhadap kebutuhan anak. Pendekatan ini tidak hanya membantu anak mengembangkan imajinasi, tetapi juga meningkatkan keterampilan observasi, ekspresi diri, dan rasa percaya diri. Video ini memberikan inspirasi bagi para pendidik untuk lebih fleksibel dan inovatif dalam mendukung perkembangan anak.
Nama : Yuliati
Nim : 859431192
Judul Video : Anak sulit berimajinasi saat menggambar
Video di atas sangat menarik karena menggambarkan bagaimana seorang guru taman kanak-kanak menggunakan pendekatan kreatif untuk membantu anak yang mengalami kesulitan berimajinasi saat menggambar. Strategi yang diterapkan, seperti memberikan kebebasan menggambar sesuai minat, mengajak anak keluar kelas, dan meminta mereka bercerita tentang pengalaman di lapangan, menunjukkan pemahaman guru terhadap kebutuhan anak. Pendekatan ini tidak hanya membantu anak mengembangkan imajinasi, tetapi juga meningkatkan keterampilan observasi, ekspresi diri, dan rasa percaya diri. Video ini memberikan inspirasi bagi para pendidik untuk lebih fleksibel dan inovatif dalam mendukung perkembangan anak.
Nama : Mazroatul akhiroh
Nim : 857712115
Judul Video: Anak sulit berimajinasi saat menggambar
Setelah Saya menyaksikan video di tersebut menurut saya metode pembelajarannya sudah bagus dan menarik sebelum melakukan kegiatan menggambar anak-anak di beri penjelasan dan di ajak langsung ke halaman untuk melihat di sekeliling sekolah ada apa saja dan itu bisa memunculkan imajinasi anak.
Video ini juga memberikan inspirasi buat para guru-guru anak usia dini
Nama: Rita Nurhidaya
Nim: 859400901
Judul video: Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
Dalam video tersebut dapat terlihat jelas masalah apa yang dialami guru tersebut. Oleh karena itu setelah kita melihat video tersebut kita dapat menyimpulkan kekurangan pada video tersebut dan kita dapat belajar dari kekurangan tersebut bagaimana langkah yang tepat untuk membantu anak yang sulit berimajinasi. Dengan demikian hal-hal tersebut dapat menambah kompetensi yang dimiliki guru untuk menuju guru yang kaya. Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan guru untuk membantu anak yang sulit berimajinasi:
– Membebaskan anak untuk menggambar apa saja sesuai imajinasinya dan minat anak.
– Guru dapat memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak ke halaman sekolah untuk melihat-lihat apa saja yang dilihat dihalaman sekolah.
– Mintalah anak untuk bercerita apa yang dilihat di halaman sekolah dan menggambarkannya.
– Setelah itu guru dapat melakukan tanya jawab dengan anak mengenai hasil karya yang dibuat oleh mereka.