silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama:Dwi wijayanto
    Nim :877837449
    UPBJJ:Bandung

    Menurut saya video ini sangat bermanfaat sekali, karena menginspirasi kita sebagai guru TK dalam menghadapi anak yang sulit dalam berimajinasi saat menggambar, Adapun salah satunya dengan memberikan kebebasan anak dalam memilih topik apa yang akan mereka gambar, tetapi dalam video tersebut juga mempunyai kelemahan yaitu ternyata anak banyak yang mencontoh apa yang dicontohkan oleh gurunya dalam memilih topiknya.

  2. Nama:Dwi Wijayanti
    NIM:877837449
    UPBJJ:Bandung

    Menurut saya video ini sangat bermanfaat sekali karena dapat menginspirasi kita sebagai guru TK dalam menghadapi apabila ada anak yang sulit dalam berimajinasi saat menggambar, yaitu dengan memberikan kebebasan anak dalam memilih tema menggambar, tetapi dalam video tersebut juga terdapat kekurangannya, karena anak lebih memilih mencontoh gambar apa yang telah dicontohkan oleh gurunya

  3. Assalamualaikum we.wb
    Ijin menjawab
    Dari tayangan video di atas bahwasanya anak yang kurang memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi lingkungan dan objek di sekitar nya ,akan memiliki sedikit referensi untuk diimajinasikan dalam bentuk gambar. hal tersebut menjadi salah satu penyebab anak sulit untuk berimajinasi saat menggambar.
    Terimakasih

  4. Nama : Diana Rosita
    Nim : 858328544
    Video ini menunjukkan pendekatan kreatif dalam mengembangkan imajinasi dan kemampuan berpikir anak melalui aktivitas menggambar.
    Pendekatan ini relevan dalam pengembangan kognitif anak usia dini, terutama dalam mengasah imajinasi dan kemampuan berpikir abstrak.

  5. Nama : Diana Rosita
    Nim : 858328544

    Video ini menunjukkan pendekatan kreatif dalam mengembangkan imajinasi dan kemampuan berpikir anak melalui aktivitas menggambar.
    Pendekatan ini relevan dalam pengembangan kognitif anak usia dini, terutama dalam mengasah imajinasi dan kemampuan berpikir abstrak.

  6. Nama Hentri febriani Halawa
    Nim 859812037

    Dari video diatas kita dapat menerapkan strategi
    1. Memberikan kebebasan menggambar sesuai minat anak.
    2. Mengajak anak melihat luar kelas sehingga menambah inspirasi.

    Manfaat dari strategi ini
    1. Meningkatkan kreativitas dan imajinasi
    2. Meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian.

  7. Nama : Linda putri
    Nim : 856658469
    Dari video yang saya lihat,kita dapat menerapkan beberapa langkah.
    A.ajak anak anak keluar ruangan untuk melihat pemandangan diluar
    B.berikan kesempatan kepada anak anak untuk melihat pemandangan diluar untuk berimajinasi
    C.lalu ajak anak-anak masuk kedalam ruangan,dan berikan buku gambar dan pensil warna kepada anak anak,dan biarkan mereka berimajinasi dengan sendirinya

  8. Assalamualaikum wr.. Wb
    Nama: hamidot
    Nim:856654802

    Dari video yang saya lihat
    “Anak-anak memang butuh stimulus yang tepat untuk mengembangkan imajinasi. Belajar gak harus selalu kaku, kadang pendekatan kreatif justru lebih efektif.”

    “Video ini menunjukkan pentingnya peran lingkungan belajar dalam merangsang imajinasi anak. Ketika metode belajar terlalu monoton atau berfokus pada hafalan, anak menjadi sulit mengembangkan imajinasinya. Solusinya adalah dengan menggunakan media visual, permainan peran, atau cerita yang bisa membangkitkan rasa ingin tahu mereka.”

    “Aku setuju kalau anak sulit berimajinasi saat belajar itu bisa jadi karena kurangnya metode pembelajaran yang menyenangkan. Mungkin perlu ditambah dengan kegiatan seperti menggambar, bermain drama, atau diskusi kreatif supaya mereka bisa berpikir out of the box.”
    Terimakasih….

  9. Nama :eli Yanti
    Nim. :856658405

    Dari video yg saya tonton saya berpendapat bahwa peran lingkungan sangat lah penting dalam merangsang imajinasi anak usia dini.
    Anak memang membutuhkan stimulus yang tepat untuk mengembangkan imajinasi nya guru harus efektif dan kreatif dalam pembelajaran…

  10. Nama:Dwi Wijayanto
    Nim:877837449
    UPBJJ:Bandung

    Setelah melihat video, menurut saya dalam pembelajaran yang dilakukan guru mempunyai kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihannya adalah:
    1.Menggunakan pendekatan kontekstual , yaitu:dengan membawa anak ke lingkungan nyata, yaitu lingkungan sekitar sekolah
    2.Guru mengarahkan anak-anak untuk menggambar dari pengalaman langsung.
    Selain kelebihan, dalam video tersebut juga mempunyai kekurangan, yaitu:
    1.Pemberian contoh gambar di awal menyebabkan anak hanya meniru pada gambar yang dicontohkan gurunya.
    2.Kurangnya stimulus yang bervariasi untuk menumbuhkan daya imajinasi anak.
    Adapun cara menanggulangi kelemahan tersebut, menurut saya:
    1.Guru sebaiknya tidak memberikan contoh diawal secara langsung, agar anak bebas menentukan gambar apa yang akan mereka buat.
    2.Memberikan ruang yang lebih luas untuk mengekspresikan ide pribadi anak

Leave a Reply