silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama :Desideria Dewi Putri Lestari Lahagu
NIM. :
Nama : Desideria Dewi Putri Lestari
NIM. :860126892
Setelah saya melihat video tersebut Tentang bagaimana anak sulit berimajinasi saat menggambar. Dari video tersebut terlihat jelas bahwa anak sulit membayangkan apa yang dia gambar. Terlihat jelas dari video tersebut tadi strategi yang di lakukan guru tersebut yaitu mengajak anak anak keluar untuk melihat apa aja yang ada di luar baik itu flora dan fauna. Selain itu guru juga harus melatih koordinasi mata dan tangan anak biar ada kreatif serta meningkatkan daya ingat anak.
Nama:Mar’atus Solihah
NIM:877856194
Dari vidio di atas saya mempelajari cara anak mendapatkan imajinasi saat menggambar diantaranya
1. Membebaskan anak menggambar bebas sesuai minat dan bakat anak itu sendiri
2.Sebagai seorang Guru kita sebaiknya memfasilitasi anak untuk mencari ide-ide saat ingin menggambar dengan cara menggajak anak keliling halaman sekolah atau lingkungan sekolah.
Nama mei intan maharani
NIM 877314738
Pada video diatas dapat dilihat bahwa isi dari video tersebut adalah cara bagaimana seorang guru untuk mengatasi masalah anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Dan pada vidio tersebut memberikan sebuah strategi yang dapat diterapkan guru kepada anak didiknya yaitu
1. memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak.
2. mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Dengan hal ini mempermudah untuk seorang guru pemula seperti saya dalam mengatasi permasalahan yang sama.
Nama : Yuni Afiyati
Nim ; 877954315
pada Video ini dapat menjelaskan bagaimana agar anak tidak sulit untuk beimajinasi saat menggambar dengan cara membebaskan anak berimajinasi dengan cara memfasilitasi anak dengan mengajak anak keluar kelas dan melihat lihat apa yang ada disana. dan setelah anak mengamati biarkan anak menggambar dengan bebas seperti yang siswa lihat diluar kelas dan mintaklah anak menceritakan apa yang dia gambar.
Nama : Amanda Aurelia
Nim : 860026905
Pada video diatas guru dapat memberikan inspirasi kepada anak lewat cerita yang menarik dan juga dapat memberikan kebebasan untuk menggambar apa saja. Berikan juga dukungan yang tepat tanpa memaksa anak.
Sekian atas jawaban yang saya dapat tanggapi.
Nama : Amanda Aurelia
Nim : 860026905
Tanggapan saya untuk video diatas guru dapat memberikan inspirasi kepada anak lewat cerita yang menarik dan juga dapat memberikan kebebasan untuk menggambar apa saja yang anak mampu. Dapat menghargai gambar anak serta berikan juga pujian untuk anak tersebut.
Sekian atas tanggapan yang saya berikan.
Nama : Faula Zuzin Muzahroh
NIM : 877973766
Dari video di atas, strategi pengembangan kognitif bagi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar sangat efektif, melalui strategi tersebut anak diajak berkeliling lingkungan sekitar sekolah dan anak mengamati apa saja yang ada di sekitar mereka sehingga mampu mengembangkan imajinasi anak didik.
Saran :
Para pendidik bisa mengajak anak didik mengeksplor lingkungan sekitar dan memfaatkan bahan / media sekitar sebagai pemantik anak mengembangkan imajinasi saat menggambar.
Masukkan :
1. Menggunakan media yang lebih beragam
2. Memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karyanya
3. Memberikan apresiasi / pujian atas hasil karya anak
Nama : mauliya finata
Nim : 878186819
Di dalam vidio di atas cukup menarik untuk saya di mana guru memberikan strategi u ntuk anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar di mana dalam vidio teesebut
1. guru membiarkan anak anak menggambar dengan bebas untuk meningkatkan kreativitas anak dan dapat mengrkspresikan ide / imajinasi mereka tanpa batas
2. Mengajak anak keluar kelas
Dengan anak berada di luar kelas anak dapat belajar sambil menhembangkan krmampuan imajinasi dan kreativitas mereka di msna anak dapat spontan nenirukan gambaran / bentuk sesuatu misal melihat burung terbang waa ada burung aku suka lalu ia menggambarnya
Nama : Dian ayu puspita
Nim : 859407019
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru ?
Anak sangat bersemangat dengan pembelajaran yang dilakukan diluar ruangan, dengan melihat benda disekitar dan mencoba untuk menggambar kemudian menceritakan gambar tersebut.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Guru tidak menyediakan alat dan bahan yang bervariasi seperti cat air, kuas, dan lain-lain
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Yaitu guru memberikan kebebasan untuk menggambar sesuai minat anak, dengan memberikan anak lingkungan belajar yang mendukung serta meminta anak bercerita tentang lukisannya.
4. Hal-hal unik apa saja yang anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
Yaitu belajar bisa dilakukan dimana saja untuk meningkatkan potensi atau kemampuan anak
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
Guru dapat menyediakan tempat belajar diluar ruangan agar anak dapat menggambar langsung ditempat nya
Guru juga dapat menyediakan alat dan bahan yang bervariasi seperti dengan menggunakan cat air, kuas, dll
Memberikan anak reward ketika anak sudah bisa menggambar sesuai imajinasinya kemudian saat anak dapat menceritakan gambarnya.