silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Dari sepenggaal video untuk mengetahui bagaimana cara kita mengatasi anak yang sulit memebrikan imajainasi adalah bisa memberikan pandangan anak untuk dapat menceritkan apa saja yang mereka sukai, memebrika kesempatan mereka untuk berfikir, mengajak anak ke luar ruangan kemudian mengamati lingkungan sekitar, dari lingkungan sekitar mana yang mereka lihat apa yang tertarik bagi mereka, memberikan pertanyaan terbuka untuk mengasah kognitif anak,memberikan gambaran angan angan yang merek dapat berimajinasi sendiri, dapat melakukan cerita gambaran lisan atau vidio visual,menggunakan pemikiran yang terbuka pertanyaan terbuka untuk membuka imajinasi pemikiran anak

  2. Nama : Yuni emitasari
    Nim : 858981951
    Mohon ijin menanggapi seri pembelajaran PAUD” Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar” dari tanyangan vidio tersebut pendidik sudah menggunakan metode yang tepat dengan Strategi yang diterapkan guru tersebut diantarnya memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan. Namun pada dasarnya kreatifitas & minat anak dalam berimajinasi saat menggambar berbeda- beda, seperti halnya dalam vidio anak lebih sering meniru contoh atau melihat hasil karya teman yang lain. Metode lain yang bisa di lakukan dengan memberikan apresiasi dari hasil karya anak & memajangnya di sekolah maupun di rumah dengan begitu anak lebih semangat & gembira.

  3. Nama :HERNAWATI
    NIM :857268761
    Setelah melihat dan mendengarkan vidio tersebut dapat dilihat bagaimana anak yg sulit berimajinasi saat menggambar, dan sebagai guru dan pendidik yg baik harus mempunyai strategi dalam menggali ide dan imajinasi anak, salah satunya dengan cara membebaskan anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan imajinasi dan minat anak, guru juga memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat lihat apa saja yg dilihat di halaman sekolah, dan meminta anak untuk bercerita apa saja yg mereka lihat di halaman sekolah, dan menggambarkan nya. Setelah itu guru melakukan tanya jawab dengan anak mengenai hasil karya yg dibuat mereka.
    Saran :Selain halaman sekolah, anak jg bisa diajak ke taman atau lapangan dekat sekolah yg dapat membuat anak senang karena mereka bisa bermain sambil belajar, terimakasih🙏

  4. Nama : Anita Friska Manullang
    NIM : 878268966
    Judul Video : Anak Sulit Berimajinasi saat menggambar
    Prodi : Pendidikan Anak Usia Dini
    UPBJJ Medan

    Menurut saya, guru tersebut sudah menerapkan strategi yang sangat tepat dan menyenangkan.
    Ia tidak memaksa, tapi justru memfasilitasi imajinasi anak lewat kebebasan, pengalaman langsung, dan bercerita.
    Ini sesuai dengan prinsip pembelajaran anak usia dini: belajar sambil bermain dan melalui pengalaman nyata.
    Hal ini dapat dilihat pada saat guru tersebut melakukan berbagai teknik seperti;

    1. Memberikan Kebebasan untuk Menggambar Sesuai Minat Anak
    a. Anak-anak akan lebih semangat dan kreatif kalau diberi kebebasan memilih sendiri apa yang ingin mereka gambar.
    b. Anak merasa dihargai dan tidak takut salah.
    c. Ini membantu anak mengekspresikan diri tanpa tekanan.

    2. Mengajak Anak ke Luar Kelas (Observasi Lapangan)
    a. Anak bisa melihat langsung hal-hal nyata yang bisa jadi ide menggambar.
    b. Pengalaman langsung ini membantu anak membangun imajinasi dan kreativitas.
    c. Belajar di luar kelas juga menyenangkan dan membuat anak lebih antusias.

    3. Mengajak Anak Bercerita Sebelum Menggambar
    a. Anak dilatih berpikir dan mengingat apa yang dilihat.
    b. Bercerita membantu anak menyusun ide dalam pikirannya, sehingga lebih mudah dituangkan ke gambar.
    c. Ini juga mengembangkan kemampuan bahasa dan daya ingat

    Terima Kasih

  5. Kami disuruh memberikan masukan dan saran, tetapi menurut saya video pembelajaran ini sudah cukup baik dan sangat bermanfaat. Kami jadi banyak mendapatkan pelajaran dan bisa mempraktekkan langsung ke anak.
    Guru Pintar Online! JAYA JAYA JAYA!😊

  6. Serliya
    NIM: 856663905
    Dari video diatas daat dilihat bagimana cara guru dalam membantu anak yang mengalami kesulitan dalam mengikuti plajaran.
    Dan tentunya hal itu dapat membantu para guru yang mengalami hal yang sama dengan di tambahkan sedikit modifikasi kegiatan saja .

  7. Nama : Yosita
    Nim : 859804821
    Cara mengatasi anak yang kurang berimajinasi dan suka mencontoh sama teman ? Dengan anak melihat langsung tema di luar ruang anak anak bisa membayangkan apa yang mau di gambarnya sehingga dia bisa berimajinasi .dengan begitu anak anak merasa senang dia bisa bercerita dengan apa yang di lihatnya

  8. Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar (PAUD4304)
    Tutor : Ibu Siyyella Tika Nasution
    Nama Mahasiswa : Nurul Rahmah
    Nim : 859788891

    Pendekatan yang sangat praktis dan edukatif untuk mengatasi masalah perkembangan kognitif anak usia dini (AUD) yang mengalami kesulitan berimajinasi saat menggambar ditawarkan dalam video yang tersedia diatas. Dalam video tersebut, guru membiarkan anak-anak menggambar apa pun yang mereka sukai atau lihat di lingkungan sekitar mereka, seperti halaman sekolah, untuk membantu mereka mengembangkan ide dan kreativitas mereka.
    Metode ini sangat cocok untuk anak-anak yang sulit berimajinasi karena mereka seringkali hanya meniru gambar yang sudah ada atau milik temannya, yang membatasi kreativitas dan kemampuan mereka untuk mengeksplorasi ide mereka. Dengan mengajak anak melihat benda-benda di dunia nyata dan kemudian menggambarkannya, kreativitas dan daya imajinasi anak didorong secara alami. Selain itu, guru menggunakan tanya jawab untuk membantu anak menceritakan ide dan cerita di balik gambar mereka, yang sekaligus meningkatkan kemampuan kognitif dan bahasa anak.
    Video ini juga menunjukkan betapa pentingnya guru untuk memberikan stimulasi yang sesuai dengan perkembangan kognitif anak usia dini. Stimulasi tidak hanya melibatkan kegiatan menggambar; itu juga melibatkan pengamatan, diskusi, dan interaksi. Semua ini membantu anak lebih memahami konsep dasar dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan imajinatif mereka.
    Secara keseluruhan, video GPO ini memberikan contoh langsung bagaimana guru dapat mengatasi masalah imajinasi anak saat menggambar dengan cara yang menyenangkan dan mendidik, seperti dengan menggunakan pendekatan observasi lingkungan dan kebebasan berekspresi. Metode ini sangat membantu perkembangan kognitif anak usia dini secara keseluruhan dan kreatif.
    Dan saya akan menerapkan metode ini dalam pembelajaran di lembaga saya.
    Terima kasih.

  9. Nama : Munawarah
    Nim : 858330074
    Pokjar : Tabalong

    Dari video diatas saya dapat menerapkan strategi pembelajaran yaitu :
    memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

    Untuk menghidupakan daya imajinasi pada anak Ibu guru mengajak anak untuk berkeliling sekolah dan melihat lingkungan sekitar sekolah sehingga anak dapat melihat benda benda yang ada dilingkungan sekolah kemudian menuangkan pemikiran tersebut kedalam bentuk hasil karya dalam rupa lukisan.

  10. Nama : Rindiana Noviani
    Nim : 858531339

    Dari video diatas adalah menggambarkan seorang guru yang mempermudah anak didik untuk melakukan hasil karya yang sudah di kuasa oleh anak didik. Oleh karena itu pendidik memberikan kesempatan anak didik untuk menggambar bebas yang bisa di lakukan oleh anak didik. Dan itu salah satu mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menngambar. Hasil anak yang di tunjukan kepada gurunya itu salah satu hal yang perlu di apresiasi oleh guru,karena anak didik sudah berusaha menggambar dan berkereatif.

Leave a Reply