silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Silvia Ivana Lumban Tobing
    NIM : 856450882
    Pokjar: Air molek
    Prodi. : S1 PGPAUD

    Tanggapan saya tentang video diatas sangat bagus.
    Dimana guru mampu melihat bahwa anak memiliki masalah dalam mengembangkan imajinasinya dan menuangkannya kedalam bentuk gambar.Disini saya melihat bahwa guru sudah memberi contoh gambar dan menyarankan kepada anak bahwa mereka harus menggambar bebas selain dari yang dicontohkan oleh ibu guru,namun anak kurang menyimak perkataan yang disampaikan ibu guru sehingga anak-anak hanya berfokus pada contoh yang diberikan oleh ibu guru.
    Keputusan untuk membawa anak-anak melihat ruangan terbuka (luar kelas) adalah hal yang sangat baik, karena anak mudah mencontoh sesuatu yang ia lihat langsung, dan memang terbukti setelah guru mengajak mereka keluar dan memberi beberapa pertanyaan atau menyuruh anak-anak menceritakan yang mereka lihat dilingkungan sekolah, anak-anak langsung dapat menggambar sesuatu yang berbeda dari contoh yang diberikan oleh ibu guru atau sesuai dengan yang ia lihat diluar ruangan.

    Demikian tanggapan yang bisa saya berikan lebih dan kurang saya mohon maaf dan saya ucapkan terimakasih.

  2. Nama : Ni Kadek Diandra
    Nim : 859032762
    Prodi : PG PAUD

    Dari video yang saya lihat di atas, terlihat metode yang digunakan sudah tepat saat mengatasi anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar, yaitu dengan mengajak anak keluar untuk melihat objek apa saja yang ada disekitarnya, karena itu bisa mengembangkan imajinasi anak. bisa juga melalui video ataupun gambar. motivasi dari guru merupakan hal yang tidak kalah penting dalam proses pembelajaran agar anak semakin percaya diri.

  3. Nama :Maya Badriyah
    Nim:857509574
    Prodi:S1 PGPAUD

    Tanggapan saya atas video di atas adalah:
    ➡️ Menggambar adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak, melalui menggambar anak bisa menuangkan imajinasi yang ada dalam pikiran atau perasaan nya sehingga anak bisa mengekspresikan dirinya.Melalui kegiatan menggambar anak akan di latih dalam hal:
    ➡️kecerdasan motorik
    ➡️ melatih kesabaran
    ➡️meningkatkan konsentrasi
    ➡️meningkatkan koordinasi mata dan tangan
    ➡️ menumbuhkan rasa kepercayaan diri anak-anak dan memecahkan masalah.

    ➡️Metode yang di gunakan guru untuk merangsang imajinasi anak sudah baik yaitu dengan mengajak anak keluar melihat langsung alam sekitar supaya daya imajinasi anak meningkat, karena bagi anak usia dini harus benda real yang di lihat nya,sebagai contoh ketika guru berkata “anak anak coba kalian gambarkan gambar ikan ya…mereka tidak akan mengerti karena harus membayangkan, seharusnya guru membawa ikan atau anak di bawa ke kolam ikan melihat langsung hewan tersebut.Dan masih bnyk metode yang lainnya untuk menstimulasi imajinasi anak.

  4. Nama : Sri Umyati
    NIM : 857356794

    Dalam tayangan video di atas, guru sudah berusaha memberikan stimulus dengan baik, dengan memberikan contoh di papan tulis dan meminta anak untuk membuat gambar sesuai dengan kemampuan masing-masing serta mengajak anak ke halaman untuk melihat banyak objek sehingga anak dapat berkreasi dengan bebas sesuai dengan idenya anak. saya rasa apa yang guru lakukan dalam video tersebut sudah cukup baik.

  5. Nama:Valentina Posa Sogen
    NIM : 859277007

    Tanggapan saya mengenai video di atas ialah: dalam video tersebut anak di beri kebebasan untuk berimajinasi.guru belum terlalu semangat untuk memperkenalkan kegiatan yg akan dilakukan.guru sudah melihat dengan jelas anak yg kurang mampu dalam berimajinasi,sehingga guru mengajak anak untuk keluar sehingga anak dapat berimajinasi sesuai apa yg telah dilihatnya.

  6. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh.
    Menurut saya,respon guru/yang di lakukan guru itu sudah baik dalam mengatasi masalah anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar.
    Dalam video tersebut,guru memberikan solusi bagi anak yang mengalami masalah kesulitan berimajinasi dalam menggambar,memberikan metode/tahap-tahap yang dapat membuat anak keluar dari masalah tersebut..
    Tapi,akan lebih baiknya jika guru memberikan cara melalui bertahap-tahap.dengan cara tersebut,anak akan lebih cepat memahami tahap² menggambar dan anak-anak juga akan menjadi lebih kreatif.dan yang paling penting untuk kita sebagai guru adalah jangan samapi membuat materi yang sulit di fahami anak-anak.kita harus sepintar mungkin untuk membuat materi/cara-cara mengajar yang membuat anak tidak bosan.

    Sekian terimakasih
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokaatuh

    Sekian terimakasih

  7. Nama: Riva Illahiah Bilkis
    NIM: 857500585
    Prodi: PGPAUD S1

    Menurut saya tayangan video di atas sudah cukup baik dengan tips dan trik untuk mengatasi anak yang kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar. Di dalam video tersebut guru dengan baik berinisiatif untuk membawa anak-anak keluar kelas untuk memberikan inspirasi dan mengenal benda-benda atau pemandangan di sekitar yang ada di halaman sekolah, sehingga anak mendapat informasi baru dengan apa yang sudah dilihatnya, karena pada saat evaluasi setelah menggambar sebelumnya di kelas, anak-anak mayoritas menggambar pemandangan yang sama dan meniru apa yang telah digambarkan oleh guru di papan tulis,
    Hanya saja ada sedikit kekurangan yaitu guru pada saat awal sebelum memberikan tugas anak menggambar kurang detail menjelaskan tentang menggambar bebasnya dan pada saat di halaman sekolah pun kurang menjelaskan ada apa saja yang ada di sana.

  8. NAMA : SITI ZAINAB
    NIM : 859164961
    UPBJJ : UT MATARAM
    Menurut saya video diatas sudah cukup bagus,video tersebut memaparkan bagaimana anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar,dan dalam video tersebut juga dipaparkan bagaimana solusi dari masalah yang dihadapi oleh anak-anak.
    Dalam video tersebut guru dengan cepat mengetahui masalah yang dihadapi oleh anak-anak, sehingga guru menstimulasi anak-anak dengan melihat apa saja yang ada disekeliling mereka,dan guru itu pun kembali memberikan anak-anak kesempatan untuk mengekspresikan imajinasi mereka lagi.
    Hanya saja dalam video tersebut guru tidak menjelaskan menggambarkan bebas itu apa,dan tidak melakukan tanya jawab kepada anak-anak tentang menggambar bebas,guru itu memberikan sebuah contoh gambar,yang dimana anak bisa saja beranggapan apa yang di pajangkan dipapan tulis itu yang harus ditirunya

  9. NAMA : SITI ZAINAB
    NIM : 859164961
    UPBJJ : UT MATARAM
    Menurut saya video diatas sudah cukup bagus,video tersebut memaparkan bagaimana anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar,dan dalam video tersebut juga dipaparkan bagaimana solusi dari masalah yang dihadapi oleh anak-anak.
    Dalam video tersebut guru dengan cepat mengetahui masalah yang dihadapi oleh anak-anak, sehingga guru menstimulasi anak-anak dengan melihat apa saja yang ada disekeliling mereka,dan guru itu pun kembali memberikan anak-anak kesempatan untuk mengekspresikan imajinasi mereka lagi.
    Hanya saja dalam video tersebut guru tidak menjelaskan menggambarkan bebas itu apa,dan tidak melakukan tanya jawab kepada anak-anak tentang menggambar bebas,guru itu memberikan sebuah contoh gambar,yang dimana anak bisa saja beranggapan apa yang di pajangkan dipapan tulis itu yang harus ditirunya

  10. NAMA : SITI ZAINAB
    NIM : 859164961
    UPBJJ : UT MATARAM
    Menurut saya video diatas sudah cukup bagus,video tersebut memaparkan bagaimana anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar,dan dalam video tersebut juga dipaparkan bagaimana solusi dari masalah yang dihadapi oleh anak-anak.
    Dalam video tersebut guru dengan cepat mengetahui masalah yang dihadapi oleh anak-anak, sehingga guru menstimulasi anak-anak dengan melihat apa saja yang ada disekeliling mereka,dan guru itu pun kembali memberikan anak-anak kesempatan untuk mengekspresikan imajinasi mereka lagi.
    Hanya saja dalam video tersebut guru tidak menjelaskan menggambarkan bebas itu apa,dan tidak melakukan tanya jawab kepada anak-anak tentang menggambar bebas,guru itu memberikan sebuah contoh gambar,yang dimana anak bisa saja beranggapan apa yang di pajangkan dipapan tulis itu yang harus ditirunya

Leave a Reply